Gelombang Laut Jawa Tinggi BMKG menetapkan pantai tengah Kalimantan aman untuk pariwisata - WisataHits
Jawa Barat

Gelombang Laut Jawa Tinggi BMKG menetapkan pantai tengah Kalimantan aman untuk pariwisata

KLIK. SAMPIT – Kondisi gelombang di perairan Laut Jawa masih tinggi dan dianggap berbahaya bagi kapal kecil. Namun, bagi masyarakat yang ingin berwisata ke pantai di kawasan Kotawaringin Timur pada musim liburan tahun baru ini dinyatakan masih aman.

“Masih aman terutama di Kalteng bagian timur seperti kawasan wisata Pantai Ujung Pandaran,” kata Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) di Bandara H Asan Sampit Musuhanaya, Kamis ( 29/12). ).

Namun, bukan berarti pengunjung tempat wisata bisa sembarangan. Selain cuaca dan ombak laut, ada hal lain yang perlu diperhatikan terkait keamanan berlibur.

Meski kondisi cuaca dan gelombang aman di pesisir Kalteng, namun kondisi perairan Laut Jawa saat ini sedang tidak baik. Gelombang di perairan Laut Jawa khususnya di perairan Kalimantan Timur termasuk dalam kategori tinggi.

“Tinggi gelombang 1,3 meter hingga 3 meter. Dengan pergerakan angin dari barat ke barat laut dengan kecepatan 09 hingga 25 knot,” kata Musuhanaya.

Musuhanaya menjelaskan informasi tersebut berasal dari prakiraan cuaca maritim. BMKG juga mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi lebih dari 2,5 meter.

Kondisi ini dapat terjadi di perairan Kalimantan Timur, Laut Jawa Utara dan wilayah selatan Kepulauan Bawean, Laut Jawa Barat dan Masalembo Timur, Perairan Tuban-Lamongan dan Perairan Madura Utara.

Perlu dicatat bahwa karena cuaca ekstrem di Laut Jawa, perjalanan transportasi laut dari dan ke Kota Sampit dibatasi. Sejumlah keberangkatan kapal terpaksa dibatalkan. Sebagaimana KM Kirana I, kapal bertipe roll-on-roll-off yang diketahui pada 23-27 Desember 2022, pemberangkatan ke Surabaya dibatalkan. (KLIK MERAH)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button