8 Destinasi Wisata Goa Di Yogyakarta Yang Akan Membuat Anda Terpesona - WisataHits
Yogyakarta

8 Destinasi Wisata Goa Di Yogyakarta Yang Akan Membuat Anda Terpesona

8 Destinasi Wisata Goa Di Yogyakarta Yang Akan Membuat Anda Terpesona

Gua di Jogja, foto: agarasijogja.com

PARBOABOA, Yogyakarta – Menghitung wisata di Jogja tentu tidak ada habisnya. Pasalnya, Kota Gudeg menawarkan sejuta wisata yang menyenangkan, mulai dari wisata budaya, wisata kuliner, hingga wisata alam.

Jadi jangan sok petualang sejati kalau belum explore wisata di sekitar Jogja.

Ada banyak tempat wisata alam di jogja yang indah dan keren untuk anda. Salah satunya destinasi wisata goa yang tak kalah keren dan hits dari daerah lain.

Sebagian besar gua di Jogja adalah gua kapur yang menawarkan pemandangan stalaktit dan stalagmit yang menakjubkan.

Anda bisa menghilangkan stres dan lebih menenangkan pikiran dengan menyaksikan pemandangan alam yang menakjubkan ini.

Selain bisa dinikmati keindahannya, goa-goa ini juga siap menantang adrenalin Anda. Salah satunya di Goa Pindul yang bisa Anda lakukan Mengalir selang.

Buat kamu yang ingin liburan ke Jogja, berikut Parboaboa.com yang menghimpun berbagai sumber destinasi wisata goa di Jogja yang keren dan populer. Mendengarkan!

1. Gua Jomblang

Tanah bawah tanah pertama di Jogja ini memiliki keunikan tersendiri. Apa itu? Hutan purba yang masih hidup dan subur hingga saat ini. Vegetasi yang hijau dan lebat.

Gua Jomblang adalah jenisnya runtuhnya lubang pembuangan. Suatu proses geologi akibat runtuhnya tanah dan tumbuh-tumbuhan atau tumbuh-tumbuhan di atasnya ke tanah.

Jadi saat anda menyusuri Gua Jomblang anda akan melihat dan merasakan keindahan hutan hujan di dasar bumi.

Selain itu, Gua Jomblang juga merupakan pintu masuk alternatif Gua Grubug dengan keindahan cahaya surgawi.

2. Gua Pindul

Berkunjung ke Jogja belum lengkap rasanya tanpa mengunjungi salah satu destinasi wisata unggulan dan terkenal di Gunungkidul ini. Gua Pindul terletak di Wonosari, Gunungkidul.

Goa ini terlihat lebih keren dan mempesona ketika sungai Oya mengalir di bawahnya.

Untuk mengunjungi Gua Pindul tidak perlu khawatir tersesat, karena banyak orang yang menawarkan paket di pinggir jalan. memandu ke Gua Pindul.

Pada wisata ini Anda dapat menikmati kegiatan seperti: pipa gua atau wisata air gua dengan ban dan helm.

3. Gua Kalisuci

Gua Kalisuci adalah sebuah kawasan karst di bawah ini adalah sungai yang mengalir dalam aliran yang stabil. Tempat ini adalah salah satu untuk tur pipa gua yang terbaik di sebelah gua pindul. Gua Kalisuci memiliki panjang sekitar 600-700 meter dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Anda bisa menyusuri lorong-lorong gelap di dalam gua menggunakan perahu karet yang disediakan di tur.

Yang lebih seru lagi, terdapat beberapa gua yang saling berhubungan di kawasan karst Kalisuci yang semuanya bisa dijelajahi sekaligus. Gua-gua tersebut adalah Gua Glatikan, Gua Keramat, Gua Buri Omah, Gua Gelung dan Gua Brubug.

4. Gua Kiskendo

Gua Kiskendo merupakan tempat yang disakralkan dan memiliki sejarah yang berkaitan dengan wayang.

Di dalam goa yang terletak di Kulon Progo ini terdapat stalagmit besar berbentuk lidah. Stalagmit ini diyakini sebagai lidah dari dua raksasa yang pernah tinggal di gua ini, Mahesasura dan Lembusura.

5. Gua Cerme

Goa ketiga berasal dari Kabupaten Bantul Yogyakarta yaitu Gua Cerme. Untuk mencapai tempat ini, dibutuhkan waktu setidaknya sekitar 1 jam dari pusat kota Yogyakarta dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Keistimewaan goa ini adalah adanya air terjun di dalamnya. Kedalaman gua ini adalah 1,5 kilometer.

Untuk mencapai gerbang goa ini kita harus menaiki 759 anak tangga, jadi fisik anda harus kuat jika ingin mengunjungi goa ini.

Bagian bawah goa ini digenangi air sungai dengan kedalaman 1-1,5 meter. Selain itu ada panggung kumpul, air zam zam, mustoko, air suci, watu kali, pelungguhan/paseban, kahyangan, grojogan sewu, air penjernihan air, gamelan, batu giling, penampung beras, gedung sekakap, keraton, panggung, goa lawa dan apa yang hang .

6. Gua Cokro / Luweng Cokro

Goa Cokro, atau penduduk setempat menyebutnya Luweng Cokro. Tanah bawah tanah di Jogja ini hampir mirip dengan Gua Grubug, ada cahaya yang masuk ke dalam gua.

Sama halnya jika ingin masuk ke Gua Jomblang atau Gua Grubug. Anda harus menuruni gua menggunakan teknik tali tunggal (SRT).

Kedalaman goa ini sekitar 18 meter dan memiliki 2 pintu masuk goa. Berbeda dengan Jomblang dan Grubug yang memiliki pintu masuk goa yang sangat besar.

Di Luweng Cokro bisa dikatakan pintu masuk goa sangat kecil. Mulut gua pertama berukuran sekitar 1,5 meter kali 0,8 meter, sedangkan mulut gua kedua berukuran lebih kecil dari yang pertama. Jadi untuk memulainya agak sulit.

Tapi jangan khawatir, ada pemandu profesional yang akan menurunkan dan membesarkan Anda dengan cara dan alat yang aman.

7. Goa Tanding

Tak jauh dari Goa Pindul terdapat sebuah goa yang memiliki tampilan keren. Lokasinya di Jalan 2, Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul. Ya, Wisata Goa Tanding memang masih tergolong baru.

Namun, jangan salah setelah Anda menyusuri goa ini, Anda akan terkagum-kagum dengan keindahan di dalamnya.

Goa Tanding juga memiliki sungai bawah tanah dengan kedalaman air sekitar 3 meter. Panjang sungai bawah tanah ini sekitar 450 meter.

Tur ini memungkinkan Anda berperahu sungai di sungai bawah tanah di Goa Tanding. Selain sensasi arung jeramAnda juga bisa mengamati ornamen gua hidup di sana.

8. Desain Gua Kencono

Setelah basah kuyup mengunjungi beberapa gua di Gunungkidul, tidak ada salahnya mampir ke Gua Rancang Kencono.

Gua ini terletak di desa Bleberan di distrik Playen. Gua Rancang Kencono merupakan gua purba yang menampung pohon rumpun besar berumur ratusan tahun.

Setelah menuruni beberapa anak tangga, terdapat tiga ruangan di dalam gua, salah satunya berukuran besar dan menyerupai aula.

Goa ini konon pernah menjadi tempat persembunyian dan pertemuan para pendekar Mataram. Mereka menyusun rencana strategis untuk mengusir Belanda dari Kesultanan Yogyakarta. Oleh karena itu desain gua tersebut dinamakan Gua Kencono.

Itu tadi beberapa rekomendasi wisata goa di Yogyakarta yang bisa kamu kunjungi. Selamat berlibur!

Keywords: #Wisata Jogja #Jogja #Travel #Objek Wisata #Wisata Alam #Jogja Cave

Baca juga

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button