Ganjar Pranowo imbau 97 perusahaan relokasi pabrik ke Jawa Tengah: Besar - WisataHits
Jawa Barat

Ganjar Pranowo imbau 97 perusahaan relokasi pabrik ke Jawa Tengah: Besar

TEMPO.CO, semarang – Hampir seratus perusahaan merelokasi pabriknya ke berbagai daerah di Jawa Tengah. “Hingga akhir tahun ini, sedikitnya 97 perusahaan telah merelokasi pabriknya ke berbagai daerah di Jawa Tengah,” kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Semarang, Kamis, 8 Desember 2022.

Dia mengklaim relokasi pabrik itu sebagai bukti kepercayaan investor kepada Pemprov Jateng. Oleh karena itu, menurut Ganjar, kepercayaan investor harus dijaga dengan terus menciptakan iklim investasi yang kondusif.

Baca: Ganjar Pranowo Umumkan UMK 2023: Semarang Tertinggi, Banjarnegara Terendah

Selain itu, menurut Ganjar, menurut informasi yang diterima, sejumlah pabrik di daerah lain justru mengurangi produksinya.

“Ini harus dipertahankan dan kami juga mendapat informasi bahwa sejumlah pabrik di tetangga kami sudah mengurangi produksinya. Menariknya masih stabil di Jateng, bahkan kemarin ada sekitar 97 perusahaan yang pindah ke Jateng, besar sekali,” ujarnya.

Tenaga kerja semakin terserap

Semakin banyak industri yang masuk ke Jawa Tengah, semakin banyak tenaga kerja yang terserap dan terjadi keseimbangan, kata Ganjar. Yang dimaksud adalah keseimbangan ini dengan upah minimum kabupaten/kota (UMK) yang tidak jauh berbeda dari satu daerah ke daerah lainnya.

“Tentu itu akan terjadi jika produktivitas dan kapasitas industri terjaga atau konsisten,” kata Ganjar.

Dia menilai, konsistensi dalam menjaga produktivitas, dibantu dengan situasi yang kondusif di daerah, akan menjamin munculnya industri-industri baru di Jawa Tengah. Alhasil, pekerjaan yang tadinya merupakan pekerjaan rumah bisa bertambah seiring dengan masuknya investasi ke Jawa Tengah.

Dalam kalkulasinya, Ganjar menilai salah satu perannya sebagai penyedia lapangan kerja dibantu oleh adanya kecenderungan relokasi pabrik ke Jawa Tengah. “Akhir tahun depan, salah satu pekerjaan rumah yang harus saya lacak adalah ketenagakerjaan. Sekarang kita buka ini. Terima kasih banyak teman yang kemudian melebarkan pabriknya di banyak tempat di Jawa Tengah. Ini ada di Jepara, Pemalang, Batang,” ujarnya.

DIBAWAH

Baca juga: PHK Massal oleh Startup, Kominfo: Ada Cara Memulai Startup Sendiri

Ikuti berita terbaru Tempo di Google News, klik di sini.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button