Festival Takabonerate di Kepulauan Selayar akan kembali digelar tahun ini - WisataHits
Yogyakarta

Festival Takabonerate di Kepulauan Selayar akan kembali digelar tahun ini

TEMPO.CO, jakarta – Festival Takabonerate di Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan dijadwalkan kembali digelar tahun ini. Kegiatan yang masuk dalam agenda pariwisata nasional ini tidak bisa dilakukan selama dua tahun akibat pandemi Covid-19.

“Kami mencoba untuk mengembalikannya acara Ini menjadi tolak ukur nasional karena festival Takabonerate masuk dalam 110 besar acara Kharisma Nusantara (KEN) yang ditetapkan Kementerian Pariwisata,” kata Kepala Biro Pariwisata Kepulauan Selayar, Hizbullah Kamaruddin, Sabtu, 15 Mei 2019. Oktober 2022.

Festival Takabonerate telah diadakan sejak tahun 2008 dan telah berkembang menjadi acara tahunan. Tahun 2020 dan 2021 sempat vakum akibat pandemi Covid-19 namun tahun ini kembali dilakukan dengan segala pantangan.

Hizbullah mengatakan Festival Takabonera ke-13 bisa menjadi awal kebangkitan pariwisata, khususnya di Selayar. “Kami berharap dapat menarik wisatawan baik asing maupun lokal ke Selayar. Yang terpenting sukses dalam pelaksanaannya, dan kami berharap tamu-tamu kami akan kembali dan mengajak rekan-rekan serta kerabatnya untuk berkunjung ke Selayar,” ujarnya.

Menurut Hizbullah, berbagai fasilitas wisata di Selayar, seperti hotel, restoran, dan Pemkot Selayar saat ini sudah siap menyambut tamu yang akan berkunjung. Namun, jumlah kunjungan tidak meningkat secara signifikan.

Selain itu, Hizbullah menyayangkan penutupan bandara yang tentunya akan mempengaruhi kunjungan wisatawan ke Selayar. Selain itu, Selayar adalah daerah tujuan, bukan daerah transit, sehingga diperlukan pesawat terbang. “Kalau lewat darat, butuh waktu. Sehingga penutupan bandara ini sangat berpengaruh. Mudah-mudahan bandara ini bisa beroperasi kembali di event selanjutnya,” ujarnya.

Sebelum pandemi Covid-19, jumlah kunjungan wisatawan asing dan domestik ke Kepulauan Selayar mencapai 6.000 hingga 10.000 orang per tahun. “Ikon seperti Taman Nasional Takabonerate terus dibangun. Semoga bisa menjadi daya tarik wisata,” kata Hizbullah.

Baca juga: Sekilas Keindahan Pulau Selayar

Selalu update informasi terbaru. Tonton berita terkini dan berita pilihan dari Tempo.co di saluran Telegram “http://tempo.co/”. klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram.

Source: travel.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button