Festival Layang-Layang Kedungpanji Bisa Jadi Ikon Wisata Magetan - WisataHits
Jawa Timur

Festival Layang-Layang Kedungpanji Bisa Jadi Ikon Wisata Magetan

Magetan – Muncul lagi festival yang bisa dijadikan ikon Magetan. Yakni, Festival Layang-layang di Desa Kedungpanji, Kecamatan Lembeyan. Festival ini berlangsung setiap tahun di alun-alun desa.


Pada tahun 2022 Festival Layang-layang berlangsung Minggu lalu. Ribuan warga Lembeyan dan sekitarnya menyaksikan festival yang unik dan canggih itu.

“Festival Layang-layang menurut saya adalah kegiatan yang positif. Karena mengandung seni dan kreativitas. Festival ini harus dilestarikan,” kata Saiful Yani, Camat Lembeyan, Senin (22/8/2022).

Saiful Yani pun mengenang masa kecilnya. Dia ingat permainan layang-layang tradisional. Saat itu ia sering bermain layang-layang bersama teman-temannya sambil menunggangi kerbau. “Saat ini model layang-layang sudah sangat bagus dan jenisnya bermacam-macam.”

Tak hanya itu, bersamaan dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77, layang-layang berbentuk layang-layang berukuran besar berkibar di bawah bendera merah putih. Tiba-tiba, penonton langsung berperilaku sempurna dan hormat. Diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Peserta Festival Layang-layang tidak hanya berasal dari daerah Magetan dan bekas pemukiman Madiun. Namun ada juga yang berasal dari daerah Malang Raya. Artinya program festival sudah mampu menarik peserta dari luar daerah Magetan.

Saiful Yani sepakat Festival Layang-Layang di Desa Kedungpanji dijadikan ikon Magetan. “Saya setuju dan festival layang-layang ini direncanakan sebagai event masa depan untuk Kabupaten Magetan. Ini dirancang dengan maksud untuk memperkenalkan dan mempromosikan pariwisata di Magetan,” katanya. (mif/mk)



Source: www.magetankita.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button