Pasir Pataya, melihat pesona destinasi wisata outbond yang seru di Tasikmalaya - WisataHits
wisatahits

Pasir Pataya, melihat pesona destinasi wisata outbond yang seru di Tasikmalaya

Pasir Pataya, melihat pesona destinasi wisata outbond yang seru di Tasikmalaya
Harga tiket: Rp 15.000 Jam operasional: 07.00-17.00 WIB, Alamat: Ciakar, Kec. Cibeureum, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Pasir Pataya merupakan tempat wisata yang terletak di Kabupaten Tasikmalaya dengan berbagai atraksinya. Tempat ini memiliki keunikan tersendiri yaitu berpasir putih di kawasan pegunungan. Sayangnya, pasir tersebut sudah tidak terlihat lagi karena banyaknya lapisan tanah coklat yang menutupinya.

Wisata hits Tasikmalaya ini berada di ketinggian sekitar 1.100 mdpl, cuacanya sejuk dan menyegarkan. Namun pada waktu-waktu tertentu, kawasan ini memiliki suhu yang cukup panas, sekitar 26-30 derajat Celcius. Hal ini membuat tempat ini sangat cocok dikunjungi oleh wisatawan yang ingin menikmati suasana alam yang sejuk dan sejuk.

Di sini Anda bisa menikmati keindahan alam yang menakjubkan. Namun bukan itu yang utama, karena tersedia berbagai permainan dan pool. Pasir Pataya juga memiliki tempat berkemah yang cukup luas bagi mereka yang ingin menikmati kehidupan malam sambil mendirikan tenda.

Daya tarik yang dimiliki Pataya Sand

Atraksi Pasir PatayaKredit gambar: Google Maps Cloud

Bicara soal daya tarik Pataya Sands, beberapa di antaranya sudah disebutkan di atas. Apa yang terdapat di tempat wisata inilah yang membuat wisatawan datang dari berbagai daerah. Tempat yang terletak di lahan seluas kurang lebih 43 hektar ini mengusung konsep agrowisata dengan atraksi sebagai berikut!

✦ Area kolam

Daya tarik pertama adalah adanya kolam renang yang dibangun di atas sebidang tanah yang luas. Bukan cuma satu kolam, tapi ada tiga dengan kedalaman yang disesuaikan usia. Untuk orang dewasa disediakan kolam renang dengan kedalaman sekitar 1 hingga 2 meter. Sedangkan untuk anak-anak, terdapat kolam renang yang dalamnya tidak lebih dari 50 sentimeter.

Kolam renang di Pasir Pataya memang tidak selengkap fasilitasnya jika dibandingkan dengan wisata berkonsep waterpark. Namun dengan adanya beberapa kolam yang disediakan, pengunjung bisa bersantai sambil menikmati keindahan alam yang mempesona. Khusus untuk kolam renang anak, terdapat shower di tengahnya dengan kolam berbentuk hati.

✦ Kunjungan satu arah

Wisata hits Tasikmalaya ini tidak hanya menyediakan kolam renang sebagai daya tariknya. Ada juga area luas yang digunakan untuk kegiatan keluar, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Meski tidak gratis dan tidak termasuk tiket masuk utama, banyak pengunjung yang rela merogoh kocek untuk masuk ke kawasan ini.

Setidaknya, ada 6 sirkuit pulang pergi Pasir Pataya yang bisa dinikmati, semuanya melatih ketangkasan dan keberanian anak. Sebut saja jembatan kayu yang panjang dan terletak di antara hamparan sawah yang luas. Selain itu, ada juga rumah pohon yang dibuat di antara dua pohon besar. Anda bisa memasang hammock di bawah pohon, Anda bisa bersantai sambil berayun.

✦ Area berkemah

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, salah satu daya tarik wisata sukses ini adalah adanya area camping. Memang tidak semua pengunjung memilih berlibur dengan menginap di tenda. Namun tak ada salahnya jika Anda mencoba merasakan liburan yang berbeda dari berkemah di Pataya Sands.

Menghabiskan malam di alam menawarkan banyak manfaat, terutama dalam hal cinta alam. Tak heran jika camping menjadi kegiatan favorit para pecinta alam, serta mereka yang menyebut dirinya petualang. Tidak perlu membawa peralatan berkemah sendiri karena di sini sudah lengkap dan harga sewanya terjangkau.

✦ Agrowisata di Pataya Sands

Tak dapat dipungkiri bahwa konsep wisata berupa keindahan alam selalu diminati. Namun bukan berarti tidak ada yang menonton wisata edukasi, buktinya agrowisata di Pataya Sands menjadi daya tarik tersendiri. Di sini Anda akan mendapatkan pengalaman langsung dalam berkebun atau bercocok tanam.

Pada umumnya peserta agrowisata ini banyak dikunjungi oleh anak-anak dari lembaga pendidikan. Ada beberapa kebun yang tersedia di sini antara lain kebun jeruk, durian, salak dan pepaya. Tidak hanya perkebunan, anak-anak juga bisa berinteraksi langsung dengan hewan ternak, termasuk sapi dan kambing.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pataya SandsKredit gambar: Google Maps Ikin Billy

Mengunjungi Pataya Sands dijamin tidak sulit karena lokasinya yang strategis. Alamat lengkapnya di Desa Ciakar, Kecamatan Cibeureum, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Jika Anda saat ini berada di pusat kota Tasikmalaya, Anda akan membutuhkan waktu sekitar 25 menit untuk sampai ke sana.

Waktu ini diperlukan untuk menempuh jarak sekitar 10 kilometer dengan kecepatan kendaraan rata-rata. Rute yang paling direkomendasikan adalah melalui Jalan Tamansari yang melewati bundaran Gobras. Kemudian dilanjutkan ke Jalan Padati lalu ke Jalan Ciakar. Ikuti jalan ini hingga tiba di Pasar Tasik, lalu belok kanan di pertigaan sekitar 300 meter.

Lokasi Pasir Pataya tidak jauh, silahkan ikuti jalan utama hingga menemukan perempatan sekitar 500 meter. Ambil kiri di persimpangan, lalu belok kanan setelah sekitar 300 meter. Dari situ, Anda bisa memanfaatkan rambu-rambu yang tersedia di pinggir jalan.

Harga tiket masuk dan jam buka

Mengunjungi wisata menarik di Tasikmalaya ini tidak membutuhkan banyak biaya. Anda hanya perlu menyiapkan 15.000 rupiah untuk pengunjung dewasa. Sedangkan untuk anak-anak ada diskon 5.000 jadi cukup bayar tiket masuknya saja sebesar 10.000 rupiah.

Pasir Pataya menawarkan area parkir yang sangat luas, sehingga Anda juga perlu menyiapkan budget ekstra untuk biaya parkir. Bagi yang membawa sepeda motor, siapkan Rp 3.000, sedangkan mobil Rp 5.000. Tempat ini buka setiap hari mulai pukul 07:00 hingga 17:00, waktu terbaik untuk berkunjung adalah pagi hari.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Aktivitas seru di pasir PatayaKredit gambar: Google Maps Annisa Ichaa

Wisata kekinian ini tidak hanya memiliki satu daya tarik yang menjadi alasan pengunjung datang. Apalagi, banyak kegiatan yang bisa dilakukan untuk membuat wisatawan tetap ramai berkunjung. Di antara sekian banyak aktivitas, inilah yang paling seru dan patut dicoba!

1. Berenang di kolam renang

Bagaimana dengan mandi di daerah pegunungan yang suasananya sejuk dan sejuk? Tentu, sangat menyenangkan bukan? Ini adalah aktivitas pertama yang bisa Anda lakukan di Pataya Sands. Tidak hanya untuk orang dewasa, anak-anak pun pasti senang berenang di sini. Juga, ada shower yang menyemprotkan air dengan beberapa waktu.

2. Keluar Menyenangkan

Sebelum atau sesudah berenang, tidak ada salahnya mencoba keluar ke area yang telah ditentukan. Lokasinya yang luas membuat kegiatan ini semakin menyenangkan, ditambah dengan banyaknya permainan yang disediakan. Outbound membantu mengasah otak anak, juga melatih keberanian dan ketangkasan mereka.

3. Berburu spot foto

Pasir Pataya memiliki keindahan alam yang mempesona yang sayang jika dilihat. Artinya, Anda bisa mencari spot foto untuk mengabadikan momen atau sebagai konten media sosial. Banyak tempat yang memiliki latar belakang yang indah, seperti perbukitan atau persawahan hijau milik warga.

4. Pasang tenda semalaman

Kegiatan terakhir yang seru dan patut dicoba adalah mendirikan tenda semalaman, atau lebih baik disebut camping. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bermalam di sini sangat menarik karena udaranya yang segar dan nyaman. Keindahan alamnya memang tidak terlihat, namun Anda bisa melihat kelap-kelip lampu kota sebagai gantinya.

Fasilitas yang tersedia

Fasilitas pasir PatayaKredit gambar: Google Maps kemplu hendra

Pasir Pataya merupakan tempat wisata yang dikelola dengan sangat baik oleh pihak-pihak terkait. Ada banyak fasilitas pendukung yang tersedia untuk menjamin kenyamanan wisatawan. Area parkir misalnya, Anda tak perlu bingung menempatkan kendaraan karena lokasinya yang sangat luas. Selain itu juga terdapat kamar mandi, ruang ganti, mushola dan area exit.

Tasikmalaya dikenal sebagai salah satu kabupaten yang memiliki banyak destinasi wisata. Wisata alam, edukasi dan wahana permainan ada disini. Anda tinggal menyesuaikan tujuan perjalanan. Pataya Sands sangat cocok untuk dikunjungi jika ingin merasakan suasana liburan yang seru ditemani keindahan alam yang mempesona.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button