Festival Desa Wisata 2022 Kabupaten Rembang - WisataHits
Jawa Tengah

Festival Desa Wisata 2022 Kabupaten Rembang

Tampilan postingan: 45

Berita Analis. Rembang

Tari Gondoriyo memeriahkan Festival Desa Wisata Kabupaten Rembang di Jawa Tengah. Tarian khas dari kabupaten Grobogan yang dibawakan oleh Sanggar Galuh Ajeng ini menceritakan kisah cinta Raden Panji Asmoro ketika bangun dari Jenggala yang ingin menikahi Dewi Sekar Taji dari Kediri sedangkan syarat untuk Dewi Sekar Taji adalah Raden Panji harus bisa hadir singa yang bisa berbicara. Akhirnya utusan Raden Panji Joko Lodro berhasil merebut Singo Barong di Hutan Lodaya. Cerita ini dari Babat Panji dan dari kemenangan Raden Panji Tari Gondoriyo akhirnya tercipta. Terang Mohadz Fahmi adalah seorang humanis dan penulis muda yang telah menulis tentang tarian Gondoriyo ini. Dan bertemu secara kebetulan di acara ini.

Tari Gondoriyo oleh Sanggar Galuh Ajeng

Tarian ini biasanya dipentaskan bersamaan dengan Barongan, namun karena kurangnya peminat di kalangan anak muda akhir-akhir ini, tarian ini hampir jarang dipentaskan, oleh karena itu Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Rembang kembali menggelar Pariwisata 2022. Village Festival menampilkan berbagai kesenian asli dan daerah sekitar Rembang, seperti tari tradisional, fashion tie-dye show, pertunjukan musik rebana dan salah satunya tari Gondoriyo, dilanjutkan dengan upacara Anugerah Desa Wisata Kabupaten Rembang.

Tari Kepak dari Desa Wisata Punjul Harjo

Selain hiburan tari dan musik, Dinbudpar Rembang juga menghadirkan warung-warung UMKM di Kabupaten Rembang yang diikuti 21 desa wisata yang menampilkan kreativitas menarik dengan semua produk unggulan dari desa masing-masing.
Kunjungan Bupati Rembang Bpk. H. Abdul Hafidz ke booth UKM Desa Wisata

Acara yang berlangsung pada Sabtu 15 Oktober sd 16 Oktober 2022 malam ini dihadiri oleh Bapak Bupati Rembang H. Abdul Hafidz, Ibu Hasiroh Hafidz, Ketua Desa Wisata FK dan Ibu Diyah Hanies, Ketua Pokdarwis FK mengambil saatnya mengunjungi semua stand UMKM Desa Wisata yang tertata apik di Halaman Museum RA Kartini.
Seperti pesan yang disampaikan oleh Ibu Hasiroh Hafidz pada pembukaan Festival Desa Wisata Kabupaten Rembang 2022, beliau mengajak seluruh warga Rembang untuk hadir dalam festival ini bahkan jika bisa menjual produk UMKM Rembang yang tentunya akan membantu mendongkrak perekonomian Rembang dan meningkatkan pendapatan bagi pelaku UMKM Rembang itu sendiri.

Acara yang bertemakan “Desaku Mandiri, Desaku Tetap” ini akan memacu seluruh desa di kecamatan untuk memacu kreativitasnya dalam mengelola potensi wisata di desanya masing-masing untuk kemajuan desa khususnya dan dari Kabupaten Rembang ke mana saja. kabupaten menjadi dengan tempat wisata yang menarik dan menarik wisatawan.

Selamat kepada para pemenang Kejuaraan Festival Desa Wisata Rembang.

Juara 1 : Desa Sendangasri
Juara 2 : Desa Karangturi
Juara 3: Desa Pamotan
Juara 4 : Desa Punjulharjo
Juara 5 : Desa Ngulang
Juara 6 : Desa Binangun

Kategori Apresiasi Seni: diraih oleh Desa Pamotan, kategori Presentasi Pengelolaan Desa Wisata Terbaik di Desa Binangun, Peserta Stand Terbaik diraih oleh Desa Punjulharjo, dan Desa Ngihan menjadi Juara Desa Terfavorit.

Desa Wisata Sendangasri berhak mewakili Kabupaten Rembang untuk mengikuti Festival Desa Wisata tingkat Provinsi Jawa Tengah.Terang Ninik Sukmasari SE.,MM menjadi salah satu juri dalam acara ini.

Source: analisnews.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button