Festival Desa Cikolelet, mempersembahkan seni budaya untuk paket wisata - WisataHits
Yogyakarta

Festival Desa Cikolelet, mempersembahkan seni budaya untuk paket wisata

jakarta

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah membuka Festival Desa Wisata Cikolelet pada Rabu (3 Agustus). Acara yang akan berlangsung dari tanggal 3 hingga 31 Agustus ini bertujuan untuk meningkatkan potensi wisata yang ada di Desa Cikolelet, Banten.

“Festival Desa Wisata Cikolelet ini merupakan yang kedua kalinya digelar sebelum pandemi. Sekarang baru mulai lagi. Potensi Desa Wisata Cikolelet sangat luar biasa dan masyarakat dikerahkan untuk menyukseskan acara ini,” kata Ratu Ratu dalam keterangan tertulis, Kamis (4/8/2022).

Menurutnya, acara ini tidak hanya seremonial. Namun juga dijadikan sebagai pendorong untuk merevitalisasi pariwisata di kawasan tersebut. Karena desa Cikolelet memiliki pemandangan alam yang indah dengan berbagai kesenian tradisional yang masih dilestarikan disana.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

“Paket wisatanya beragam dan memanjakan wisatawan yang datang. Berbagai produk UMKM juga tersedia sebagai oleh-oleh,” ujarnya.

Untuk desa liburan lainnya, ia meminta seluruh organisasi di perangkat desa untuk mengembangkan desa liburan. Nantinya, Kepala Desa Cikolelet, Ojat Darojat, akan menjadi mentor untuk memimpin desa wisata lainnya.

“Pak Ojat harus menjadi pembimbing bagi para kepala desa yang ingin maju. Sehingga semua desa bisa mandiri secara ekonomi. Sehingga mereka bisa menciptakan lapangan pekerjaan di desa. Desa ini maju dan sejahtera,” ujarnya.

Bupati Serang Ratu RatuBupati Serang Ratu Ratu Foto: Pemerintah Kabupaten Serang

Sementara itu, Ojat Darojat mengatakan pihaknya telah menyiapkan serangkaian kegiatan untuk menghibur wisatawan. Bahkan hampir setiap bulan ada berbagai kegiatan seru seperti lomba egrang tradisional, bendrong lesung, congklak beregu, tarik tambang dan panjat pinang. Selain itu, ada juga pertunjukan seni Rudat, Calung dan Pencak Silat.

“Kami juga menghadirkan tradisi Prahprahan yang diadakan setiap bulan Muharram,” kata Ojat.

Ojat tidak hanya menjelaskan bagaimana meningkatkan potensi desa yang dipimpinnya, pihaknya juga menghadirkan video kompetisi konten kreatif dan parade band. Dan untuk menyemarakkannya, mereka juga mengundang sejumlah komunitas.

“Kemudian kami mengundang pecinta motorcross. Sudah 500 peserta yang mendaftar, bahkan ada yang dari Tangerang, Lampung dan Yogyakarta. Jadi kami mengundang orang-orang dari luar daerah,” jelasnya.

Di sisi lain, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten Al Hamidi mengatakan pihaknya bersedia bekerja sama untuk memajukan pariwisata di lingkungan Pemkab Serang dan menyukseskan Festival Desa Wisata Cikolelet.

“Nanti akan ada dukungan untuk pengembangan kampung liburan. Termasuk pengembangan homestay,” pungkas Al Hamidi.

(ga/ga)

Source: news.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button