Fakta Menarik Museum Tsunami Aceh - WisataHits
Jawa Barat

Fakta Menarik Museum Tsunami Aceh

JAKARTA, iNews.id – Fakta menarik tentang Museum Tsunami Aceh yang perlu Anda ketahui sebelum berkunjung. Museum ini memperingati tragedi tsunami di serambi Mekah.

Tentu setelah sekian lama kita masih ingat betapa dahsyatnya tsunami yang melanda Aceh pada 26 Desember 2004 silam.

Bencana yang disebabkan oleh gempa bumi dangkal berkekuatan 9,3 SR di dasar Samudera Hindia itu telah merenggut nyawa ratusan ribu orang. Untuk memperingati peristiwa pahit ini, pemerintah mendirikan museum yang disebut Museum Tsunami Aceh.

Museum yang meraih penghargaan Indonesia Tourism Award 2021 sebagai destinasi wisata terpopuler ini memang menarik perhatian banyak orang sejak diresmikan pada Februari 2009 dan mulai beroperasi pada 2011.

Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Aceh tanpa mengunjungi Museum Tsunami. Di museum ini Anda tidak hanya bisa melihat sejarah tsunami, karena ada fakta menarik tentang museum tsunami yang tidak banyak orang tahu.

Berikut fakta menarik tentang Museum Tsunami Aceh:

1. Dirancang oleh Ridwan Kamil

Ridwan Kamil terkenal sebagai Wali Kota Bandung, namun banyak yang tidak tahu bahwa Museum Tsunami Aceh adalah hasil rancangannya. Sebelum menjadi Walikota Bandung, Ridwan Kamil adalah dosen arsitektur di Institut Teknologi Bandung.

Ridwan Kamil memenangkan “Kompetisi Merancang Museum Tsunami Aceh” yang diselenggarakan oleh Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Aceh Nias pada 17 Agustus 2007.

Desain museum yang bertajuk Rumoh Aceh As Escape Hill ini dibuat oleh Kang Emil dalam waktu sekitar satu bulan. Ia sengaja mendesainnya dengan nuansa “gelap” agar pengunjung bisa merasakan ketakutan para korban saat terjadi gempa dan tsunami. Menurutnya, bangunan museum ini merepresentasikan ketakutan, kesedihan, dan harapan.

Penerbit : Nur Ichsan Yuniarto

Bagikan artikel:

Membelah

Membelah

Tombol berbagi baris

Source: aceh.inews.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button