Empat lokasi di Bantul ini rawan kemacetan saat libur Nataru - WisataHits
Yogyakarta

Empat lokasi di Bantul ini rawan kemacetan saat libur Nataru

Harianjogja.com, BANTUL– Polres Bantul menyebut ada empat masalah keamanan saat libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) mendatang. Keempat titik tersebut disebut-sebut sebagai pusat agregasi kendaraan wisata dan traveller.

Empat titik yang menjadi perhatian Polres Bantul adalah Jalan Jogja-Wonosari di Pertigaan Piyungan, Jalan Parangtritis, Jalan Sedayu, dan Pertigaan Druwo. Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bantul Iptu Fikri Kurniawan mengatakan empat titik itu dijaga lebih banyak aparat kepolisian karena merupakan kawasan perbatasan dan jalur menuju destinasi wisata.

Namun dari keempat titik tersebut, kata Fikri, ada satu titik jalur yang cukup penting, yakni Persimpangan Piyungan yang merupakan perbatasan antara Bantul dan Gunungkidul. Menurutnya, banyak kendaraan yang menuju Gunungkidul padahal jalur tersebut rawan longsor sehingga membutuhkan banyak satpam.

Jalan Parangtritis juga diperkirakan akan ramai oleh kendaraan wisatawan yang menuju ke Pantai Parangtritis. “Dua poin ini menurut kami cukup penting karena biasanya cukup ramai menjelang Natal dan Tahun Baru nanti,” kata Fikri saat dihubungi, Jumat (16/12/2022).

Selain keempat jalur tersebut, Fikri, jalur Cinomati dan Jalan Imogiri-Mangunan juga penting. Ia tidak merekomendasikan kendaraan wisata, khususnya untuk melintasi jalur Cinomati saat mengunjungi objek wisata di kawasan Dlingo.

BACA JUGA: Libur Tiba, Jalur Ini Rawan Kemacetan dan Kecelakaan di Gunungkidul

Polisi akan memasang spanduk peringatan untuk mencegah kendaraan melintasi Jalur Cinomati. Namun, Polres Bantul tetap menempatkan petugas keamanan di lintasan untuk mengantisipasi kendaraan yang melintasi lintasan. Melintasi jalur Imogiri-Mangunan aman, namun pengendara diminta berhati-hati karena jalannya cukup terjal.

“Petugas yang bertugas akan mengimbau pengguna kendaraan untuk berhati-hati dan meminta agar menggunakan persneling rendah saat menanjak atau menuruni tanjakan,” katanya.

DIDUKUNG:

Kisah dua brand kecantikan lokal yang diuntungkan Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button