Embung Tlogoguwo, titik penyembuhan diri terbaru di Purworejo - WisataHits
Jawa Tengah

Embung Tlogoguwo, titik penyembuhan diri terbaru di Purworejo

Embung Tlogoguwo kini menjelma menjadi tempat wisata baru di Kabupaten Purworejo, populer, populer dan cocok untuk semua kalangan.

Embung Tlogoguwo disebut wisata terbaru di Purworejo karena peresmiannya tidak sampai Desember 2021 oleh Presiden Republik Indonesia saat ini, Bapak Joko Widodo.

Landmark Waduk TlogoguwoLandmark Waduk Tlogoguwo. Google Maps. Sumber: Sutrisno Hadi

Lihat juga: Pantai Tawang

Jika Anda adalah pembaca setia nativeindonesia.com, Anda pasti tahu bahwa saat ini ada banyak tempat yang memiliki dua fungsi, seperti dua sisi mata uang yang sama.

Yang pertama berjalan sebagaimana mestinya, baik untuk sektor pertanian maupun untuk perkebunan, hutan dan lain-lain. Dan yang kedua ternyata memiliki fungsi sebagai daya tarik wisata setelah didirikan.

Dan itulah yang terjadi di Wisata Embung Tlogoguwo Kaligesing Purworejo. Fungsi utamanya adalah menjaga kestabilan pasokan air bagi masyarakat.

Disisi lain ternyata menjadi objek wisata alam, cocok untuk liburan keluarga atau sekedar nongkrong hunting foto anak muda. Dan inilah peringkatnya!

Lokasi Embung Tlogoguwo

Lokasi Embung Tlogoguwo berada di alamat Desa Tlogoguwo, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah.

Pemandangan di sekitar kolamPemandangan sekitar waduk. Google Maps. Sumber: destu83

Lihat juga: Pantai Dewaruci, Jatimalang

Rute Embung Tlogoguwo

Cara menuju Embung Tlogoguwo Purworejo dapat dilakukan melalui Jl. Raya Kaligesing sebagai perjalanan Anda dimulai di Alun-Alun Kecamatan Purworejo.

Jaraknya sekitar 30 menit dengan mobil, dengan jarak tempuh sekitar 20 kilometer. Sebagian besar kondisi jalan juga baik dan cocok untuk kendaraan roda dua dan roda empat.

Pemandangan di sepanjang jalan juga sangat bagus, deretan pepohonan memberikan keteduhan. Udaranya juga sejuk karena Embung Tlogoguwo terletak di daerah pegunungan atau di bawah kaki Gunung Menoreh.

Setelah memasuki desa Tlogoguwo, nantinya pengunjung akan melihat monumen simbol boneka khas dan landmark Embung Tlogoguwo. Ini adalah akses jalan menuju situs utama Embung Tlogoguwo.

Harga tiket masuk Tlogoguwo Embung

Tiket masuk Embung Tlogoguwo sangat murah hanya Rp 5.000 saja.

fasilitas yang tersediafasilitas yang tersedia. Google Maps. Sumber: MUH SODIK

lihat juga: taman sidandang

Jam Buka Waduk Tlogoguwo

Jam buka resmi dan jam operasional Embung Tlogoguwo Kaligesing Purworejo belum tersedia. Biasanya, pengunjung pulang saat malam tiba.

Fasilitas Waduk Tlogoguwo

Fasilitas wisata di Embung Tlogoguwo Kaligesing Purworejo adalah sebagai berikut:

  • Area parkir,
  • Toilet,
  • Masjid,
  • Bisnis,
  • Paviliun,
  • persewaan permainan anak,
  • waduk atau danau buatan,
  • Mudah berjalan.

tandon airtandon air. Google Maps. Sumber: Ganang Aziz Nurhuda

lihat juga: bukit sikepel

Daya Tarik Waduk Tlogoguwo

1. Danau Indah yang Instagramable

Sejarah Embung Tlogoguwo awalnya merupakan kawasan persawahan. Kemudian dibangunlah danau buatan atau pusat penampungan air untuk menjaga kestabilan suplai air bagi masyarakat.

Embung Tlogoguwo memiliki luas DAS 70,21 ha, luas dataran banjir Waduk Tlogoguwo adalah 5.736,89 meter persegi.

Waduk ini ditata dengan baik, termasuk perimeter, yang dilengkapi dengan pagar. Pengembangan dan desain kawasan juga sesuai dengan tren wisata saat ini.

Meski tidak ada spot khusus selfie, banyak spot yang bisa dijadikan spot selfie. Lingkungan alamnya juga bisa berbeda-beda, mulai dari kolam, persawahan hingga pegunungan.

Di tepi kolam terdapat prasasti yang melarang pengunjung mandi. Selain itu, pengunjung juga diharapkan menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan di sekitar tempat wisata.

Penyembuhan diri di kolamPenyembuhan diri di reservoir. Google Maps. Sumber: Cheppy SBY

Lihat juga: Taman Wisata Air Terjun Kaliurip

2. Penyembuhan diri yang nyaman

Embung Tlogoguwo direkomendasikan bagi Anda yang membutuhkan penyembuhan diri. Suasananya tenang, nyaman dan menyatu dengan harmoni alam pedesaan.

Selain itu, Embung Tlogoguwo juga dapat dijadikan sebagai destinasi wisata keluarga. Karena ada pilihan rental untuk permainan anak-anak, seperti:

  • mobil listrik,
  • Dan skuter listrik.

Jalur tersebut mengitari area reservoir. Dan akhirnya ada beberapa paviliun yang juga bagus untuk bersantai atau berkumpul dengan teman sambil minum kopi hitam.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button