Eksotik! Gua Sumitro di Kulon Progo memiliki aliran sungai purba di bawah tanah - WisataHits
Yogyakarta

Eksotik! Gua Sumitro di Kulon Progo memiliki aliran sungai purba di bawah tanah

Kulon Progo

Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memiliki banyak destinasi wisata minat khusus. Salah satunya melewati Gua Sumitro yang eksotis sepanjang 500 meter.

Gua Sumitro terletak di Pegunungan Menoreh dan secara administratif berada di Desa Jatimulyo, Kapanewon Girimulyo. Dari pusat kota Jogja, jarak tempuh dengan sepeda motor sekitar 40 menit.

Berbeda dengan gua-gua lain di Perbukitan Menoreh, diperlukan persiapan khusus untuk menikmati keindahan Gua Sumitro. Karena gua ini berada di dalam perut bumi.

Sebelum memasuki goa, peserta yang didampingi pemandu bersertifikat harus menuruni tebing dengan tali sedalam hingga 15 meter. Jangan khawatir, pengelola sudah menyiapkan perlengkapan keselamatan bagi pengunjung, seperti sepatu safety, pelampung, pakaian khusus, helm.

Setelah berhasil turun melalui mulut goa, wisatawan kemudian akan disambut dengan panorama hamparan stalagmit dan stalaktit. Mereka bervariasi dalam ukuran dari yang terkecil hingga raksasa yang ditampilkan dengan indah di dalam gua.

Setelah itu, perjalanan dilanjutkan menyusuri sungai bawah tanah sepanjang 500 meter. Perjalanan dapat dilakukan dengan cara ini dengan berjalan kaki atau dengan perahu karet yang disediakan oleh pengelola.

Pansus DIY Aris Eko Nugroho mengatakan, kegiatan penjelajahan Gua Sumitro ini merupakan wisata baru yang masih dalam tahap pengembangan. Dalam upaya pengembangan pariwisata ini perlu memperhatikan lingkungan alam agar caving tidak merusak lingkungan.

“Ini pengalaman yang menarik, ini bagian dari destinasi baru yang menurut saya bisa dikembangkan. Tapi karena ini berkaitan dengan alam, kami berharap alam tetap terjaga,” kata Aris saat ditemui usai Uji Coba Trekking Gua Sumitro, Sabtu (17/9).

Sementara itu, salah satu pengunjung, Eri Nurhayati, mengaku terkesan dengan aktivitas trekking di Gua Sumitro. Apalagi ini pengalaman pertamanya.

“Ini pengalaman pertama yang luar biasa dan luar biasa solid,” katanya.

Baca selengkapnya di halaman berikutnya…

Saksikan video “Pembobolan Meteran HP di Kulon Progo, Pelaku Diburu Polisi”.
[Gambas:Video 20detik]

Source: www.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button