Anies Ganti Nama Kota Tua Menjadi Batavia, Ini Tanggapan Berbagai Warga - WisataHits
Yogyakarta

Anies Ganti Nama Kota Tua Menjadi Batavia, Ini Tanggapan Berbagai Warga

jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kemarin meresmikan nama Kota Tua sebagai Batavia. Hal ini mendapat reaksi beragam dari masyarakat.

Salah satu pengunjung Batavia, Nurin Ainiyah (51), mengatakan pindah Kota Tua ke Batavia sama saja. Menurut Nurin, penyebutan Kota Tua tak lepas dari ikon wisata di kawasan Jakarta Pusat ini.

“Sama-sama, itu nama Jakarta. Batavia juga sama kalau Jakarta itu Batavia ya. Hanya orang-orang ini yang tahu Kotu (kota tua). Jadi, meski di Jakarta, orang mengenal Kota Tua, padahal ini Batavia,” kata Nurin saat ditemui di tempat, Minggu (9/11/2022).

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Nurin mengaku kini senang dengan perubahan di kota tua. Apalagi di kawasan pejalan kaki yang semula masih semrawut dan dilalui beberapa kendaraan.

“Kalau dibilang sudah mulai tertata, perjalanan ke kawasan kumuh sekarang sudah mulai bersih. Kami pikir jalanan sudah mulai terlihat seperti di luar,” katanya.

Sementara itu, seorang pengunjung asal Bekasi Wiwin, 40, mengatakan sudah selayaknya nama Kota Tua diubah menjadi Batavia. Ini sesuai dengan wajah baru situs Batavia yang baru saja direvitalisasi, lanjutnya.

“Nah, itu juga salah satu sejarah awal nama Jakarta yang berasal dari Batavia. Sejalan dengan perbaikan, segar, inovatif, inspiratif,” kata Wiwin.

Wiwin mengaku sudah hampir 3 tahun tidak berkunjung ke Batavia. Kini, menurutnya, kawasan wisata sudah banyak berubah.

“Jadi ini benar-benar tur, kebetulan saya di Jogja, hampir seperti artis jalanan kebanyakan. Jajanannya juga standar, ya harganya,” kata Wiwin.

“Ada banyak perbedaan. Dulu mobil bisa lewat dekat BNI, sekarang tidak. Lalu masih banyak fasilitas lainnya, hiburan lagi,” sambung Wiwin.

Warga lainnya, Sartajaya, 52, melihat perubahan nama dari Kota Tua menjadi Batavia sebagai sesuatu yang unik. Perubahan nama tersebut dinilai lebih segar.

“Lebih unik dari namanya. Kota tua dulunya kuno, namanya adalah kota yang dulunya Batavia, kembali lagi dari masa lalu. Lebih segar, Anda juga bisa mendengarnya di luar,” katanya.

(maa/maa)

Source: news.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button