Ekowisata Sumber Biru Jombang, wisata kuliner di atas aliran sungai - WisataHits
Jawa Timur

Ekowisata Sumber Biru Jombang, wisata kuliner di atas aliran sungai

Ekowisata Sumber Biru merupakan wisata alam di Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Wisata alam ini bertempat di Pegunungan Anjasmoro. Tempat wisata di Kabupaten Jombang yang instagenic dan sedang populer saat ini.

sumber ekowisata birusumber ekowisata biru. Peta Google. Sumber: Linda Sastradi

Disebut Sumber Biru karena sebelumnya ditemukan adanya sumber air di bawah pohon beringin besar. Air yang keluar terlihat biru karena dinaungi rimbunnya pohon beringin.

Ekowisata Sumber Biru dibangun di atas lahan milik warga. Dan dikelola oleh Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata). Tempat wisata Sumber Biru dulunya adalah sungai yang menjadi tempat pembuangan sampah.

Seiring dengan kesadaran, inovasi warga dan kreativitas pemuda lokal. Akhirnya berhasil menjadi tempat wisata yang unik dan banyak dikunjungi wisatawan. Wisata Sumber Biru telah berkembang menjadi tempat yang bagus dengan banyak spot Instagrammable yang didukung dengan fasilitas dan fasilitas yang lengkap.

Ekowisata Sumber Biru menawarkan konsep alam dengan suguhan sungai yang jernih. Dikelilingi oleh pepohonan yang rindang dan asri. Pengunjung tidak hanya wisata alam, tetapi juga wisata kuliner di atas aliran sungai yang jernih dan birunya air.

Tempat wisata ini ditata dengan rapi dan didesain unik. Pemandu wisata merancang meja dan kursi di tengah aliran sungai yang jernih. Untuk membuat pengunjung merasa seperti sedang makan di atas sungai. Lingkungannya tertata rapi dan didesain seperti jembatan yang dihiasi cat warna-warni.

Saat malam tiba, ada lampu berwarna. Lingkungannya bersih dengan udara pegunungan yang segar dan sejuk. Hampir setiap hari Hutan Wisata Sumber Biru ramai dikunjungi wisatawan, terutama di akhir pekan.

Alamat kawasan wisata Sumber Biru

  • J L. Argobiru, Ngembag, Dusun Wonotirto, Desa Wonomerto, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

jam buka

  • Setiap hari. 08.00 WIB – 17.00 WIB

Biaya masuk

  • Harga tiket Rp.5.000,-/orang.
  • Biaya parkir kendaraan roda dua Rp 3.000
  • Parkir kendaraan roda empat Rp 5.000

Rute menuju Wana Wisata Sumber Biru

Rute menuju Hutan Wisata Sumber Biru bisa diakses dari Kecamatan Bareng di Jalan Dr. Sutomo 138 Jombang akan dimulai. Jarak dari Kantor Camat Bareng ke Sumber Biru sekitar 11,5 kilometer. Dibutuhkan sekitar 28 menit dengan mobil melalui Jalan Ampera.

  • Dari Kecamatan Bersama : Lurus menuju Wonosalam. Setelah melewati pertigaan dan lampu merah di dekat plang. Jika Anda melintasi Jalan Ampera di sisi kanan jalan, Anda akan melihat hamparan sawah. Ambil jalan ke kanan dan terus berjalan lurus sampai Anda melewati masjid berkubah hijau dan kuning di sisi kanan jalan.
  • Lanjutkan perjalanan hingga menemukan perempatan yang terletak di dekat Kantor Kepala Desa Ngampungan di sebelah kiri jalan. Lanjutkan perjalanan melewati SDN Ngampungan. Lintasi jalan setapak yang ditumbuhi sawah dan rerumputan di sepanjang Jalan Jobranti hingga sampai di pertigaan dekat SD Negeri Pakel I. Di sebelah kanan jalan terdapat kantor kepala desa Karangan. Tak jauh dari situ ada pertigaan ke kiri. Terus ikuti jalan melewati area perumahan.
  • Lanjutkan melalui perkebunan. Kenali pemukiman penduduk hingga sampai di Masjid Darun Najah di sisi kanan jalan. Jarak dari gereja ke tempat wisata sekitar empat kilometer dengan waktu tempuh sekitar 12 menit berkendara.

mengangkut

Jarak Taman Ekowisata Sumber Biru dari pusat Kota Jombang kurang lebih 25 km, dengan waktu berkendara kurang lebih 45 menit.

Akses menuju lokasi Wana Wisata Sumber Biru Jombang cukup bersahabat. Tempat wisata ini bisa Anda akses dengan kendaraan roda 2 maupun roda 4.

Wisata ini berada di dataran tinggi pegunungan. Jalan menuju lokasi cukup menanjak dan sangat berliku namun masih aman untuk dilalui.

Apa yang terjadi di ekowisata Sumber Biru

Ekowisata Sumber Biru merupakan salah satu wisata alam yang instagenic di Kabupaten Jombang. Di sini wisatawan bepergian tidak hanya di alam. Ada banyak kegiatan seru dan menarik untuk dinikmati bersama keluarga, sahabat, dan orang-orang tersayang.

Nongkrong dan kulineran di atas aliran sungai

Sumber ekowisata jombang biruSumber ekowisata jombang biru. Peta Google. Sumber: Zeze Triyani

Daya tarik utama destinasi ini adalah aktivitas kuliner di atas aliran sungai. Di sini pengelola wisata mendesain kursi dan meja di tengah sungai. Sehingga pengunjung bisa merasakan keunikan makan di atas sungai yang jernih.

Panjang sungai sekitar 200 meter dengan lebar sungai rata-rata 4 meter. Pengunjung bisa makan, minum kopi, dan nongkrong sambil menikmati kaki di sungai. Aliran air sungai yang jernih jernih dengan arus air yang tidak membahayakan.

sensasi kuliner di sepanjang aliran sungaisensasi kuliner di sepanjang aliran sungai. Peta Google. Sumber: Harnoto Str

Ada sekitar 30 tempat duduk di tengah sungai yang bisa dijadikan tempat makan. Ada juga area makan dek di atas sungai, gazebo, atau area makan tepi sungai. Atau Anda menggelar tikar di beberapa area. Rasakan sensasi piknik outdoor dengan pemandangan alam dan sungai yang indah.

Ada sekitar 22 warung makan milik masyarakat setempat di Wisata Sumber Biru. Menawarkan berbagai menu makanan dan minuman seperti nasi jagung, nasi pecel, sate ayam, bakso, aneka gorengan dan lain sebagainya. Untuk minuman tersedia kopi, jus buah sruntul, es krim buah dan lain-lain.

Spot foto keren dan instagic

Foto diambil di Wisata Sumber Biru JombangFoto diambil di Wisata Sumber Biru Jombang. Peta Google. Sumber: Miftakhur Rozaq (Mirza)

Selain kuliner, aktivitas menarik lainnya adalah berfoto selfie. Wisata ini menawarkan beberapa spot foto keren dan instagen. Tempat foto paling populer bagi wisatawan adalah tempat makan di tengah sungai. Selain itu, ada spot foto lainnya seperti di area taman, spot berbentuk hati, kupu-kupu, tangan besar hingga spot seribu langkah.

poin foto di tur sumber birupoin foto di tur sumber biru. Peta Google. Sumber: Rachel Aulia Balqis

Kolam renang

Kolam renang wisata Sumber BiruKolam renang wisata Sumber Biru. Peta Google. Sumber: Lya Endutz

Ada juga kolam renang untuk anak-anak yang ingin berenang atau bermain air. Kolam renangnya memiliki air yang jernih dari mata air alami. Tidak ada biaya tambahan yang dikenakan kepada pengunjung untuk menggunakan fasilitas kolam renang.

Situs Sejarah Tapak Seno

tempat sejarah tapak senotempat sejarah tapak seno. Peta Google. Sumber: Maharani AT

Saat anda berkunjung ke Hutan Wisata Sumber Biru, anda juga bisa mampir ke Situs Sejarah Tapak Seno. Merupakan lokasi cerita jejak kaki tokoh pewayangan bernama Seno. Lokasinya masih satu kawasan dengan wisata Sumber Biru dan sudah menjadi paket wisata.

Fasilitas Ekowisata Sumber Biru

Destinasi Wana Wisata Sumber Biru Jombang menawarkan tempat-tempat terbaik di dalamnya. Wisata ini telah dilengkapi dengan beberapa sarana dan fasilitas umum seperti :

  • Parkir Kendaraan
  • restoran sungai
  • tempat bermain
  • Tempat foto yang Instagramable
  • ruang sholat
  • toilet dan kamar mandi

Hotel di sekitar kawasan wisata Sumber Biru

Di bawah ini adalah hotel, villa atau penginapan di sekitar Kawasan Wisata Sumber Biru.

  • Villa Kampoeng Kota Wonosalam
  • Kampoeng Djawi
  • Perbarui Villa Rosari

Tempat wisata di sekitar kawasan wisata Sumber Biru

Tempat wisata di dekat kawasan wisata Sumber Biru.

  • Agrowisata Kebun Durian Wonosalam
  • Kawasan wisata Bukit Pinus Wonosalam
  • Grojogan Selo Gonggo
  • Kampoeng Djawi
  • Wisata Banyumili Wonosalam
  • Gua Sigolo-Golo

Video Ekowisata Wisata Sumber Biru

Video berikut dikutip dari channel: Abiursa Official

Menyimpulkan

Kawasan Wisata Sumber Biru menawarkan konsep alam dengan tempat makan di atas aliran sungai yang jernih dikelilingi pepohonan yang rindang dan asri.

Saat ini, Ekowisata Wisata Sumber Biru menjadi salah satu wisata yang paling populer di Kabupaten Jombang. Wisata Sumber Biru berubah menjadi tempat yang indah, banyak spot instagramable dengan fasilitas yang lengkap.

Lingkungan wisata yang bersih dengan udara pegunungan yang segar dan sejuk. Wisata Sumber Biru hampir setiap hari ramai dikunjungi wisatawan, terutama di akhir pekan.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button