Unik! Pensiunan guru datang ke Pura Mangkunegaran dengan kostum Ledhek Gogik - WisataHits
Jawa Tengah

Unik! Pensiunan guru datang ke Pura Mangkunegaran dengan kostum Ledhek Gogik

Harianjogja.com, SOLO — Purnawirawan guru asal Jogja, Budi Prasojo, 65 tahun, datang ke Candi Mangkunegaran Solo yang menjadi tempat uniknya upacara pernikahan Kaesang Erina, Minggu malam (11/12/2022). Itu memakai kebiasaan lelucon bodoh.

Ia sengaja datang ke Solo untuk merayakan pernikahan putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, dengan Erina Gudono. Budi berangkat pukul 10.00 WIB dengan bus dari Jogja dan tiba di Solo pukul 12.00 WIB.

“Aku memakai kostum lelucon bodoh, ledhek berarti penari, dan bodoh Tiwul kering dengan filosofi penari mencari seteguk tiwul atau makanan,” kata Budi Solopos.com (Jaringan informasi ekonomi Indonesia/JIBI) di sekitar Candi Mangkunegaran, Minggu malam.

Dia mengenakan kostum dengan manekin di bagian depan tubuhnya. Manekin melambangkan orang buta dan dia sebagai orang yang digendong atau lumpuh. penari lelucon bodoh ada pada tahun 1960-an ketika pengamen jalanan mencari makan di pasar atau desa.

BACA JUGA: KUHP tidak mempengaruhi kedatangan orang asing untuk pariwisata, bisnis dan investasi di Indonesia

Menurut Budi, kesenian Ledhek-Gogik ini saat ini hampir punah. Mengenakan kostum seperti ini merupakan salah satu cara melestarikan budaya.

Juga dikenal sebagai Ki Dalang Soponyono, ia sering memakai kostum ini ketika ia berada di sekitar acara acara tertentu, seperti karnaval atau ulang tahun kabupaten/kota. “Sekarang kenakan di pernikahan Kaesang-Erina, waktu gagalPertama [Kahiyang] Saya di sini juga [Solo]’ kata Budi.

Ia mengaku senang datang ke Solo karena ia juga bisa berolahraga. Budi sangat gemar belajar seni, seperti Ketropak dan Wayang. Dia berharap dengan mengenakan kostum lelucon bodoh Dengan cara ini, orang dapat mengenali budaya yang hampir punah dan membantu melestarikannya.

Diketahui, pengantin baru Kaesang dan Erina menggelar acara usai penandatanganan akad nikah di Jogja pada Sabtu (10/12/2022). unduh mantu Perayaan dilanjutkan di Loji Gandrung pada Minggu (11/12/2022) di Pura Mangkunegaran Solo.

DIDUKUNG:

Kisah dua brand kecantikan lokal yang diuntungkan Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita

Sumber: JIBI/Solopos.com

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button