7 Fakta Tentang Pulau Merah Banyuwangi - WisataHits
Jawa Timur

7 Fakta Tentang Pulau Merah Banyuwangi

Pulau Merah di Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi merupakan salah satu pantai yang paling banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Wisata di Pulau Merah menjadi kebanggaan karena menawarkan banyak atraksi, mulai dari ombak yang cocok untuk berselancar dan panorama sunset yang romantis.

Pantai ini juga memiliki pulau ikonik yang menjadi cikal bakal nama Pulau Merah. Pulau ini hanya bisa dikunjungi pada waktu-waktu tertentu.

Untuk menuju Pulau Merah, jarak tempuh dari kawasan perkotaan Banyuwangi adalah 71,2 kilometer. Jarak yang cukup jauh untuk menuju ke sana, tentunya perlu persiapan lebih matang. Ada sejumlah destinasi lain di jalur wisata Pulau Merah seperti Panen Buah Naga, Pantai Teluk Ijo dan Pantai Wedi Ireng.

Berikut 7 fakta tentang Pulau Merah yang harus Anda ketahui. Apa yang ada di sana?

1. Memiliki garis pantai 3 km

7 Fakta Tentang Pulau Merah Banyuwangi, Kuta Jawa TimurPulau Merah/ Instagram.com @estpr

Pulau Merah disebut juga Pantai Kuta di Jawa Timur. Sama seperti Pantai Kuta, Anda dapat puas dengan berjalan kaki sepanjang 3 kilometer di sepanjang pantai untuk menikmati panorama pasir putih dan matahari terbenam. Jika hanya ingin duduk santai, ada persewaan kursi pantai dengan payung yang sudah diatur di pinggir pantai.

Jika tidak ingin mengabadikan momen bersama di pantai Pulau Merah, Anda juga bisa mendapatkan pemandangan hingga 3 meter. Setelah puas jalan-jalan, ada banyak warung makan untuk memuaskan rasa lapar. Lengkap dengan mushola dan kamar mandi umum.

2. Bisa menikmati sunset dengan background Selat Bali

7 Fakta Tentang Pulau Merah Banyuwangi, Kuta Jawa TimurSunset di Pulau Merah/Instagram @Shabellaw

Momen yang paling dicari wisatawan ketika pergi ke Pulau Merah adalah sore hari antara bulan November dan Desember. Karena pada bulan ini tampak pergerakan matahari berada di sisi selatan yang mendukung pemandangan menjadi semakin menakjubkan.

Wisatawan menunggu matahari terbenam untuk mendapatkan gambar yang mendukung warna jingga kemerahan di antara matahari terbenam. Sebagian besar, film dokumenter matahari terbenam menangkap gambar siluet pulau ikonik di sana. Namun sebenarnya nama Pulau Merah tidak berasal dari sunset yang terlihat menarik di sana.

3. Ada pulau kecil yang menjadi simbol wisata utama disini

7 Fakta Tentang Pulau Merah Banyuwangi, Kuta Jawa TimurPulau Merah/ Instagram.com @estpr

Nama Pulau Merah sebenarnya berasal dari pulau ikonik di tengah laut yang berjarak 200 meter dari bibir pantai. Untuk sampai ke sana Anda harus menunggu kondisi laut surut. Terkadang, saat laut surut, pengunjung yang sudah tidak sabar bisa menyewa perahu untuk dibawa ke pulau tersebut.

Pulau ikonik ini memiliki dasar yang agak kemerahan. Penduduk setempat kemudian menyebut pulau itu Pulau Merah. Jika Anda benar-benar memutuskan untuk pergi ke sana, lebih baik ditemani oleh pemandu wisata.

4. Ada juga candi

7 Fakta Tentang Pulau Merah Banyuwangi, Kuta Jawa TimurKuil Pulau Merah/Instagram.com @gendovara

Julukan Pulau Merah seperti di Pantai Kuta juga terlihat dengan keberadaan pura yang sudah ada sejak tahun 1980-an. Pura yang bernama Tawang Alun ini terletak di pinggir pantai, anda bisa melihatnya dari dekat.

Pura ini banyak dikunjungi wisatawan dan umat Hindu untuk beribadah pada saat upacara adat Melasti menjelang Hari Raya Nyepi.

5. Surga bagi pecinta selancar

7 Fakta Tentang Pulau Merah Banyuwangi, Kuta Jawa TimurSurfing Pulau Merah/Instagram.com @ayusyahiraganda

Pantai Pulau Merah dikenal memiliki ombak yang pas untuk belajar berselancar. Ketinggian ombak Pulau Merah antara 2-4 meter, sangat cocok untuk pemula. Tak heran jika Pulau Merah banyak dikunjungi turis asing, meski hanya beberapa hari di sana.

Maklum, ada juga banyak akomodasi di Pulau Merah keluarga angkat dikelola oleh warga sekitar. Bagi Anda yang tidak membawa papan selancar, pengelola sudah menyediakan rental lengkap dengan pemandu.

Baca Juga: Poles Pulau Merah Banyuwangi, Kementerian BUMN Siapkan Rp 67 Miliar

6. Wisatawan juga bisa snorkeling

7 Fakta Tentang Pulau Merah Banyuwangi, Kuta Jawa TimurIlustrasi snorkeling (unsplash.com/tayorgsimpson)

Selain itu, nikmati panorama yang jarang Anda lihat saat berkunjung ke Pulau Merah, yaitu panorama bawah laut pantai. Anda dapat menikmati panorama terumbu karang dengan menyewa peralatan snorkeling, tentunya lengkap dengan dukungan profesional. Namun, karena ombak di Pulau Merah cukup besar, pemandu akan sering membawa Anda ke kawasan Pantai Wedi Ireng yang memiliki teluk dengan ombak kecil.

7. Kalau mau camping juga ada campingnya

7 Fakta Tentang Pulau Merah Banyuwangi, Kuta Jawa TimurIlustrasi perkemahan (grampiansparadise.com.au)

Selain menginap dengan homestay, ada pilihan lain jika ingin mendirikan tenda di Pulau Merah. Ada zona khusus di mana Anda bisa memasang tenda akomodasi. Suasana pantai pasti akan membuat tidur Anda lebih tenang dan nyenyak. Lokasi untuk mendirikan tenda berada di tempat parkir kendaraan, tidak jauh dari pantai. Tentu saja, jika Anda memutuskan untuk menginap di Pulau Merah, Anda bisa menikmati matahari terbit di sana.

Itulah 7 fakta tentang Pulau Merah Banyuwangi. Anda tidak perlu jauh-jauh ke Bali untuk menikmati Kuta.

Baca Juga: 5 Pesona Pantai Pulau Merah, Nikmati Sunset Terbaik di Jawa Timur

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis adalah tanggung jawab penulis sepenuhnya.

Source: jatim.idntimes.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button