Dua kejadian gempa mengawali akhir pekan di Jawa Barat, inilah pusatnya - WisataHits
Jawa Barat

Dua kejadian gempa mengawali akhir pekan di Jawa Barat, inilah pusatnya

Dua kejadian gempa mengawali akhir pekan di Jawa Barat, inilah pusatnya

PORTAL BANDUNG TIMUR – Pada Minggu, 8 Januari 2023, gempa tektonik kembali dirasakan masyarakat di beberapa wilayah Jawa Barat. Badan Meteorologi dan Klimatologi wilayah Banten II menyebut telah terjadi dua kali gempa tektonik yang dirasakan di beberapa daerah.

Gempa tektonik pada pukul 00.10 WIB dirasakan oleh masyarakat Kabupaten Pangandaran dan sekitarnya. Gempa tektonik dengan magnitudo 3,9 berpusat di laut pada kedalaman 11 kilometer atau termasuk dalam kategori gempa dangkal.

BMKG mengumumkan pusat gempa tektonik berada 101 kilometer barat daya Kabupaten Pangandaran. Guncangan gempa tersebut tidak hanya dirasakan oleh masyarakat di Kabupaten Pangandaran, tetapi juga masyarakat di wilayah pesisir laut selatan Jawa Barat lainnya, seperti Kabupaten Garut dan Tasikmalaya.

Baca Juga: Korban Mutilasi Bekasi Dilaporkan Hilang di Kota Bandung Tahun 2019

Berdasarkan pusat gempa, BMKG mengumumkan gempa terjadi pada koordinat 8,24 derajat Lintang Selatan dan 107,76 derajat Bujur Timur. Hingga 2 jam kemudian, belum ada informasi gempa susulan atau susulan, namun masyarakat diingatkan untuk tetap waspada dan tidak mempercayai informasi yang tidak dapat dibenarkan.

Sedangkan gempa kedua pada pukul 01:56 WIB dirasakan oleh masyarakat Kabupaten Garut dan sekitarnya. Gempa tektonik bermagnitudo 2,1 berpusat di daratan pada kedalaman 32 kilometer.

Pusat gempa bumi yang melanda Kabupaten Garut pada Minggu 8 Januari 2023.

Pusat gempa bumi yang melanda Kabupaten Garut pada Minggu 8 Januari 2023.

Berdasarkan informasi BMKG, pusat gempa berada di 9 kilometer barat laut Kabupaten Garut dengan pusat gempa di lintang 7,21 derajat selatan dan bujur 107,81 derajat timur.

Di kolom komentar @ardhy8744 tambah info #7km SSW Gunung Guntur. 4 km sebelah timur dari Darajat objek wisata 1 BRI. Kemarin ada teman IG yang mengajak saya bercerita tentang Gunung Guntur. Karena saya memposting tentang Gunung Guntur. Jadi titik lokasi Gunung Guntur jadi saya ikuti postingannya. Karena keluarganya dekat. Aku bilang jangan membicarakannya. Karena saya selalu berbicara tentang gempa bumi. Ternyata pembicaraan kami mengarah ke sini. Saya harap semuanya baik-baik saja. (heriyanto)***

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button