Dream Theater Concert Sukses Gelar, Wali Kota Solo Apresiasi Dukungan PLN Pulihkan Ekonomi Melalui Wisata Musik - WisataHits
Jawa Tengah

Dream Theater Concert Sukses Gelar, Wali Kota Solo Apresiasi Dukungan PLN Pulihkan Ekonomi Melalui Wisata Musik

Manado (ANTARA) – Konser band Amerika Dream Theater bertajuk Top of the World Tour di Solo pada 10 Agustus 2022 berlangsung sukses. Hal ini tidak terlepas dari keandalan pasokan listrik PT PLN (Persero).

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mengapresiasi dukungan PLN dalam menyukseskan event bertaraf internasional di Solo.

“Terima kasih PLN, kemarin didukung oleh ASEAN Paragames Event, sekarang didukung oleh Dream Theater Event. Semoga PLN semakin sukses,” ujarnya.

Di tempat tersebut, Presiden dan Direktur PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, PLN berkomitmen untuk mendukung pemulihan perekonomian nasional dengan menyediakan listrik yang andal. Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah untuk mempercepat pemulihan ekonomi.

“Pada acara ini kita lihat orang bisa senang, kemudian banyak multiplier effect-nya. Kita lihat dulu banyak UMKM yang terlibat, hotel-hotel penuh, ekonomi bergerak, orang-orang bergerak, pemulihan lebih cepat,” katanya.

Darmawan juga memberikan apresiasi kepada pemerintah yang telah berhasil melakukan pemulihan ekonomi.

“Hal ini dibuktikan dengan adanya pertumbuhan ekonomi yang disertai dengan pertumbuhan permintaan listrik yang lebih kuat dari perkiraan kami,” ujarnya.

Darmawan menjelaskan, pertumbuhan ketenagalistrikan pada 2020 minus 0,79 persen, sedangkan pada 2021 tumbuh 5,77 persen. Tren pemulihan tersebut semakin tercermin dari perkembangan penjualan listrik pada semester I 2022 yang tumbuh sebesar 7,2 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Akibat pandemi Covid-19, Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) 2021-2030 memperkirakan pertumbuhan permintaan listrik hanya 4,9 persen per tahun. “Yang tadinya hanya sekitar 3-4 persen, kali ini bisa di atas 5 persen pertumbuhan kebutuhan listrik,” jelasnya.

Irwansyah Putra, General Manager Penjualan PLN Jateng dan DIY, menambahkan PLN telah meluncurkan program multi-layered delivery untuk mendukung konser tersebut. Selain pasokan dari sistem kelistrikan, PLN juga memiliki 3 unit Uninterruptible Power Supply (UPS) 100 kilovolt-ampere (kVA) dan 80 kVA, 5 unit genset 500 kVA dan 250 kVA, unit gardu induk bergerak, dan 3 unit kabel bergerak siaga untuk PLN.

Perangkat ini dilengkapi dengan ACOS (Automatic Change Over Switch) sehingga jika sumber listrik utama terputus, dapat segera dan otomatis beralih ke sumber listrik cadangan.

“Syarat untuk konser ini hanya 1,5 megawatt (MW). Sedangkan sistem kelistrikan hosting Solo berkapasitas 800 MW dengan surplus 583 MW. Meski pasokan listrik melimpah, kami tetap menyiapkan program khusus sebagai cadangan,” pungkasnya.

Source: manado.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button