MFV MPU Purwa promosikan wisata edukasi kota Malang - WisataHits
Jawa Timur

MFV MPU Purwa promosikan wisata edukasi kota Malang

Minggu, 16 Oktober 2022 – 19:26 WIB

miskin – Event-event menarik menjadi unggulan Kota Malang lagi. Kali ini, nuansa wisata edukasi dan budaya melalui Museum Festive Vaganza (MFV) di Museum Mpu Purwa Kota Malang.

Acara ini merupakan festival seni dan budaya. Mengusung tiga konsep utama yaitu Art Performance, Competition Vaganza dan Immersive Experience, MFV ini digagas oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang. 4 hari dari 13 hingga 16 Oktober 2022.

Wakil Walikota Malang, Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko mengapresiasi kegiatan tersebut. Karena mampu mengajak generasi muda untuk berkunjung ke museum guna memperkuat jati diri melalui sejarah dan nilai-nilai luhur bangsa.

“Kegiatan ini sederhana, tapi terasa penuh makna dan dilakukan dengan hajatan. Yang harus kita lakukan sekarang adalah bagaimana anak-anak kita bisa bahagia, bagaimana mereka bisa bertanya apa yang ada di museum ini. Agar anak-anak tidak kehilangan jati dirinya, pahami sejarah bangsanya. Bahwa nenek moyang mereka adalah bangsa yang besar, bangsa yang berkarakter, bangsa dengan cita-cita yang besar,” kata Sofyan, Sabtu, 15 Oktober 2022.

MFV 2022 mengangkat tema “Museum menginspirasi lintas generasi untuk memajukan bangsa yang berpotensi besar”, yang mewakili tiga nilai inti acara ini, yaitu Identitas, Eksplorasi dan Indonesia.

Sofyan Edi berharap pihak sekolah, khususnya bapak ibu di bidang sejarah, mau mengajak anak-anak ke museum. Sehingga kecintaan terhadap museum dan sejarah bangsa serta leluhurnya dapat tumbuh.

“Tidak hanya Museum Mpu Purwa, ada juga museum pendidikan, museum musik, menurut saya akan menumbuhkan jiwa yang baik, yang indah dan penuh cinta, tetapi memiliki nilai seni yang tinggi. Ini akan memberikan karakter bagi bangsa kita, mampu bekerja keras, mengenal nenek moyang dan sejarah kita, menatap masa depan dengan optimisme tetapi tidak kehilangan diri kita sendiri,” tambahnya.

Lebih lanjut beliau berpesan agar semua pihak yang terlibat dapat bersatu padu membangun rasa cinta terhadap museum anak. Sehingga diharapkan anak dapat berprestasi lebih, memiliki intelektualitas yang baik, memiliki kekuatan mental dan emosional yang baik, serta memiliki jati diri.

Festive Vaganza Museum (MFV) akan diselenggarakan pada 13-16 Oktober 2022 di Museum Mpu Purwa dan Museum Pendidikan Kota Malang. Berbagai kegiatan menarik dihadirkan pada acara tersebut, mulai dari pertunjukan musik hingga berbagai lomba seperti lomba band SD, lomba cerdas cermat tingkat SD dan SMP, lomba melukis, lomba jurnalistik dan lomba vlogging.

Source: malang.viva.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button