Dosen Udinus Niat Buat Metaverse Untuk Bantu Promosi Wisata Karimunjawa - WisataHits
Jawa Tengah

Dosen Udinus Niat Buat Metaverse Untuk Bantu Promosi Wisata Karimunjawa

Dosen Udinus Niat Buat Metaverse Untuk Bantu Promosi Wisata Karimunjawa

LENTERAJATENG, SEMARANG – Potensi wisata di Karimunjawa, Jepara, mendorong dosen universitas Dian Nuswantoro (Udinus) membuat metaverse. Metaverse yang mereka dirikan bertujuan untuk mendukung promosi pariwisata di Karimunjawa.

Dosen Udinus melakukan penelitian terkait metaverse mapping dan smart tourism technology (STT) di Karimunjawa. Dosen Udinus M Hasan Basori MA menyatakan Karimunjawa memiliki gugusan pulau besar di luar pulau utama yang memiliki keindahan luar biasa dan berpotensi menarik kunjungan wisatawan.

“Sedikit demi sedikit, kami berniat membuat platform metaverse untuk membantu promosi pariwisata Karimunjawa. Agar calon wisatawan tertarik mengunjungi Karimunjawa setelah melihat keindahannya di dunia metaverse, kata Hasan di Semarang, Sabtu (28/1/2023).

Hasan Basori dan tim melakukan pemetaan melalui pertemuan dengan stakeholder dan masyarakat di Karimunjawa, mulai dari pengelola perangkap hiu, pemetaan titik snorkeling terumbu karang, pemetaan Pulau Cemara Besar dan Pantai Ujung Gelam.

Selain memetakan metaverse, penyelidikan lain sedang dilakukan yang membahas hubungan antara teknologi dan pariwisata. Bagaimana pemanfaatan teknologi dan citra pariwisata menurut generasi muda di Karimunjawa dan kemudian kedepannya dari sisi pariwisata.

“Semoga penelitian ini dapat memberikan model STT yang dapat digunakan di Karimunjawa. Integrasi pariwisata dan teknologi akan meminimalisir fenomena menjebak wisatawan di Karimunjawa,” ujar Arfika Pertiwi Putri MIKom selaku dosen peneliti. (PTT)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button