PSI menyerukan pertumbuhan sektor pariwisata untuk UMKM juga - WisataHits
Jawa Barat

PSI menyerukan pertumbuhan sektor pariwisata untuk UMKM juga

PSI menyerukan pertumbuhan sektor pariwisata untuk UMKM juga

Laporan wartawan dari Tribunnews.com Hasanudin Aco

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Partai Solidaritas Indonesia (PSI) memperkirakan pertumbuhan sektor pariwisata dan industri kreatif tumbuh signifikan pada 2022.

Juru Bicara DPP PSI Kokok Dirgantoro mengatakan, PSI mengapresiasi kinerja pemerintah, khususnya Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif yang telah bekerja keras membangun kembali industri pariwisata dan industri kreatif setelah diterpa pandemi salah satunya dalam dua tahun terakhir. terkena.

Pertumbuhan industri pariwisata dan industri kreatif pada tahun 2022 akan meningkat secara signifikan yang ditunjukkan dengan membaiknya indikator pariwisata.

“Kami melihat peningkatan industri pariwisata dan industri kreatif, didukung oleh perjalanan wisata, kegiatan pariwisata dan acara kreatif yang semakin semarak, terutama kegiatan yang berkaitan dengan KTT G-20. Apalagi dengan dicabutnya Pedoman Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di akhir tahun 2022, semakin mempercepat pemulihan sektor ini,” kata Kokok dalam keterangannya, Rabu (2/1/2023).

Baca Juga: Sebut Industri Hilir Harus Dijaga, Jokowi Berharap PSI Bisa Serahkan ke Senayan

Di sisi lain, Kokok menegaskan PSI meminta pemerintah dan kementerian terkait memastikan pertumbuhan industri pariwisata pada 2023 harus memberikan multiplier effect yang tinggi bagi UMKM dan perekonomian daerah.

PSI juga ingin agar tenaga kerja disiapkan sehingga ketika industri ini berkembang pesat, tenaga kerja pun siap.

“Kami mendorong Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif untuk mempercepat pelatihan dan perekrutan tenaga kerja, terutama lokal, untuk mengikuti pertumbuhan sektor pariwisata.

Hal ini penting agar masyarakat luas dapat merasakan dampak langsung dari pertumbuhan positif industri pariwisata dan industri kreatif,” pungkas Kokok.

Sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dalam keterangannya usai rapat terbatas di Kantor Presiden Jakarta, Senin (30/1/2023), PPKM dibekukan setelah 1 bulan, kegiatan ekonomi khususnya pariwisata dan industri kreatif tumbuh secara eksponensial meningkat signifikan dengan tingkat hunian kamar mencapai 80 hingga 90 persen di beberapa destinasi dan untuk destinasi populer: Bandung, Yogyakarta, dan Bali bahkan mencapai 100 persen.”

Menparekraf menambahkan, pemerintah juga secara signifikan meningkatkan target pasar wisatawan mancanegara pada 2023 melalui beberapa langkah antara lain memperbanyak jumlah penerbangan.

Selain itu, pemerintah juga berupaya mempercepat pengembangan kawasan wisata khusus (KEK) untuk menciptakan peluang usaha dan lapangan kerja.

Upaya lain adalah menyederhanakan atau menderegulasi aturan dan mempermudah pengorganisasian acara.

Dengan adanya kebijakan ini diharapkan akan memicu lebih banyak kegiatan MICE (rapat, insentif, kongres, pameran), event berbasis musik dan olahraga.

“Diharapkan ini akan mendongkrak munculnya wisata outbond dengan kunjungan 7,4 juta di tutup dan pergerakan wisatawan nusantara 1,4 miliar pergerakan wisata nusantara,” kata Menparekraf.

Baca Juga: Situs Internet Pariwisata Prefektur Toyama, Jepang Akhir Maret 2023 Berikan Informasi Bagi Umat Muslim

Diperkirakan target penciptaan lapangan kerja dan beberapa program unggulan seperti penguatan UMKM dan desa wisata di desa kreatif dapat mencapai 4,4 juta lapangan kerja baru pada tahun 2024.

Kokok menambahkan, kami mendukung penuh upaya pemerintah untuk mencapai target pariwisata yang ditetapkan pada 2023. Kami melihat potensi besar dalam mengadakan event-event besar yang dapat membangkitkan kunjungan wisatawan ke tanah air.

Seperti diketahui, event balap motor WSBK Indonesian Round 2023 akan digelar pada 3-5 Maret 2023, KTT ASEAN pada Mei 2023 dan MotoGP Mandalika pada 13-15 Oktober 2023.

“Kami percaya dengan semakin banyaknya kegiatan pariwisata dan kegiatan MICE (Meetings, Incentives, Congresses, Exhibitions), event berbasis musik dan olah raga dapat meningkatkan tingkat kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara,” ujarnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button