Rasakan Olahraga Pencak Dor | Berita Malang hari ini | Malang Posco Media - WisataHits
Jawa Timur

Rasakan Olahraga Pencak Dor | Berita Malang hari ini | Malang Posco Media

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Sebagian besar orang mungkin tidak begitu asing dengan olahraga pencak dor. Olahraga ini, mirip dengan pencak silat, merupakan kekayaan dan kearifan lokal masyarakat yang sudah ada sejak lama. Olahraga ini juga termasuk dalam kategori olahraga tradisional atau olahraga rekreasi.

Direktur Olahraga Wahyu Setiawan mengatakan permainan rakyat atau olahraga tradisional merupakan aset budaya dan telah berkembang dalam jangka waktu yang lama. Sehingga hal ini harus dilestarikan, termasuk olahraga pencak dor. Untuk itu, Disporapar menggelar sosialisasi olahraga pencak dor pada Selasa (1/11) di Hotel Regents Park yang dihadiri puluhan orang.

“Olahraga ini tidak hanya sebagai olahraga hiburan, tetapi juga berpotensi meningkatkan kondisi fisik pelaku,” kata Wahyu kepada Malang Posco Media.

Wahyu melanjutkan, tujuan sosialisasi ini adalah untuk mengenalkan masyarakat luas khususnya generasi muda akan pentingnya olahraga tradisional seperti pencak dor.

“Memanfaatkan kesempatan ini, saya juga ingin berbagi bahwa kita akan memiliki pertunjukan pencak dor ini nanti pada tahun 2023,” kata Wahyu.

Asisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni ​​yang juga hadir dalam kesempatan itu mengaku sangat puas dengan olahraga pencak dor. Sebenarnya dulu ada banyak pendekar pencak dor di kota Malang, namun seiring berjalannya waktu ternyata olahraga pencak dor ini bisa bangkit kembali setelah ditinggalkan.

“Begitu saya mendengar suaranya (pukulan pencak dor) saya merinding. Begitu kita menikmati merasakan sesuatu, aura muncul di sana,” Ida memulai pidatonya.

Menurut Ida, gerakan atau gerakan dalam Pencak Dor sendiri juga sangat indah. Tidak kalah dengan pencak silat, menunjukkan kekuatan dan kekuatan tubuh. Sehingga olahraga pencak dor memiliki potensi yang besar bagi masyarakat.

“Artinya jika kita mengemas suatu kegiatan pencak dor secara menarik, bahkan bisa menjadi daya tarik wisata itu sendiri,” ujarnya. (ian/tujuan)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button