Dosen FEB Unair Kembangkan Ekowisata Halal di Desa Sugihwaras, Nganjuk - WisataHits
Jawa Timur

Dosen FEB Unair Kembangkan Ekowisata Halal di Desa Sugihwaras, Nganjuk

Surabaya – Tim fakultas Fakultas Ekonomi (FEB) Fakultas Universitas Airlangga (Unair) melakukan pengabdian kepada masyarakat untuk mengembangkan potensi ekowisata di Desa Sugihwaras, Kabupaten Nganjuk.

Mereka memberikan dukungan dan pelatihan kepada tokoh masyarakat dan organisasi pemuda bhakti pemuda di desa Sugihwaras untuk meningkatkan kewirausahaan sosial dan keterampilan intrapreneurship.

Tim pengajar yang terdiri dari Dr. Tika Widiastuti, dr. Imron Mawardi, dr. Dien Mardhiyah dan didukung oleh beberapa mahasiswa S1 dan S2 FEB Unair telah memberikan dukungan dan pelatihan sejak pertengahan Juli 2022.

“Desa Sugihwaras merupakan salah satu desa yang berpotensi menjadi desa ekowisata. Desa ini memiliki potensi wisata sungai yang saat ini sedang dalam tahap pengembangan,” kata Dr/2022).

Menurut Tika, kegiatan tersebut juga dilatarbelakangi permasalahan yang dihadapi dalam mengembangkan potensi ekowisata yang sempat terhenti selama pandemi Covid-19.

Selain itu, pengelola desa ekowisata setempat juga memiliki keterbatasan pengetahuan dan keterampilan untuk mengelolanya.

Baca juga:
Wow! Keluarga Sarjana Hukum Unair Cetak Rekor MURI

“Berangkat dari permasalahan tersebut, tim pengabdian kepada masyarakat mengadakan pelatihan terkait studi kelayakan usaha dan penyajian laporan keuangan halal ekowisata di desa Sugihwaras yang baik dan benar,” jelasnya.

Ia juga berharap kegiatan ini dapat membawa manfaat bagi masyarakat dan ke depan ada sinergitas antara masyarakat Desa Sugihwaras dengan tim pengabdian masyarakat.

“Alhamdulillah kegiatan ini telah membuahkan hasil yaitu draft studi kelayakan ekowisata di desa Sugihwaras dan juga penyusunan prakiraan laporan keuangan tahun 2023 hingga 2030,” kata Tika.

Baca juga:
Temui Program Studi Pengembangan Sumber Daya Manusia hasil kerjasama Unair dengan Komunikasi dan Informatika Jawa Timur

“Semoga dapat bermanfaat bagi pengembangan ekowisata di desa Sugihwaras dan terus bersinergi dengan masyarakat dalam upskilling,” lanjutnya.

Pengabdian kepada masyarakat ini disambut baik oleh Kepala Desa Sugihwaras, Sutrisno. Pihaknya mengerahkan puluhan tokoh masyarakat yang telah ditetapkan sebagai penggerak ekowisata desa.

“Saya sangat senang dengan kegiatan tersebut karena sangat membantu kami untuk mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk pengembangan desa ekowisata,” kata Sutrisno.

Source: jatimnow.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button