Mitos Mata Air di Gua Jatijajar, Kebumen, Bisa Bikin Awet Muda - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Mitos Mata Air di Gua Jatijajar, Kebumen, Bisa Bikin Awet Muda – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Sendang Mawar di Kompleks Gua Jatijajar, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah (Jawa Tengah). (

Solopos.com, KEBUMEN — Gua Jatijajar atau lebih dikenal dengan Gua Jatijajar dikenal sebagai salah satu tempat wisata unggulan di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah (Jawa Tengah). Namun, ternyata ada juga sejumlah mitos yang melingkupi Gua Jatijajar, antara lain keberadaan mata air bernama Sendang Kantil dan Sendang Mawar di lokasi ini.

Dikutip dari situs jatijajar.kec-ayah.kebumenkab.go.id, Rabu (26/7/2022), Sendang Kantil dan Sendang Mawar merupakan dua dari tujuh mata air yang ada di sekitar goa atau Goa Jatijajar. Namun, dari tujuh mata air tersebut, hanya empat mata air yang dapat diakses wisatawan, yaitu Mata Air Kantil, Mata Air Mawar, Mata Air Puser Bumi dan Mata Air Jombor.

Promo hotel paling direkomendasikan dekat pantai di Jepara, Yes d’Season Premiere

Sementara itu, dari empat mata air yang ada di goa atau Goa Jatijajar, Kebumen, hanya dua yang cukup populer di kalangan masyarakat yakni Sendang Kantil dan Sendang Mawar. Hal ini dikarenakan kedua mata air atau sumber air tersebut mudah dijangkau oleh masyarakat atau wisatawan yang berkunjung ke goa yang ditemukan pada tahun 1802.

Sendang Kantil dan Sendang Mawar di kawasan Gua Jatijajar Kebumen juga memiliki sejumlah mitos yang diyakini masyarakat hingga saat ini. Konon, jika Anda mandi atau membasuh muka dengan air dari Sendang Kantil, semua keinginan dan cita-cita Anda bisa tercapai.

Mata air kantil ini juga memiliki patung seorang wanita yang tampak sedang berdoa di tengah kolam. Patung perempuan tersebut juga menambah kesan mistis Sendang Kantil di kawasan Gua Jatijajar di Kebumen.

Baca Juga: Gua Jatijajar, Kebumen Temui Wisata Sejak Zaman Kolonial

Sementara itu, Sendang Mawar memiliki warna kemerah-merahan pada air kolamnya seperti warna bunga mawar. Mitos mengatakan bahwa siapa pun yang mandi atau minum air di Sendang Mawar akan terlihat awet muda.

Selain Mata Air Kantil dan Mata Air Mawar, dua mata air lain di Gua atau Gua Jatijajar Kebumen yaitu Sendang Paser Bumi dan Sendang Jombor juga memiliki mitos yang tak kalah populer. Konon, siapa saja yang mandi di Sendang Puser Bumi dan Sendang Jombor memudahkan segala urusannya.

Mitos seputar Sendang Kantil dan Sendang Mawar di Gua Jatijajar di Kebumen juga banyak dipercaya. Namun ada juga orang yang menganggap bahwa mitos hanyalah sebuah cerita.

Baca juga: Temui Klampis Ireng, Kerajaan Sakti di Ponorogo yang Penuh Misteri

Terlepas dari kepercayaan masyarakat, bagaimanapun, cerita mitos tentang dua mata air di Gua Jatijajar atau Goa Kebumen telah berkembang selama beberapa dekade. Nyatanya, hingga saat ini masih banyak orang yang percaya dengan mitos tersebut.

Source: www.solopos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button