Dispora-ALTI Kukar menjadi tuan rumah KTRS 2022, balapan lintas alam pertama di Kukar - WisataHits
Jawa Tengah

Dispora-ALTI Kukar menjadi tuan rumah KTRS 2022, balapan lintas alam pertama di Kukar

Tenggarong– Dinas Pemuda dan Olahraga Kutai Kartanegara (Dispora Kukar) menjadi co-hosting Kukar Trail Run Series (KTRS) 2022 dengan Asosiasi Lari Lintas Alam Indonesia Kukar.Acara lari lintas alam ini akan diadakan di Desa Loa Raya, Kecamatan Tenggarong Seberang. pada 30 Oktober 2022. Ini adalah olahraga lintas alam pertama yang diadakan di Kukar. Acara ini bertujuan untuk mencari calon atlet yang bisa mempertahankan Kukar.

Ketua panitia penyelenggara Ariadi Duta Pratama menargetkan sekitar 400 atlet asal Kalimantan Timur (Kaltim) bisa mengikuti ajang ini. Di mana

“(Di dekatnya) akan ada pilkada dan kejuaraan nasional di Semarang tahun depan, jadi kami akan memilih siapa yang akan mewakili ALTI Kukar,” kata Ariadi, Minggu (18/9/2022).

KTRS 2022 dibagi menjadi dua kelas, yaitu kelas 5km dan 10km, menawarkan rute melalui persawahan, perkebunan, perbukitan, wisata air terjun Batu Ampar dan pengolahan gula merah.

“Menjadi olah raga wisata alam, termasuk meluncurkan sektor pariwisata di Desa Loa Raya,” lanjut Ariadi.

Sementara itu, Ketua Umum ALTI Kukar Firnadi Ikhsan menyambut baik agenda yang dilakukan Dispora Kukar melalui kerjasama dengan ALTI Kukar dan komunitas lari Kukar.

Menurutnya, event ini akan memberikan warna baru dan alternatif baru dalam berlari. Jadi tidak hanya berjalan di bentangan yang dipersiapkan oleh Autobahn pada umumnya. Namun, di KTRS 2022, peserta bisa berlatih sambil menikmati keindahan persawahan, perkebunan, dan pegunungan.

“Selain efek kesehatan, bisa juga saat bepergian. Semoga berdampak besar bagi perekonomian masyarakat sekitar,” kata Firnadi.

KTRS 2022 di Desa Loa Raya sendiri akan menjadi awal. Karena akan ada jalur baru, jalur lari alam baru, di beberapa tempat di Kukar. Seperti Kecamatan Anggana di Desa Kedang Ipil Kota Bangun serta beberapa lokasi potensial lainnya.

“Selain tantangan yang luar biasa, kami juga membantu menampilkan potensi wisata alam daerah setempat,” pungkas Firnadi. (affi)

Source: mediakaltim.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button