Disparta Batu yang menggelar 4 event berstandar internasional itu optimistis kunjungan wisatawan mencapai 10 juta pengunjung - WisataHits
Jawa Timur

Disparta Batu yang menggelar 4 event berstandar internasional itu optimistis kunjungan wisatawan mencapai 10 juta pengunjung

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko bersama Kepala Disparta Kota Batu Arief As Siddiq (kiri) dan Sekda Kota Batu Zadiem Efficiency meluncurkan kalender pariwisata 2023 (MVoice/Pemkot Batu).

SUARA WARNA– Peluncuran kalender pariwisata bersamaan dengan acara Batu Tourism Award yang diserahkan oleh Dinas Pariwisata (Disparta) Kota Batu pada Rabu malam (13/12). Secara total, 87 kegiatan pariwisata akan berlangsung pada tahun 2023.

Kepala Disparta Kota Batu Arief As Siddiq mengatakan, kalender wisata menjadi alat navigasi untuk mempromosikan revitalisasi pariwisata di Kota Batu. Jumlah kunjungan wisatawan diperkirakan bisa melebihi capaian tahun 2019.

“Diperkirakan bisa mencapai 10 juta pada 2023, bisa lebih besar dari 2019,” kata Arief.

Baca juga:
Pernyataan Polisi tentang pembongkaran pagar tribun Stadion Kanjuruhan, Pro Village: Buka pintu aksi

Praktisi Hukum Menanggapi Dugaan Pelanggaran AD/ART KONI Kota Malang Jelang Musorkot

Polisi Malang mendatangkan ahli kriminal untuk mencari motif di balik pembongkaran stadion

Piala Dunia Qatar 2022 dan Perubahan Sunatullah

Keyakinan tersebut tak lepas dari terselenggaranya event berkelas internasional yang akan berlangsung pada tahun 2023 mendatang. Beberapa dari acara ini termasuk pertunjukan musik yang mengundang peserta dari luar negeri. Selanjutnya, Event Pendakian Gunung Arjuno menawarkan keindahan panorama alamnya bagi wisatawan lokal. Tidak kalah dengan keindahan Gunung Bromo.

“Potensi Kota Batu luar biasa. Nanti kita tarik wisatawan dari Amerika, Eropa hingga Afrika. Selain itu, pemandu wisata Kota Batu sudah berpengalaman dengan wisatawan dari berbagai negara,” jelas Arief.

Acara lainnya termasuk paralayang dan motorcross petualangan. Ia mengungkapkan, Disparta telah menyiapkan anggaran Rp 1 miliar untuk event paralayang tersebut. Berbagai event yang tercantum dalam kalender wisata merupakan strategi untuk menarik wisatawan.

“Tahun 2023 adalah momen kebangkitan pariwisata. Untuk mensukseskan berbagai event tentunya akan ada kerjasama antara sponsor, stakeholder pariwisata dan pemerintah desa. Siapa pun bisa sukses jika bekerja sama dengan semua kelompok,” ujarnya.

Selain pengumuman kalender wisata, Disparta juga menyerahkan Batu Tourism Award. Penghargaan yang diberikan kepada sejumlah pihak yang berdedikasi memajukan industri pariwisata di Kota Batu.

Untuk tahun 2022, Batu Tourism Award menonjolkan brand “Shinning Power” yaitu kesatuan kekuatan masyarakat dan industri pariwisata, kerajinan dan budaya kota Batu untuk berkontribusi dalam pemulihan ekonomi dan kesadaran masyarakat.

Acara ini menampilkan berbagai penampilan seperti Fashion Show Kontemporer “Bersinar Kreatif” oleh Kangni 2022, Teater Tuli Cemerlang bertajuk “Silent in Sound” dan flash mob dari Museum Angkut.

Baca juga:
Pengembangan Wisata Olah Raga, Disparta Kota Batu bekerja sama menjadi tuan rumah Panderman Gravity Park Funduro

Sidomulyo Floral Festival 2022, Disparta bekerjasama mendirikan sentra tanaman hias di kota Batu

Arief menjelaskan, Kota Batu mengalami keterpurukan di masa pandemi, khususnya di sektor pariwisata. Namun sebagai bentuk pengakuan, biro pariwisata memberikan penghargaan kepada para pelaku industri dan seniman yang telah berkontribusi pada sektor pariwisata di berbagai wilayah kota Batu. Selain itu, seluruh desa di Kota Batu telah menjadi desa wisata, dengan 9 desa masih menjadi desa percontohan, 5 desa sudah berkembang, dan 13 desa sisanya dikategorikan sebagai desa wisata lanjutan.

“Saya sangat bangga dan senang dengan penghargaan ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua, pariwisata Kota Batu saat ini dan yang akan datang,” kata Arief.

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko menyatakan pada tahun 2022, meski masih belum secepat sebelum pandemi, pariwisata dan perekonomian Kota Batu dapat maju melalui kerja sama. Ia memuji kebersamaan dan keikhlasan masyarakat Kota Batu.

Saat dibutuhkan, kata dia, masyarakat di Kota Batu tak segan-segan mengangkat tangan dan memberikan bantuan tulus. Contohnya adalah pemberian tanah untuk jembatan baru dan jalan akses yang baru saja diresmikan pagi ini.

“Semua prestasi saya selama memimpin bukan semata-mata milik saya. Pencapaian ini milik masyarakat Kota Batu yang telah berpartisipasi dalam program pembangunan Kota Batu dan mendoakan keberhasilannya,” kata Dewanti.

Sementara itu, Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno menyampaikan pernyataannya dalam bentuk video penghargaan Batu Tourism Award 2022.

“Sukses Bu Wali, semoga acara Batu Tourism Award 2022 bisa menjadi pendorong revitalisasi pariwisata. Ayo naik lebih tinggi dengan jalan-jalan di Indonesia,” kata Sandiaga. (Akhir)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button