Banyak event akhir tahun, Pj Wali Kota Yogyakarta optimistis wisatawan bisa mencapai 7 juta pengunjung - WisataHits
Yogyakarta

Banyak event akhir tahun, Pj Wali Kota Yogyakarta optimistis wisatawan bisa mencapai 7 juta pengunjung

YOGYAKARTA (DIY), Utarapost.net – Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar yang dipimpin oleh Wakil Walikota Blitar Tjutjuk Sunaryo beserta rombongan dari Kota Yogyakarta diterima langsung oleh Pj Walikota Yogyakarta Sumadi di Kamar Yudhistira DPRD Balai Kota Yogyakarta. Selasa (12/06/22). Kunjungan ini merupakan kajian palsu kota Yogyakarta dalam bidang pariwisata dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Plt Wali Kota Yogyakarta Sumadi memanfaatkan kesempatan itu untuk mengungkapkan optimismenya bahwa jumlah wisatawan akan mencapai 7 juta pada akhir tahun.

“Alhamdulillah sampai akhir tahun hotel-hotel di kota Yogyakarta dan sekitarnya sudah terpesan penuh. Sampai kemarin, 1 Oktober tercatat 5,8 juta orang telah datang ke Kota Yogyakarta,” kata Sumadi.

Ia yakin jumlah ini akan terus bertambah menjadi 7 juta pengunjung dengan banyaknya event di bulan Desember.

“Oleh karena itu, kami optimis pada bulan Desember ini akan ada banyak sekali event terutama di bulan ini, termasuk pernikahan putra presiden yang akan berdampak besar bagi kota Yogyakarta,” ujarnya.

Sumadi mengatakan laporan dari Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) untuk hotel di utara kota Yogyakarta sekitar 80 persen penuh, kemudian 70 persen di tengah dan 60 persen di selatan.

“Jadi hotel-hotel di Kota Yogyakarta sudah full booking dari kemarin tanggal 1 Desember sampai dengan 12 Desember 2022. Kemudian teman-teman kami kehabisan stok, bahkan ada permintaan harus menyediakan 40 mobil Alphard, tapi tidak bisa dipenuhi,” jelasnya.

Oleh karena itu, Pemerintah Kota Yogyakarta menjalin kerja sama atau kerjasama dengan kabupaten-kabupaten yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta dalam mengintensifkan potensi wisata agar berdaya saing.

“Kalau bicara destinasi wisata, kebanyakan di perkotaan. Jadi fokus kita adalah meningkatkan pariwisata dalam konteks sosial budayanya,” ujarnya.

Ia berharap Kabupaten Blitar juga mengembangkan properti wisatanya, terutama tempat-tempat bersejarah yang terdapat makam para pahlawan seperti Ir. Soekarno, Supriyadi dan tempat-tempat lain yang memiliki potensi luar biasa.

“Tidak hanya itu, potensi UMKM di kota Yogyakarta seperti Ecoprints, Jumputan, dll juga menjadi daya tarik yang menjadi bagian dari peningkatan kunjungan wisatawan,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Blitar Tjutjuk Sunaryo dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Yogyakarta atas penerimaan, saran dan kontribusinya. Ia berharap potensi yang ada di kota Yogyakarta dapat ditiru di kota Blitar sehingga dapat lebih baik lagi di bidang pariwisata dan UMKM ke depannya.

“Mereka sangat senang diterima di kota Yogyakarta. Tujuan utamanya adalah untuk tetap berhubungan. Selain itu, pihaknya ingin mempelajari segala sesuatu dimana kondisi di Yogyakarta sangat kondusif, terutama di sektor pariwisata maju dan sektor UMKM,” ujarnya.

Ia berharap untuk lebih mengembangkan potensi yang ada agar Kota Blitar juga bisa menjadi tujuan wisata seperti Kota Yogyakarta. (aji)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button