Disparekraf DKI Jakarta Luncurkan Web Series “Mendadak NgGUIDE”. - WisataHits
Yogyakarta

Disparekraf DKI Jakarta Luncurkan Web Series “Mendadak NgGUIDE”.

Data yang dirilis Dinas Pariwisata Provinsi DKI Jakarta menyebutkan jumlah kunjungan wisatawan ke tempat-tempat wisata unggulan di DKI Jakarta mencapai 32,9 juta pada tahun 2019. Jumlah ini harus turun tajam di masa pandemi Covid-19 karena pembatasan mobilitas. Pada tahun 2020, jumlah wisatawan hanya mencapai 4,7 juta dan mulai meningkat lagi menjadi 5,03 juta pada tahun 2021.

Memasuki tahun 2022, industri pariwisata mulai bergairah. Hal ini ditandai dengan maraknya destinasi wisata. Fakta ini pun mendorong Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta melakukan berbagai upaya untuk mengembalikan tingkat kunjungan wisatawan ke berbagai destinasi wisata di Jakarta.

Salah satu upaya mendongkrak sektor pariwisata dan industri kreatif di Jakarta adalah peluncuran web series bertajuk Mendadak ngeGUIDE. Kampanye di bawah payung “Enjoy Jakarta” ini resmi diluncurkan di Jakarta pada pertengahan Desember (13/12).

Menurut Sherly Yuliana, Kepala Bidang Destinasi dan Pengembangan Pariwisata & Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta, web series Tiba-tiba ngeGUIDE hadir berawal dari fenomena global yaitu film-induced tourism.

“Fenomena ini ditandai dengan semakin banyaknya kunjungan wisatawan ke lokasi yang dijadikan lokasi film. Seperti halnya drama Korea, fenomena yang sama juga terjadi pada film Laskar Pelangi yang mempromosikan Bangka Belitung, Ada Apa dengan Cinta Jilid Dua yang mempromosikan Yogyakarta dan Filosofi Kopi yang mempromosikan kawasan Melawai Jakarta,’ jelasnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, jumlah kunjungan wisatawan ke tempat-tempat tersebut meningkat setelah pemutaran film-film tersebut. “Ini juga merupakan salah satu strategi dan langkah konkrit untuk mempromosikan pariwisata Jakarta di era pasca pandemi. Harapannya dengan menonton web series ini, semakin banyak orang yang tertarik berwisata ke Jakarta,” harap Sherly.

Melalui web series ini, pemirsa diajak menjelajahi berbagai sudut kota Jakarta dengan cerita yang berbeda, budaya yang berbeda termasuk kuliner, bangunan megah dan keindahan tujuan wisata.

Web series “Tiba-tiba ngeGUIDE” dikemas dalam delapan episode film yang masing-masing berdurasi 15 menit. Kedelapan film pendek tersebut akan diputar di RCTI+ yang diharapkan dapat menjangkau khalayak lebih luas dan berdampak positif. Web series ini juga akan tayang di channel Youtube Jakarta Tourism mulai 20 Desember 2022, dan setiap episode baru akan tayang setiap hari.

Sutradara film Tiba-tiba NgGUIDE, Thaleb Wirachman Wahjudi menambahkan: “Serial Tiba-tiba NgGUIDE tidak hanya menutup cerita yang menghibur dengan mengikuti petualangan Ujal sebagai karakter utama. Namun, hal tersebut juga menjadi highlight dari landmark kota Jakarta sebagai kota modern dan memiliki budaya yang pluralistik. Di Tiba-tiba ngeGuide kita mengikuti Ujal berpetualang menyusuri kota Jakarta dan melihat sisi unik dan menarik yang jarang diketahui orang awam sekalipun dan mereka yang tinggal di ibu kota Jakarta,” tutupnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button