Disbudpar Jatim mengajak masyarakat untuk terlibat mempromosikan destinasi wisata - WisataHits
Jawa Timur

Disbudpar Jatim mengajak masyarakat untuk terlibat mempromosikan destinasi wisata

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA – Pj Direktur Biro Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur Sinarto mengajak masyarakat sekitar untuk terlibat mempromosikan destinasi wisata. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah mengadakan pertemuan keluarga atau wisata ke tempat-tempat wisata di Jawa Timur.

“Kalau masyarakat mau menyelenggarakan seperti itu (promosi destinasi), saya kira ini gerakan yang bagus untuk akses pariwisata,” kata Sinarto, Selasa (10/4/2022).

Sinarto mengatakan sebagian besar destinasi wisata di Jawa Timur sangat cocok untuk liburan keluarga. Dimana rata-rata terdapat wisata alam, sangat cocok untuk keluarga bersantai dan menikmati liburan.

Begitu juga dengan wisata kuliner di Jawa Timur yang rata-rata harganya terjangkau. “Alamnya bagus, masakannya terjangkau, akses jalan juga bagus, dan daerah sangat tanggap dengan kegiatan seperti ini (pertemuan keluarga) termasuk pengelola pariwisata,” ujarnya.

Peluang ini, lanjut Sinarto, harus benar-benar dirangkul oleh pemerintah daerah dan pengelola pariwisata dengan selalu memperhatikan kebersihan, kesehatan, keamanan dan kenyamanan pengunjung. Apalagi setelah dilanda pandemi Covid-19, dunia pariwisata di Jawa Timur mulai bergeliat kembali, ujarnya.

Sinarto menjelaskan, salah satu komunitas yang menyelenggarakan sendiri secara rutin tur dan pertemuan keluarga Salah satu destinasi wisata di Jawa Timur adalah Persatuan Wanita Wirausaha Indonesia (Perwira) Jawa Timur. Dimana Perwira Jawa Timur memiliki agenda tahunan untuk melakukan kegiatan tur Jelajahi destinasi wisata di Jawa Timur.

Anggota DPD Perwira Jatim, Siska Sumartono menjelaskan, tahun ini pihaknya menggelar tur ke beberapa destinasi wisata di Jombang. Kegiatan Bertema Tur wanita Jawa Timur Diselenggarakan oleh ratusan anggota yang mengendarai lebih dari 40 kendaraan roda empat.

Destinasi wisata yang menjadi incaran tahun ini adalah wisata Banyu Mili dan Duran Duren di Kabupaten Wonosalam, Jombang, kata Siska yang juga Direktur Eksekutif East Java Women Touring.

Siska menjelaskan Tur wanita Jawa Timur merupakan salah satu kegiatan untuk mempromosikan pariwisata dan kearifan lokal kepada seluruh peserta baik di dalam maupun di luar Jawa Timur. Kegiatan ini mendorong serapan destinasi wisata di Jawa Timur dan membantu menggerakkan roda ekonomi kerakyatan atau UMKM.

Source: repjogja.republika.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button