Long Island Jepara - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan - WisataHits
wisatahits

Long Island Jepara – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Belanja – Pulau Panjang salah satu surga tersembunyi yang kaya pesona di Jepara. Pulau yang menawarkan keindahan bawah laut, pasir putih, pantai yang tenang dan spot snorkeling terbaik.

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp100.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Pulau Panjang, Ujungbatu, Kec. Jepara, Kab. Jepara, Jawa Tengah; Kasus: Cek lokasi

Pulau Panjang merupakan salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi dari Jawa Tengah. Justru di Jepara Anda bisa menemukan keindahan tersembunyi yang jarang terdengar di telinga. Pulau ini memiliki pasir putih dan ombak yang tenang, sehingga aman bagi anak-anak untuk bermain.

Dengan luas 19 hektar, Anda bisa menemukan pemandangan alam yang indah di pulau ini. Begitu bersihnya air, ikan dan terumbu karang di perairan terlihat jelas. Keindahan tempat ini tetap terjaga meski banyak wisatawan yang mulai berkunjung ke sini.

Pulau ini masih belum berpenghuni. Saat Anda berkunjung ke sini akan banyak penjual makanan yang biasanya sudah ada disana menawarkan penjualannya. Penjualnya kebanyakan adalah penduduk pulau terdekat. Ingatlah bahwa pemandangan matahari terbenam di Pulau Panjang sangat eksotis, sehingga direkomendasikan untuk wisatawan.

Atraksi Pulau Panjang

Atraksi Pulau PanjangKredit Gambar: Serangan Buronan Google Maps

Destinasi wisata bahari ini sendiri masih belum banyak dikunjungi wisatawan mancanegara, meski media promosi pulau ini masih gencar. Keindahan pulau tak berpenghuni ini masih asri sehingga sayang untuk dilewatkan.

1. Pemandangan bawah laut yang luar biasa

Perairan laut di sini berwarna biru kehijauan. Saking jernihnya Anda bisa melihat pemandangan bawah laut yang sangat indah. Pesona bawah laut Pulau Panjang paling menarik wisatawan untuk terus datang ke sini.

Saat berkunjung ke sini, Anda akan memiliki banyak fasilitas yang akan melengkapi pengalaman liburan Anda di pulau ini, salah satunya adalah berenang. Penyewaan peralatan menyelam dan snorkeling tersedia di sini, nikmati saja waktu Anda dengan berenang santai di pulau.

2. Ombak yang tenang sangat cocok untuk berenang

Selain memiliki pemandangan bawah laut yang indah, pulau ini juga memiliki ombak yang tenang, sehingga aman bagi anak-anak untuk bermain air dan berenang. Keindahan pulau ini sangat cocok dinikmati bersama teman atau keluarga.

3. Melakukan wisata religi

Aktivitas di Pulau PanjangKredit gambar: Google Maps Agung Budiarto

Selain destinasi wisata alam, disini juga terdapat wisata religi yang tidak pernah sepi pengunjung. Ada makam milik Waliyullah Al Habib Abubakar bin Ahmad bin Syekh bin Yahya Baalawi di pulau ini. Hal ini membuat popularitas pulau wisata ini semakin berkembang.

4. Ada hutan hujan

Seperti yang Anda ketahui, pulau ini masih belum memiliki penduduk tetap hingga saat ini. Dilaporkan bahwa ada 8 orang yang tinggal di Pulau Panjang, yaitu 2 penjaga makam, 5 penjaga mercusuar dan seorang wanita yang telah lama tinggal di pulau kecil itu.

Selama ini selain mereka, hanya ada turis yang bermalam dan pedagang kaki lima yang sering berjualan di sana. Berkat ini, keindahan pulau selalu terjaga. Pohon peneduh besar di sini antara lain pinus tua, pohon randu, pohon asam dan pohon dadap.

Pepohonan yang tumbuh dan alami membuat pemandangan di sini sejuk. Dan jika Anda beruntung, Anda akan menemukan banyak burung Kunthul membuat sarang di pepohonan.

Lingkungan hutan tropis ini sangat indah dan sangat cocok untuk berjalan-jalan di bawah pohon-pohon ini. Anda tidak perlu takut tersesat, di hutan ini telah dibentangkan jalan kecil yang akan membawa Anda berkeliling pulau dan melihat keindahan tempat ini.

Alamat dan petunjuk arah menuju lokasi Long Island

Alamat Pulau PanjangKredit gambar: Google Maps Jepara 998

Pulau Panjang yang terkenal dengan pemandangan bawah lautnya terletak di Jepara, lebih tepatnya di desa Ujung Batu, di tengah pulau Jawa. Anda bisa menemukan tempat ini tidak jauh dari pantai Kartini, hanya sekitar 2,5 kilometer saja. Pulau yang termasuk dalam daftar pulau-pulau kecil terkenal di Jawa Tengah ini memiliki dermaga dan mercusuar di sisi baratnya.

Mengunjungi pulau ini tidak sulit, lokasinya mudah ditemukan. Jika Anda memulai perjalanan Anda dari bandara atau di mana saja di kota Jepara, Anda hanya perlu naik kendaraan umum atau berkendara ke Pulau Kartini. Anda juga bisa melakukan hal yang sama jika tujuan Anda lebih dekat dengan Pantai Bandengan.

Setelah Anda tiba di salah satu pantai di atas, Anda perlu menyewa perahu untuk membawa Anda ke lokasi pulau eksotis ini.

Biaya Perjalanan Pulau Panjang Jepara

Biaya Perjalanan Pulau Panjang JeparaKredit gambar: Google Maps Muhammad Luqman Al Hakim

Baik tiket masuk maupun biaya perjalanan, dana yang perlu Anda keluarkan tidak berlebihan. Wisata ini juga terkenal dengan harga tiketnya yang murah.

Pertama-tama, jika Anda berada di kota Jepara dan ingin pergi ke Pulau Panjang dengan taksi, Anda akan dikenakan biaya sekitar 100.000 rupee. Anda dapat memilih antara berhenti di Pantai Kartini atau Pantai Bandengan. Setelah itu, Anda harus menyeberang dengan perahu ke pulau tujuan Anda.

Ongkos perahu di setiap pantai berbeda, misalnya jika Anda berangkat dari pantai Kartini, Anda akan naik perahu bersama pengunjung lain dengan biaya Rp13.000.

Selama ini, jika Anda melewati Pantai Bandengan, Anda akan dikenakan tiket sebesar 10.000 rupee per orang. Atau jika Anda melewati Pulau Prawean, Anda dapat menyewa perahu nelayan yang akan membawa Anda dengan harga 100.000 lebih, karena kapal ini memiliki bentuk yang agak lebar dan dapat menampung lebih banyak penumpang.

Untuk harga yang tertera diatas adalah salah satu cara, jika ingin mendapatkan jasa sewa perahu untuk pulang pergi harus membayar dua kali lipat dari harga aslinya.

Anda akhirnya tiba di pulau tujuan Anda. Tiket masuk di sini hanya 8.000 rupee per orang untuk segala usia. Sesampai di sana, Anda dapat menikmati liburan Anda dengan santai. Jika ingin berenang, ada tempat persewaan alat snorkling yang di kenakan biaya 50.000 untuk full set.

Jika ingin menikmati pesona hutan hujan di sini selain jalan kaki, Anda juga bisa menyewa sepeda seharga 20.000 per sepeda. Di pulau ini juga terdapat jasa penyewaan tenda bagi yang ingin bermalam sambil berlibur di bawah cerahnya langit Long Island. Biaya sewa tenda adalah 50.000 rupee untuk satu tenda.

Hal-hal menarik yang dapat dilakukan di Long Island

Aktivitas Pulau Panjang yang MenarikKredit gambar: Google Maps Fanti Saktini

1. Berenang santai

Dengan warna biru kehijauan dan air laut yang jernih, Anda bisa mengagumi pesona bawah laut pulau ini dengan mata telanjang. Ombaknya tenang dan cocok untuk berenang, Anda akan merasa nyaman di sana. Suasana sejuk karena dekat dengan hutan tropis akan merilekskan tubuh sejenak dari kesibukan Anda bekerja.

2. Berjalan melalui hutan hujan

Jika Anda puas berenang atau ingin berjalan-jalan, Anda bisa mengunjungi hutan hujan di tengah pulau ini. Jalan kecil dan panjang yang dibangun di sekitar pulau ini akan membawa Anda mengenal keindahan wilayah ini.

Jika Anda merasa lelah berjalan kaki, Anda juga bisa menyewa sepeda dan bersepeda keliling pulau. Jika Anda beruntung, Anda dapat menemukan populasi besar burung Kunthul yang hidup di pohon-pohon besar dan tinggi di sana.

3. Tetap di pulau

Fasilitas tenda untuk wisatawan telah disiapkan oleh pengelola Pulau Panjang. Dengan harga sewa yang terjangkau, Anda sudah bisa merasakan bagaimana rasanya bermalam di pulau tak berpenghuni yang keindahannya masih alami dan megah.

Ketika Anda berkunjung ke sini dan memutuskan untuk bermalam, jangan lupa untuk mengabadikan momen saat matahari terbenam dan matahari terbit. Pemandangan senja dan fajar di pulau ini sangat indah, tak kalah indahnya dengan pulau-pulau besar dan terkenal di sana.

4. Abadikan momen

Merupakan kewajiban bagi wisatawan untuk mengabadikan momen liburan berharga mereka, apalagi jika berkunjung ke Pulau Panjang yang sangat indah ini. Banyak spot foto bertebaran di tempat ini, ambil saja dengan sepenuh hati. Anda juga dapat berfoto bersama teman atau keluarga dengan latar belakang matahari terbenam.

Spot foto ini juga bisa dijadikan sebagai media promosi pulau itu sendiri. Mempostingnya di media sosial akan membantu tempat ini menarik lebih banyak wisatawan.

Penginapan murah di sekitar Long Island

Penginapan murah di sekitar Long IslandKredit gambar: Google Maps

1. Cinta di hotel dan resort

Dengan harga sewa 275.000 per malam, Anda sudah bisa mendapatkan kamar ber-AC, Wi-Fi gratis, dan makanan. Disini juga terdapat fasilitas private beach, jadi jika bosan bisa duduk di ayunan di pinggir pantai sambil menikmati pemandangan sunset.

Letak hostel ini sekitar 2,96 kilometer dari Pulau Panjang dan strategis dengan pantai lainnya. Lokasi tempat ini berada di Kabupaten Jepara tepatnya di Jalan Raya Tirta Samuda No 8. Dengan fasilitas tersebut, Anda bisa beristirahat dengan nyaman.

2. Hotel D’Season Premiere

Terletak di pusat kota Jepara, tepatnya di Jalan Priwisata No. 09 Bandengan, Anda akan menemukan bahwa hotel ini menghadap Pantai Bandengan. Dengan harga sewa kamar 522.500 per malam, Anda sudah bisa menikmati fasilitas yang cukup mewah. Di tempat ini terdapat kolam renang yang bisa dinikmati kapan saja.

Jika bosan, Anda juga bisa bermain di Pantai Bandengan. Jika Anda ingin menginap di dekat pantai, Anda bisa memilih tempat ini. Pemandangan yang didapat dari balkon yang menghadap ke laut akan sangat indah.

3. Samudra Hotel & Restoran

Berlokasi di Jalan Pemandian Kartini No 08, hostel ini bisa Anda temukan jika sedang berlibur di pusat kota Jepara. Dengan harga sewa kamar Rs 169.250 dan jarak 2,52 kilometer dari Pulau Panjang, sedangkan hostel ini lebih dekat dengan Pantai Kartini.

Anda akan menikmati kamar ber-AC, Wi-Fi gratis, toilet dalam ruangan, dan parkir gratis untuk setiap tamu hostel. Jika Anda mencari akomodasi murah tapi berkualitas maka Anda bisa pergi ke tempat ini.

Fasilitas yang tersedia di Pulau Panjang Jepara

Fasilitas di Pulau Panjang JeparaKredit gambar: Google Maps Apt. Leo Pata Ritandoko, Pertanian S.

Sebagai tempat liburan para wisatawan, Pulau Panjang sangat memenuhi kebutuhan mereka. Fasilitas liburan tidak terlalu lengkap, hanya peralatan snorkeling, tenda dan sepeda. Para wisatawan tersibuk tidak akan mengesampingkan penambahan fasilitas untuk memberikan kenyamanan kepada pengunjung.

Sementara itu, fasilitas tambahan seperti toilet dan mushola juga aman. Meski dengan tempat yang kecil, setidaknya fasilitas ini harus ada di setiap tempat wisata. Ada juga dermaga dan mercusuar yang terletak di bagian barat pulau.

Juga, karena pulau ini jauh dari daratan, tidak mungkin untuk memiliki restoran di sini, jadi Anda harus membawa makan siang sendiri dari rumah. Atau kalau tidak mau repot, ada banyak penjual makanan ringan dan berat di sini. Mereka sangat antusias saat menjual dagangannya dan memberikan pengunjung.

Long Island adalah salah satu dari sekian banyak destinasi di Jepara. Pulau ini masih sangat asri dan alami. Kedepannya, jika banyak wisatawan mengenal dan berlibur di pulau ini, maka pulau ini akan berkembang pesat dan menjadi tempat yang lebih indah dan nyaman.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button