Taman Balekambang, yang pernah menjadi taman terbaik di Asia Tenggara, dihidupkan kembali - WisataHits
Jawa Tengah

Taman Balekambang, yang pernah menjadi taman terbaik di Asia Tenggara, dihidupkan kembali

SOLO, KOMPAS.com – Revitalisasi Taman Balekambang, Kota Solo, Jawa Tengah akan dilakukan sesaat setelah penandatanganan kontrak proyek pada 22 Agustus 2022.

Proyek yang digelar Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) itu menelan anggaran Rp 198 miliar dengan berbagai renovasi bertahap.

Baca Juga: Gibran Ingin Pelaku Balap Mobil Ditangkap Polisi Berakhir dengan Permintaan Maaf Kepada Warga Solo

Proyek ini akan mengembalikan martabat Taman Wisata Puro Mangkunegaran yang pernah menjadi taman terbaik di Asia Tenggara.

Taman Balekambang dibangun pada masa pemerintahan KGPAA Mangkunagoro VIII pada tanggal 26 Oktober 1921. Taman ini dibangun sebagai wujud cinta KGPAA Mangkunagoro VII kepada kedua putrinya, GRAy Partini dan GRAy Partinah.

Revitalisasi akan dilakukan secara bertahap dalam beberapa tahun ke depan karena propertinya cukup besar yaitu 10,26 hektar.

“Penandatanganan kontrak pada 22 Agustus 2022 menerapkan PUPR secara bertahap. (Nilai kontraknya) ratusan miliar, Rp 198 miliar, ini urusan kami, bukan kami (pemkot),” kata Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakoso di Taman Balekambang, Sabtu (20/8/2022).

Selama revitalisasi, Taman Balekambang ditutup sementara. Tidak ada aktivitas masyarakat selama revitalisasi.

Sementara itu, desain proyek revitalisasi Taman Balembang memadukan unsur seni dan budaya, taman outdoor, sentra UMKM dan pameran produk berkualitas dari kota Solo.

“Harus ditutup karena akan mengganggu alat berat yang ada. Setelah kontrak ditandatangani, penataan alat akan dibongkar dulu,” ujarnya.

Secara keseluruhan, kata Teguh, keberadaan proyek unggulan yang masuk dalam daftar 10 prioritas pembangunan kota Solo akan meningkatkan pendapatan APBD Kota Solo. Karena sebelum revitalisasi, masuknya gratis.

“Kalau di sini tidak ada PAD, masuk ke sini gratis. Besok akan ditata dengan baik, mungkin tiketnya akan sama. (Rentang) Belum, ada tiketnya sendiri, berapa yang masuk kita belum bisa memastikan” , jelas Teguh.

Baca Juga: Viral Video Aksi Balap Mobil Liar di Solo Marah Warga, Gibran dan Polisi Cari Pelaku

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan Taman Balekambang juga akan menjadi pusat kebudayaan Jawa.

“Semua yang ada sudah diatur. Tidak hanya taman tetapi juga pusat kebudayaan Jawa. Juga tempat pertunjukan. Itu sebelum kita lahir, termasuk saya, itu (Taman Balekambang) adalah taman terbaik di Asia Tenggara ketika Mangkunegoro mengembalikannya, ”jelas Basuki Hadimuljono, Minggu (16/7.2022).

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Jom join grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: regional.kompas.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button