Disampaikan ke Kemenpan, Harpitnas akan menjadi hari libur nasional - WisataHits
Yogyakarta

Disampaikan ke Kemenpan, Harpitnas akan menjadi hari libur nasional

Disampaikan ke Kemenpan, Harpitnas akan menjadi hari libur nasional

Harianjogja.comJAKARTA – Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno terus mendorong agar Hari Jepit Nasional atau yang biasa dikenal dengan Harpitnas menjadi hari libur nasional.

Usulannya sudah disampaikan ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Bentuk Birokrasi (KemenPAN RB) beberapa waktu lalu.

“Kita juga sudah serahkan ke KemenpanRB, ternyata itu Miss Nia Deputi Kebijakan Strategis untuk bola ini, bagaimana mungkin kita awali tahun ini dengan beberapa libur dulu tidak semua,” kata Sandiaga dalam The Weekly Brief With Sandi Uno, dikutip Selasa ( 17-01-2023).

BACA JUGA: PNS BANTUL: Tidak Ada ‘Harpitnas’!

Ia mencontohkan hari libur yang jatuh pada hari Sabtu, dimajukan menjadi hari Jumat, atau diundur ke hari Senin jika hari libur tersebut jatuh pada hari Minggu. Sementara itu, perayaan keagamaan dapat dilakukan pada hari itu sendiri.

Menurutnya, jika diterapkan secara berkelanjutan, langkah ini bisa berdampak pada pergerakan pariwisata. Di sisi lain, wacana Harpitnas bisa menjadi salah satu strategi untuk mencapai target 1,4 miliar perjalanan wisatawan domestik (wisnus) tahun ini.

Selain itu, dia optimistis harpitnas bisa meningkatkan produktivitas dan menyegarkan pikiran masyarakat. Keyakinan tersebut bahkan telah dibuktikan oleh penelitian bahwa setelah liburan panjang, pikiran menjadi segar dan produktivitas lebih tinggi dibandingkan sebelum liburan.

“Sudah ada referensi ilmiahnya,” ujarnya.

Wacana Harpitnas sendiri pertama kali disampaikan Sandiaga melalui kicauan di akun Twitter @sandiuno miliknya pada awal Januari 2023.

BACA JUGA: Kelurahan Pakuncen Bentuk Satgas Gerakan Nol Sampah

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini menilai kerja dan liburan perlu diseimbangkan. Liburan pun tidak harus keluar kota. Waktu liburan bisa dimanfaatkan masyarakat untuk sekedar beristirahat di rumah atau mengunjungi tempat wisata di dekat tempat tinggalnya untuk mengisi liburan di hari-hari padat.

Selain destinasi wisata yang akan dipenuhi wisatawan, Harpitnas juga ditujukan untuk meningkatkan pendapatan UMKM serta menciptakan lapangan kerja dan peluang usaha sebanyak-banyaknya.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita

Sumber: Bisnis.com

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button