Dinas Pariwisata Riau umumkan 15 desa wisata terbaik 2022, berikut daftarnya - WisataHits
Jawa Barat

Dinas Pariwisata Riau umumkan 15 desa wisata terbaik 2022, berikut daftarnya

Minggu 25 Desember 2022 | 09:49 WIB

| penulis :

Buku catatan : Kuznadi

Pekanbaru, InfoPublik – Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Riau telah mengumumkan 15 besar desa wisata di daerah yang dijuluki Bumi Lancang Kuning. Penilaian atau kurasi desa liburan dilakukan oleh juri yang berkompeten.

Proses evaluasi desa wisata dilakukan pada bulan Agustus hingga Desember. Dari 133 desa liburan di Riau, 102 desa liburan telah mendaftar untuk proses evaluasi.

Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Riau Roni Rakhmat mengatakan, tujuan evaluasi Desa Wisata 2022 merupakan bentuk pengakuan Gubernur Riau, sekaligus memberikan pembinaan kepada pengelola desa wisata.

“Ada 15 desa wisata yang lolos kurasi. Pelaksanaan kegiatan Apresiasi Desa Wisata Riau tahun 2022 ini bertujuan untuk memberikan apresiasi dan pembinaan kepada pengelola desa wisata di Provinsi Riau,” kata Roni, Jumat sore (23/12/2022). .

Ia mengungkapkan, kegiatan ini juga untuk meningkatkan potensi desa wisata yang telah bangkit dan muncul sebagai komoditas unggulan produk wisata unggulan di Riau.

“Evaluasi dilakukan dalam dua tahap seleksi hingga terpilih 15 desa wisata besar. Kami berharap 15 desa wisata ini bisa mengikuti Anugerah Desa Wisata Nasional Indonesia 2023,” kata Roni Rakhmat.

Ia mengatakan dalam pengakuannya pihaknya memiliki hadiah juara 1 Rp 20 juta, juara 2 Rp 15 juta, juara 3 Rp 10 juta. Kemudian untuk kategori desa wisata Unggul 1 Rp 5 juta dan Unggul Rp 4 juta.

Kelima juri kurasi tersebut adalah ketua dewan juri, Dr. Ir Eni Sumiarsih, MSc dari Sekolah Tinggi Pariwisata Riau, Asesor Magister, Osvian Putra, Praktisi Bidang Kuliner, Alfa Frisa, Praktisi Bidang Digital, Faqih Oktamaulana, S Kom, dan Dewan Juri Kehormatan Kadispar Riau, Roni Rakhmat.

Penetapan pemenang Apresiasi Desa Wisata Riau didasarkan pada 7 kategori antara lain kategori Homestay, Daya Tarik Pengunjung, Digital Kreatif, Cinderamata, Toilet Umum. Kemudian kategori kelembagaan Desa dan kategori Hygiene, Health, Safety, Environment (CHSE).

Penghargaan tersebut diserahkan pada Jumat siang (23/12/2022) langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata Riau di Desa Wisata Bangko Mukti, Kecamatan Bangko Pusako, Kabupaten Rokan Hilir, Riau.

Terpisah, Gubernur Riau Syamsuar mengucapkan selamat kepada 15 desa liburan yang berhasil lolos evaluasi. Ia berharap kegiatan ini dapat memotivasi pengelola desa wisata lainnya.

“Selamat kepada desa wisata yang lolos kurasi. Mudah-mudahan ini bisa memotivasi desa-desa lain di Riau,” ujarnya.

Dikatakannya, Riau memiliki banyak desa wisata. Padahal, pihaknya telah memiliki program bantuan keuangan khusus (BKK) untuk desa sejak 2019.

Diharapkan dengan adanya program BKK ini dapat membantu pemerintah desa untuk mengembangkan perekonomian desa, merevitalisasi Badan Usaha Milik Desa (BumDes) dan sektor pariwisata,” ujarnya.

Perkembangan BumDes di Provinsi Riau sangat terasa setelah program BKK Desa dicanangkan sejak awal kepemimpinannya. Total anggaran yang dikucurkan mencapai lebih dari Rp 851 miliar untuk 1.591 desa di Riau.

Diketahui, program bantuan BKK Pemprov Riau disalurkan ke 1.591 desa pada tahun 2019 dengan nilai Rp 200 juta per desa.

Pada tahun 2020 tercatat mengalami penurunan akibat dampak pandemi COVID-19. BKK kemudian membayar Rp 85 juta per desa. Sedangkan BKK yang disalurkan akan meningkat menjadi Rp 100-150 juta per desa pada 2021.

Jumlah tersebut disalurkan berdasarkan klasifikasi BUMDes dengan empat kategori yaitu Basic, Growth, Development dan Advanced.

Pada 2023, Pemprov Riau mengalokasikan kembali BKK lebih dari Rp 278 miliar ke desa-desa. Anggaran bantuan meningkat lebih dari Rp 238 miliar sejak 2022, dengan rata-rata Rp 150 juta per desa.

Berikut 15 desa wisata terbaik di provinsi Riau:

1. Guru 1, Bukit Batu Bengkalis.

2. Juara 2 Bangko Mukti Rokan Hilir.

Juara 3, Bokor Kepulauan Meranti.

4. Desa Wisata Unggulan Kategori Digital Kreatif 1 Langsat Inhu Rantau.

5. Desa Wisata Kategori Digital Kreatif, Aliantan Rohul.

6. Desa Wisata Terpilih 1 kategori souvenir kreatif ala Pelalawan.

7. Desa Wisata Pilihan 2 Kategori Cinderamata Kreatif Mundam Dumai.

8. Desa Wisata Terpilih 1 kategori kelembagaan, Mempura Siak.

9. Desa Wisata Terpilih 2 kategori kelembagaan Tionghoa Buluh Kampar.

10. Desa Wisata Unggulan 1 Kategori Objek Wisata, Bono Pelalawan.

11. Desa Wisata Unggulan untuk 2 kategori atraksi, Teluk Dalam Inhil.

12. Desa Wisata Unggulan Juara 1 kategori WC dan Juara 2 kategori CHSE Kampung Bandar Pekanbaru.

13. Desa Wisata Sorotan 2 kategori WC, Sungai Kelelawar Kuansing.

14. Desa Wisata Unggulan 1 Kategori Homestay di Tanjung Belit Kampar.

15. Desa Wisata Terpilih 2 untuk kategori Homestay dan 1 untuk kategori CHSE, Tanjung Punak Bengkalis.

(Pusat Media Riau/MC Riau)

Anda dapat mengirim ulang, menulis ulang, dan/atau menyalin konten ini asalkan sumbernya disebutkan InfoPublik.id

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button