Workshop Pengabdian Masyarakat UMJ Perkuat UMKM dan Bumdes Kuripan Bogor - WisataHits
Jawa Barat

Workshop Pengabdian Masyarakat UMJ Perkuat UMKM dan Bumdes Kuripan Bogor

KOMPAS.com – Program Kegiatan Masyarakat Program Kemitraan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) menyelenggarakan workshop bagi Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), Kelompok Tani dan Pengusaha UMKM di Desa Kuripan, Ciseeng, Kabupaten Bogor.

Lokakarya bertajuk “Pemberdayaan Kepemimpinan Bumde dan Pelatihan Branding dan Kemasan untuk UMKM” ini didanai oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi pada tahun 2022.

Sebagai informasi: Desa Kuripan merupakan desa binaan UMJ yang menjadi mitra resmi Program Pengembangan dan Pemberdayaan Desa Holistik (PHP2D) sejak tahun 2020.

Kerjasama keduanya dalam pelaksanaan Dharma Catur sudah berlangsung sejak tahun 2018 melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Workshop dilaksanakan di Kantor Desa Kuripan (08.09.2022) dan menghadirkan dua pembicara dari praktisi yaitu Deden Rahmanudin (Asisten dan Pemberdayaan Kementerian Desa dan Direktur Bumdes Samigi) dan Oktaviana Purnamasari (Dosen Ilmu Komunikasi FISIP UMJ dan anggota Pengabdian kepada Masyarakat) Program).

Saat itu, Lusi Andriyani, Ketua Program Pengabdian kepada Masyarakat, mengatakan program yang sedang berjalan adalah dana hibah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi di bawah pemberdayaan masyarakat.

“Program ini tidak datang tiba-tiba. Para peserta lokakarya di sini didukung oleh hibah yang diterima dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Usulan kami diterima dan diberikan fasilitas pemberdayaan masyarakat,” jelas Lusi dalam sambutannya.

Selain itu, Lusi juga menjelaskan bahwa potensi desa Kuripan dapat dikembangkan salah satunya dengan memanfaatkan potensi daerah berupa sungai untuk dijadikan desa wisata.

Berdasarkan penjelasan Lusi, program pengabdian masyarakat ini mencakup peran mahasiswa lintas akademik antara lain Ilmu Komunikasi (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik), Agribisnis (Fakultas Pertanian), dan Arsitektur (Fakultas Teknik).

Baca Juga: Dengan Dana Ratusan Miliar, Inilah Timeline Program Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat 2022

“Keterlibatan mahasiswa terkait dengan kebutuhan program, antara lain pendampingan UMKM dan pengembangan desa wisata,” jelas Lusi.

Source: www.kompas.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button