Di usianya yang ke-26, XL Axiata tetap konsisten menjalankan program CSR - WisataHits
Jawa Tengah

Di usianya yang ke-26, XL Axiata tetap konsisten menjalankan program CSR

arenaLTE.com – XL Axiata yang memasuki usia 26 tahun untuk mengabdi kepada masyarakat Indonesia kembali menegaskan tekadnya untuk terus mendukung visi pemerintah mewujudkan masyarakat “Indonesia yang lebih baik”. Untuk itu, sesuai dengan tema HUT ke-26 #AdaUntukIndonesiaAdaForKitaAll, XL Axiata tidak henti-hentinya memberikan dukungan sosial selama 2 tahun untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia di pelosok tanah air.

XL Axiata telah menyelenggarakan berbagai program sosial, baik yang terkait langsung dengan sektor telekomunikasi, maupun program khusus yang sangat dibutuhkan masyarakat, seperti pusat vaksinasi Covid-19.

President Director & CEO XL Axiata, Dian Siswarini mengatakan: “XL Axiata adalah bagian dari masyarakat Indonesia. Selain menjalankan kegiatan bisnis, demi Indonesia yang lebih baik, kita juga tidak bisa menutup mata terhadap isu-isu sosial yang terjadi di sekitar kita atau yang menjadi isu nasional, seperti penanganan Covid-19 kemarin.”

Dian melanjutkan, program Corporate Social Responsibility (CSR) dilaksanakan secara luas berdasarkan kebutuhan masyarakat, cakupan layanan XL Axiata, dan keterampilan dan keahlian XL Axiata, antara lain. Berbagai program sosial telah dilaksanakan dalam 3 tahun terakhir, memberikan manfaat bagi lebih dari 1,5 juta orang di hampir seluruh wilayah Indonesia.

Sejumlah inisiatif saat ini sedang dilakukan dalam bentuk program CSR yang terukur dan berkelanjutan dengan fokus pada dukungan di bidang pendidikan, pemberdayaan perempuan, nelayan, usaha mikro dan menengah dan bantuan darurat bagi korban bencana alam. Adapun program CSR di bidang pendidikan adalah:

Akademi Madrasah Digital, sebuah program pengembangan bakat lokal yang ditujukan untuk siswa Madrasah Aliyah (tingkat SMU) bekerja sama dengan Kementerian Agama RI. Memberikan pelatihan soft skill dan hard skill untuk dapat mengembangkan produk solusi digital kelas industri dan memecahkan permasalahan kearifan lokal yang ada di daerahnya masing-masing berkembang dengan menjadi teknologi IoT (Internet of Things).

XL Future Leaders (XLFL) yang hingga tahun ini telah meluluskan lebih dari 1.100 peserta, menelurkan 75 proyek IoT dan AIoT, serta secara langsung dan tidak langsung memberikan manfaat kepada lebih dari 1 juta siswa

Melalui program XL Axiata Baik dan Bersama Membangun Negeri, karyawan XL Axiata berbagi dan mengajar. Beberapa materi yang diberikan antara lain Public Speaking, Internet Sehat, Cara Mudah Membuat Website, Membuat Konten Foto Bagus di Media Sosial, dan Internet of Things (IoT).

Donasikan laptop, router, dan internet gratis ke pondok pesantren di seluruh Indonesia agar santri juga bisa digital-ready. Program pemberdayaan masyarakat meliputi:

Sisternet bekerja sama dengan Kementerian PPPA RI dan pihak swasta fokus pada peningkatan keterampilan perempuan Indonesia di era digital, baik dari segi pengetahuan, pelatihan maupun permodalan. Sejak 2015, lebih dari 200.000 wanita telah mengikuti kursus Sisternet untuk meningkatkan keterampilan mereka. Saat ini, aplikasi Sisternet telah digunakan oleh lebih dari 57.000 pengguna.

Menurut Nusantara, fokusnya adalah pada komunitas nelayan dan keluarganya untuk meningkatkan taraf hidup mereka. Dalam program ini, XL Axiata membuat aplikasi Laut Nusantara yang memiliki fitur-fitur yang memudahkan nelayan kecil menangkap ikan di laut dengan aman. Sejak diluncurkan pada 2018, aplikasi Laut Nusantara telah diunduh lebih dari 62.000 kali dengan 57.213 pengguna aktif dan disosialisasikan di lebih dari 500 desa nelayan di seluruh Indonesia.

Digital Nusantara Village merupakan bentuk dukungan XL Axiata terhadap upaya pemerintah mempercepat adopsi digital masyarakat di pelosok pedesaan. Peluncuran berlangsung di Desa Tanjung Pakis, Kecamatan Pakis Jaya, Prefektur Karawang dengan memanfaatkan fasilitas digital sehingga mereka siap masuk dan merasakan manfaat dari ekonomi digital. Program sosial karyawan melalui MTXL:

Pelatihan dan pemberdayaan masyarakat pedesaan meliputi pelatihan peternakan ayam di Jawa Timur, penguatan perkebunan hortikultura di Sumatera Selatan, penguatan usaha air mineral di Madura, pemberdayaan ikan gurame di Jogja, pemberdayaan kambing di Sulawesi Tengah, wisata hijau di Lampung dan pemberdayaan Penyandang Disabilitas di Kalimantan Timur.

Pembangunan jembatan desa di Desa Talang Lubuk, Kecamatan Sumber Marga Telang, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan.

Pembangunan Masjid di Desa Blang Beurandang, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, dan Dusun Claket, Desa Bulugunung, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Pembangunan Jembatan di Lebak, Banten Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya di Sebongkup, Kalimantan Barat.

Pelajaran Sekolah di Desa Matfa, Langkat, Sumatera Utara Sumbangan untuk anak yatim, donor darah, khitanan massal. Menghadapi Covid-19 XL Axiata juga terlibat aktif mendukung upaya pemerintah dalam penanganan Covid-19 selama periode 2020-2021. Berikut beberapa program yang telah dilaksanakan:

Pembangunan “Pusat Vaksinasi Kebangkitan Indonesia” di Depok bekerjasama dengan UI dan RSUI untuk komunitas Jabodetabek, “Pusat Vaksinasi Kebangkitan Indonesia” di Medan bekerjasama dengan Rumah Sakit Umum Pusat H Adam Malik dan Kota Medan. Sebanyak 91.000 dosis vaksin telah dibagikan kepada masyarakat.

Bantuan BNPB sebesar Rp 10,8 miliar berupa dana dan berbagai Alat Pelindung Diri (APD) serta bantuan akses komunikasi.

Penguatan jaringan di sekitar fasilitas penanganan Covid-19.
XL Axiata juga telah memberikan donasi kepada masyarakat nelayan di Banten, Bali, Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Maluku dan Papua Barat yang terdampak Covid-19.

Bagi pelajar, XL Axiata juga menawarkan ribuan paket akses internet pembelajaran jarak jauh gratis untuk mendukung pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Selain itu, terdapat 500 unit smartphone dan kuota data untuk pelajar di beberapa kota di Indonesia.

Bagi masyarakat yang menjadi korban bencana alam, XL Axiata juga berupaya untuk terlibat aktif dalam memberikan bantuan darurat dan akses internet dan telepon untuk berkomunikasi dengan masyarakat yang terkena dampak bencana. Bantuan atau donasi tersebut terkait dengan banjir bandang di Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan, Jawa Tengah dan Jawa Barat, letusan Gunung Semeru di Jawa Timur, letusan Gunung Ile Lewotolok, Nusa Tenggara Timur, Gempa di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat dan gempa Sulawesi . Ada pula penyediaan jaringan telekomunikasi untuk mendukung evakuasi korban jatuhnya Sriwijaya Air SJ-182 di perairan laut Kepulauan Seribu.

Fokus pada pengalaman digital pelanggan
Selain program sosial perusahaan yang memasuki usianya yang ke-26, XL Axiata juga terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada pelanggan melalui berbagai program, salah satunya implementasi customer experience dengan memberikan pengalaman digital terbaik bagi pelanggan melalui berbagai Inisiatif yang dihadirkan, mulai dari memfasilitasi masukan pelanggan melalui Net Promoter Score (NPS) real-time, berguna untuk mengukur loyalitas pelanggan, menerima masukan untuk berinovasi sesuai kebutuhan pelanggan.

XL Axiata menggunakan masukan pelanggan sebagai ide untuk inovasi lebih lanjut untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan pengalaman digital. Salah satu fitur baru yang dihasilkan dari inovasi ini adalah pulsa darurat yang tersedia di aplikasi myXL dan AXISNet.

Dengan fitur ini, pelanggan XL dan AXIS kini tetap bisa berkomunikasi saat pulsa habis. Dengan pulsa darurat, pelanggan dapat meminjam serangkaian pulsa, menggunakan pulsa untuk permintaan internet, telepon, atau SMS, dan kemudian membayarnya di kemudian hari. Dengan adanya fitur ini, kami berharap seluruh pelanggan XL Axiata dapat terus berkomunikasi dengan nyaman. Segala upaya untuk memberikan kemudahan berkomunikasi dengan fitur-fitur baru merupakan wujud nyata implementasi Customer Experience (CX) di XL Axiata.

Source: arenalte.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button