Di tangan Jokowi, proyek Soekarno-Suharto bersinar - WisataHits
Jawa Timur

Di tangan Jokowi, proyek Soekarno-Suharto bersinar

Jakarta, CNBC Indonesia – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan anak buahnya memoles sejumlah proyek besar warisan pendahulunya, Presiden Soekarno dan Presiden Soeharto. Program revitalisasi gedung infrastruktur ikonik dengan anggaran hingga triliunan rupiah kini membuat proyek-proyek bersejarah tersebut bersinar.

Program revitalisasi ini bertujuan untuk menjaga kualitas bangunan yang telah berusia puluhan tahun. Selain itu, untuk mengembalikan kejayaan tempat-tempat yang pernah dikunjungi orang di masa lampau.

1. Indonesia Indah di Taman Mini

Penataan dan revitalisasi infrastruktur di kawasan TMII terutama untuk persiapan kepresidenan Indonesia pada KTT G20 November mendatang. Sekaligus meningkatkan pelayanan TMII sebagai destinasi wisata rakyat sejak tahun 1975.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

2. Pendakian Bung Karno

Presiden Joko Widodo juga merenovasi Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) pada 2018 sebagai persiapan menghadapi XVIII. Asian Games di Jakarta dan Palembang. Pekerjaan renovasi telah dilakukan Kementerian PUPR sejak 2016 dengan biaya Rp 769,7 miliar.

Stadion yang dibangun pada era Presiden Soekarno ini kini memiliki facelift yang sangat berbeda dengan sebelumnya. Saat ini pembangunan lapangan basket dalam ruangan internasional baru. Dimana pada tahun 2023.

3.sarina

Sarinah merupakan pusat perbelanjaan pertama di Indonesia. Gedung yang dibangun pada tahun 1960-an pada era Presiden Soekarno ini kini telah diubah menjadi bangunan yang lebih modern dan memiliki banyak area umum yang sering dikunjungi oleh masyarakat Jakarta saat ini.

Mal ini diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 14 Juli 2022, dengan proses pemugaran diperkirakan menelan biaya sekitar Rp 700 miliar.

4. Masjid Istiqlal

Revitalisasi Istiqlal dilakukan pertama kali pada tahun 2019. Renovasi Masjid Istiqlal dilakukan 42 tahun lalu. Salah satu masjid terbesar di Indonesia ini dibangun pada 22 Februari 1978.

Lingkup pekerjaan renovasi Masjid Istiqlal meliputi pekerjaan zonasi, pekerjaan struktur, pekerjaan arsitektural, instalasi mekanikal elektrikal (MEP), pekerjaan dekorasi interior dan pekerjaan signage dengan anggaran Rp 475 miliar. Renovasi Masjid Istiqlal ini merupakan tindak lanjut perintah Jokowi menyusul kunjungan Perdana Menteri India Narendra Modi ke Masjid Istiqlal pada 30 Mei 2018 lalu.

5. SPAM Umbulan

Jokowi akhirnya meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Senin (22/3/2021) lalu.

Proyek ini seharusnya dibangun pada tahun 1973, meskipun belum mencapai realisasinya. Kemudian, di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), pemerintah melanjutkan proyek ini sejak 2010 dan prakualifikasi setahun kemudian pada 2011.

SPAM Umbulan merupakan proyek sistem penyediaan air minum pertama yang menggunakan program Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) dan telah masuk dalam Proyek Strategis Nasional dan Proyek Prioritas.

[Gambas:Video CNBC]

artikel berikutnya

Yuk, kenali lebih dekat wajah baru Sarinah!

(dce)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button