Pantai Nirwana Baubau, pantai yang mempesona dan air laut tiga warna - WisataHits
wisatahits

Pantai Nirwana Baubau, pantai yang mempesona dan air laut tiga warna

Harga tiket: Rp2.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Sulai, tetangga. Betoambari, Kota Bau-Bau, Sulawesi Tenggara; Kasus: Cek lokasi

Pantai Nirwana Baubau merupakan pantai pasir putih yang indah. Perpaduan pasir putih yang sangat menawan, air laut yang jernih dan deburan ombak pantai dapat menenangkan siapa saja yang menikmatinya. Selain keindahan alam yang disuguhkan, pantai ini hampir tidak memiliki karang. Hal inilah yang membuat ombak laut di sekitar pantai sangat tenang.

Karena ombaknya yang tenang dan tidak terlalu besar, Anda bisa dengan santai bermain air dan berenang di kawasan pantai ini. Selain itu, ada juga pemandangan pulau yang indah yang bisa dilihat tidak jauh dari pantai ini, yaitu Pulau Kadatua dan Pulau Siompu. Pemandangan pulau-pulau kecil ini akan semakin melengkapi keindahan Pantai Nirwana.

Objek wisata bahari ini sangat cocok untuk liburan bersama pasangan, bersama keluarga atau teman. Selain karena tempatnya yang indah dan asri, masih banyak hal menarik dan seru lainnya yang bisa kamu lakukan seperti melihat sunrise dan sunset dan masih banyak lagi, jadi kamu pasti akan sangat senang sekali untuk bisa sampai ke pantai ini.

Atraksi Pantai Nirvana

Atraksi Pantai NirvanaKredit gambar: Google Maps Fajar Syarif

1. Keindahan alam dan air tiga warna

Pemandangan pantai yang indah menjadi daya tarik utama dari objek wisata ini. Keindahan ini juga tercipta dari kebersihan pantai yang begitu terjaga dengan baik.

Karena kebersihannya yang sangat terjaga, Pantai Nirwana memiliki warna pantai yang sangat terang dengan kombinasi tiga warna yaitu putih, biru muda dan pirus yang sangat menakjubkan. Deretan pohon kelapa di tepi pantai dan butiran pasir putih yang lembut menambah rasa kesegaran, kebersihan dan keindahan pantai ini.

2. Gua Alam Moko

Pantai tunggal ini juga memiliki daya tarik lain yang tak kalah menarik, yakni keberadaan goa. Jika Anda suka menjelajah, maka Anda harus melihat Gua Moko di sekitar pantai ini. Anda dapat berjalan kaki singkat ke selatan untuk menemukan gua ini. Berjalan menyusuri Gua Moko, Anda akan mendapatkan pengalaman tak terlupakan di pantai ini.

Atraksi yang dimiliki Pantai NirvanaKredit Gambar: Google Maps ORleg Peronkov

3. Matahari terbit dan terbenam yang romantis

Selain keindahan alam yang alami, Pantai Nirwana juga menawarkan tempat terbaik untuk menikmati matahari terbit dan terbenam. Lokasi pantai ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat menikmati momen yang ditunggu-tunggu setiap orang yaitu sunrise dan sunset.

4. Terapi air laut

Pantai ini tidak hanya menjadi tempat wisata, namun ada beberapa orang yang datang ke sini untuk melakukan terapi dengan berendam di air pantai. Air pantai ini dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit, seperti gangguan pernafasan, asma dan masih banyak lagi yang lainnya.

Meski belum ada yang bisa membuktikan kebenaran teori ini, banyak orang masih ingin berendam di air pantai dan berharap akan khasiat penyembuhannya.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai NirvanaKredit gambar: Google Maps Oleg Peronkov

Pantai Nirwana secara administratif terletak di Desa Sula, Kecamatan Betoambari, Bau-Bau, Sulawesi Tenggara. Pantai ini berada pada jarak yang tidak terlalu jauh dari pusat Kota Bau-bau, yaitu sekitar 9 kilometer atau sekitar 15 menit. Lokasi pantai ini dengan bandara Baubau juga cukup dekat, hanya sekitar 10 menit saja.

Akses dan pelayanan menuju pantai ini juga cukup mudah, karena terdapat banyak penunjuk arah untuk membantu anda menemukan lokasi pantai ini. Untuk rutenya, Anda bisa melintasi perbukitan Kota Bau Bau sambil menikmati keindahan pemandangan alamnya. Perjalanan ini berada di jalan aspal yang mulus dan mudah dilalui.

Untuk menuju pantai ini, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor. Selain itu, ada juga angkutan umum yang bisa Anda gunakan, seperti ojek. Ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang malas mengendarai kendaraan pribadi atau tidak membawa kendaraan.

Harga tiket masuk wisata pantai

Harga Tiket Pantai NirvanaKredit Gambar: Google Maps Man Zazg

Saat memasuki kawasan wisata, tentunya Anda akan dikenakan biaya masuk. Namun anda tidak perlu khawatir, karena untuk memasuki kawasan Pantai Nirwana tidak perlu merogoh kocek yang cukup. Anda bisa langsung masuk ke pantai cantik ini dengan biaya masuk yang sangat nyaman

Pantai ini merupakan salah satu alternatif pilihan wisata murah di Kota Bau Bau. Namun meski murah, pemandangan dan suasana yang ditawarkannya sangat mahal. Mahal di sini berarti keindahan alam yang tidak bisa dibayar. Karena tidak bisa ditawar lagi bahwa zona ini memang merupakan zona penyejuk hati dan penyegaran jiwa.

Aktivitas Seru Yang Bisa Dilakukan Di Pantai Nirwana

Aktivitas Seru di Pantai NirvanaKredit gambar: Google Maps Rudi Rahmat

1. Menyelam di ombak yang tenang

Ombaknya yang relatif tenang juga menjadi salah satu daya tarik tempat ini. Anda bisa berenang atau sekedar bermain air di dekat pantai dengan aman. Jika masih takut, Anda juga bisa menggunakan jaket pelampung jika ingin berenang dengan keamanan yang lebih terjamin. Selain itu, karena ombak di pantai ini relatif tenang, Anda juga bisa snorkeling atau snorkeling di kedalaman yang lebih dalam.

2. Main pasir putih

Pantai Nirwana memiliki hamparan pasir yang cukup luas. Pasir putih di sini juga cukup halus, sehingga sangat nyaman untuk dipegang dan dimainkan. Anda yang membawa anak-anak juga bisa mengajak mereka bermain pasir dengan membuat bentuk dan membangun istana pasir. Mengubur kaki di pasir lembut ini juga bisa menjadi hal yang menyenangkan untuk dilakukan.

Kredit Gambar: Habirun Instagram

3. Mencari Fajar dan Senja

Pantai ini juga bisa menjadi rekomendasi tempat yang “bagus” untuk melihat matahari terbit dan terbenam. Jika Anda ingin menikmati sunrise atau sunset di pantai ini, Anda bisa datang sekitar pukul 05.30 untuk sunrise dan sekitar pukul 17.30 untuk sunset. Warna kemerahan matahari yang terpantul dari air laut benar-benar menjadi sorotan.

4. Duduk di gazebo

Anda bisa sampai ke pantai ini dengan menghabiskan waktu bersantai di gazebo. Gazebo di masyarakat sekitar pantai disebut gode-gode atau gubuk. Gazebo yang ditawarkan di sini cukup sederhana, dengan atap jerami. Anda bisa bersantai bersama keluarga atau teman sambil menikmati suasana pantai gubuk ini.

Akomodasi murah terdekat

Akomodasi di dekat Pantai NirvanaKredit Gambar: Tombol Facebook Villa Nirwana

1. Vila Tombol Nirvana

Nirwana Buton Villa merupakan hostel yang terletak tidak jauh dari kawasan Pantai Nirwana. Untuk menuju hostel ini, Anda hanya perlu berjalan kaki sekitar dua menit. Penginapan ini termasuk biaya yang relatif terjangkau. Meski begitu, fasilitas yang disediakan cukup lengkap, seperti kamar mandi pribadi, wifi gratis, serta dilengkapi dengan teras dan AC.

2. Hotel Pantai Calista

Akomodasi terdekat lainnya adalah Calista Beach Hotel. Fasilitas yang disediakan di setiap kamar hotel ini cukup lengkap, seperti kursi, meja, AC, televisi yang terpasang di dinding, dan masih banyak lagi. Akses wifi gratis juga tersedia di hotel ini, lokasinya cukup strategis. Dan lagi hotel ini sangat bersih dan nyaman.

3. Hotel Galaxy Inn

Hotel Galaxy Inn ini hanya berjarak 2,1 km dari pantai. Hotel yang menawarkan berbagai fasilitas dan layanan menarik ini dapat membuat liburan Anda semakin menyenangkan. Salah satu layanan menarik yang disediakan oleh hotel ini adalah tempat snorkeling dan menyelam yang dapat memberikan Anda pengalaman yang tak terlupakan.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas di Pantai NirvanaKredit gambar: Google Maps Roberta Medda

Liburan di Pantai Nirwana akan menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan. Selain itu, pantai ini didukung dengan fasilitas dan pelayanan yang cukup lengkap. Beberapa fasilitas pantai tersebut antara lain gazebo yang dapat digunakan sebagai tempat bersantai dan menikmati suasana pantai.

Ada juga jasa sewa pelampung yang bisa Anda sewa untuk keselamatan Anda saat bermain air. Tempat parkir mobil cukup luas dan juga dikelola dengan sangat baik oleh pengelola pantai. Akses jalan menuju pantai ini juga sangat mudah untuk dilalui dan tersedia banyak petunjuk arah.

Fasilitas penunjang lainnya di pantai ini antara lain beberapa tempat makan dan restoran, tempat menikmati sunrise dan sunset, dan juga terdapat beberapa penjual jajanan yang menjajakan dagangannya di pantai ini. Selain itu, tukang ojek juga ada di pantai ini, Anda bisa menggunakannya untuk pergi ke penginapan atau tempat lain.

Inilah hal-hal menarik dari objek wisata Pantai Nirwana yang terkenal di daerah Baubau. Pantai ini bisa menjadi salah satu alternatif pilihan Anda untuk liburan dengan biaya yang relatif murah. Panorama alam yang ditawarkan tempat ini juga bisa menjadi tempat istirahat bagi anda yang sedang stress dengan segala aktivitas sehari-hari.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button