Di Semarang Mendag Menjamin Selama Nataru - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Di Semarang Mendag Menjamin Selama Nataru – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menyambut para pedagang di Pasar Rasamala Kota Semarang, Jumat (12/2/2022). (Ponco Wiyono-Solopos.com)

Solopos.com, SEMARANG – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengimbau masyarakat tidak perlu khawatir dengan ketersediaan pangan jelang perayaan Natal dan Tahun Baru (nataru).

Hal itu disampaikannya saat mengecek harga sembako di pasar Rasamala, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang, Jumat (12/2/2022). Selain Menteri Perdagangan, Menteri BUMN Erick Thohir juga hadir.

Promosi Angkringan Omah Semar Solo: Tempat nongkrong unik punya menu Wedang Jokowi

Zulfikli Hasan mencatat, meski harga beberapa komoditas naik, harga kebutuhan pokok cenderung stabil: “Cabai merah naik, tapi bawang merah dan cabai keriting tidak. Ayamnya turun, dulu Rp 35.000, sekarang turun menjadi Rp 32.000 per kilogram,” kata Zul.

Dalam kesempatan itu, Zul juga menyapa para pedagang pasar, termasuk yang berjualan di lantai dua. Zul mengatakan inflasi bulan ini turun 5,42 persen dari sebelumnya 5,72 persen.

Zul pun menjawab pertanyaan beberapa orang tentang harga minyak goreng palsu berbeda dengan minyak goreng literal.

Baca Juga: Zulhas Ajak Seluruh Kader PAN Usulkan Calon Presiden Ganjar

“Minyak goreng satu kilo harganya Rp 15.500, di negara kita satu liter minyak harganya Rp 14.000 karena satu kilogram lebih dari satu liter,” jelas pria asal Lampung ini.

Zul menegaskan ketersediaan sembako akan terjamin sepanjang Tahun Baru. Senada dengan itu, Menteri BUMN Erick Thohir berjanji akan menyediakan dana tak terduga untuk menutupi kenaikan harga komoditas agar harga jual tetap stabil.

“Kalau ada barang yang harganya naik 5-10 persen, pemda menanggung biayanya. Misalnya telur diambil dari Blitar, pemda yang menanggung,” ujarnya.

Baca Juga: Mendag Zulhas Tegaskan Tak Ada Keponakan Kuliah di Unila

Usai mengecek harga, Zul bergegas menuju Universitas Diponegoro yang rencananya akan memberikan kuliah umum di kampus tersebut.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button