Tari Gedruk Kolo Krida memeriahkan Festival Maerakaca - WisataHits
Jawa Tengah

Tari Gedruk Kolo Krida memeriahkan Festival Maerakaca

Tari Gedruk Kolo Krida memeriahkan Festival Maerakaca

tanpa judul

Krjogja.com – BOYOLALI – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Diskdikbud) mengikuti Festival Maerakaca 2022 yang digelar di Kompleks Wisata Maerakaca PRPP Kota Semarang. Sebanyak 40 pegawai Duta Seni Kabupaten Boyolali tampak hadir dalam acara di minipark versi Jawa Tengah, Minggu (28/11/2022).

Direktur Kebudayaan Disdikbud Kabupaten Boyolali, Biyanto mengatakan penampilan Duta Kesenian Kabupaten Boyolali menghibur pengunjung Grand Maerakaca sebagai salah satu destinasi wisata di Provinsi Jawa Tengah.

“Agar anak-anak mengenal budaya yang ada, khususnya yang ada di Kabupaten Boyolali pada umumnya di Jawa Tengah. Pelestarian dan pengembangan budaya di Boyolali dan pengenalan ke seluruh Jawa Tengah kalau perlu ke nusantara,” kata Biyanto, Rabu (30/11/2022).

Sementara itu, koreografer Kabupaten Boyolali Hendri Kurniawan mengatakan ada empat karya yang akan ditampilkan dalam Festival Maerakaca 2022 yang digelar di PRPP Semarang. Pertunjukan pertama adalah tari Bedoyo Temanten yang melambangkan keceriaan atau kesucian pengantin Jawa. Kedua, Duta Seni Kabupaten Boyolali Gedruk Kolo Krida mempresentasikan filosofi kerja yang luar biasa dari masyarakat Kabupaten Boyolali.

“Fragmentmen Sapu Gerak Jeprak Metal, ini karya anak bangsa, tapi dikemas dengan kekinian. Jadi ada musik bambu, gamelan bambu, kemudian ada teater, ada wayang dan pesan moral metal seperti slogan Boyolali,” ujarnya.

Terakhir, Duta Seni Kabupaten Boyolali menampilkan Topeng Gunung Ireng Autumn yang mencontohkan keikhlasan masyarakat Kabupaten Boyolali dalam berkarya sehingga dapat membangun Kabupaten Boyolali dengan semangat Logam Boyolali.

Melalui Festival Maerakaca 2022 di Kota Semarang, ia bersyukur bisa hadir. Menurutnya, para pekerja budaya memiliki ruang dan kesempatan untuk melestarikan seni budaya sebagai pelaku agar dapat menampilkan sesuatu yang bermanfaat bagi orang banyak. (R-3)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button