Di desa Senjakala, ketua PPAD meresmikan kolam ikan Biofloc - WisataHits
Jawa Tengah

Di desa Senjakala, ketua PPAD meresmikan kolam ikan Biofloc

Magelang, Jawa Tengah, wartaterkini.news—Ketua Umum Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Darat (PPAD) Letjen TNI (Purn) Dr. (HC) Doni Monardo dengan dukungan Kementerian Kelautan dan Perikanan meresmikan kolam ikan Biofloc. Peresmian dilaksanakan pada Kamis sore (10/11/2022) di destinasi wisata Desa Senjakala, Desa Banyuwangi, Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang.

Acara tersebut dihadiri perwakilan Kementerian Kelautan Perikanan, Dewan Pertimbangan PPAD Letjen TNI (Purn) H. Bibit Waluyo dan Kepala PPAD Jateng Brigjen (Purn) H. Amin Syamsudin. Turut hadir Pangdam IV/Diponegoro diwakili Aster Kodam IV/Diponegoro, Pangdam A. Yani dan perwakilan Gubernur Akbar.

Turut hadir Bupati Magelang, Dandim 0705/Magelang, Aparat Polsek Magelang, Kepala SMA Taruna Nusantara, Anggota Hipakad, Forkopimcam Bandongan, Kepala Desa Banyuwangi dan tamu undangan lainnya.

H. Amin Syamsudin, Ketua PPAD Jawa Tengah Brigjen TNI (Purn) mengatakan, dengan semangat PPAD, pihaknya akan mengembangkan jiwa wirausaha atau entrepreneurship. Baik untuk pensiunan atau generasi muda.

“Beberapa langkah sudah kami lakukan, seperti merintis beberapa pengusaha. Salah satunya mengembangkan serpih organik untuk budidaya ikan air tawar,” katanya.

Salah satunya adalah pengembangan serpih organik untuk budidaya ikan nila di Magelang, tepatnya di desa Senjakala. Amin bersyukur pembangunan ini didukung oleh Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magelang.

“Pengembangan budidaya ikan Biofloc dimulai dengan beberapa langkah. Mulai dari persiapan lokasi, studi banding, persiapan SDM dan lain sebagainya,” lanjut Brigjen (Purn) Amin Syamsudin.

Selain itu, Ketua PPAD Letjen TNI (Purn.) Dr. (HC) Doni Monardo mengatakan bahwa merawat ikan seperti merawat pohon. Oleh karena itu, ia harus diperlakukan dengan hati-hati sesuai dengan perlakuannya sebagai makhluk hidup. Mulai dari media, benih, pakan, suhu, oksigen, dan gangguan penyakit harus diperhatikan.

Soal pengembangan kewirausahaan di sektor perikanan, Letjen (Purn.) Doni Monardo sangat ingin banyak anak muda menjadi pengusaha cerdas.

“Indonesia memiliki sumber daya alam yang luar biasa, alangkah baiknya jika dikelola oleh anak bangsa,” ujarnya.

Pensiunan TNI yang masih kuat itu mengimbau kepada para purnawirawan untuk bekerja sama dengan aktif TNI-Polri dan pemerintah daerah untuk meningkatkan sumber daya manusia di daerahnya.

Setelah prasasti peresmian ditandatangani, pejabat lain mengikuti Ketua Umum PPAD untuk memverifikasi lokasi Bioflok dan membubarkan benih ikan nila.

Di lokasi Biofloc, Letjen TNI (Purn) H. Bibit Waluyo yang juga pemilik Desa Senjakala juga menebar benih ikan. Dia mengatakan, perawatan ikan, termasuk budidaya, akan berkembang jika diikuti dengan benar.

“Perlakukan dan rawat dengan hati, karena ikan juga makhluk hidup. Tidak boleh sembarangan atau sewenang-wenang. Itu kuncinya,” kata H. Bibit Waluyo. (Narwan/Merah)

Cetak ramah, PDF & email

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button