Destinasi wisata alam, keindahan 5 kawah di Indonesia - WisataHits
Jawa Barat

Destinasi wisata alam, keindahan 5 kawah di Indonesia

TEMPO.CO, jakarta – Wisata alam di Indonesia sudah tidak diragukan lagi. Sebagai negara yang dikelilingi oleh jalur pegunungan, Indonesia memiliki kawasan wisata andalan berupa pegunungan, termasuk wisata kawah yang tercipta dari gunung berapi di sekitarnya. Kawah gunung menawarkan pemandangan yang indah karena kombinasi warna alami yang mereka hasilkan, dimulai dengan hijau cerah dan berubah tergantung pada kerapatan gas yang dikeluarkan.

Selain itu, selain udara yang sejuk dan panorama hijau yang indah di sekitar gunung, hamparan kawah yang melintang memiliki warna air yang indah yang memukau pengunjung. Kawasan kawah juga tersebar di berbagai wilayah Indonesia dengan ciri khas dan keindahannya masing-masing. Berikut empat destinasi wisata kawah terindah di Indonesia yang layak untuk dikunjungi:

1. Kawah Sikidang

Nama Kawah Sikidang sudah tidak asing lagi di dunia pariwisata Indonesia. Kawasan kawah di Dataran Tinggi Dieng, Kulon Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah ini masih aktif. Kawah Sikidang tidak hanya menawarkan pemandangan yang indah tetapi juga unik berupa gas alam yang bergerak dari satu tempat ke tempat lain seperti rusa atau disebut Sikidang dalam bahasa setempat.

2. Kawah Kelimutu

Kawah Kelimutu terletak di kawasan Kelimutu, ujung Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT). Dikutip dari jlbg.geologi.esdm.go.id, Kawah Kelimutu mewakili fenomena alam yang unik, yakni kawah yang bisa berubah warna hingga tiga warna. Biasanya warna yang muncul adalah biru-hijau-hitam atau putih-merah-biru. Warna-warna ini berubah setiap tahun tetapi tidak dapat diprediksi.

3. Kawah Putih

Kawah Putih merupakan salah satu destinasi wisata utama di Jawa Barat yang terletak di Desa Alam Endah, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung. Kawah Putih adalah sebuah danau yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha pada ketinggian 2.434 m di atas permukaan laut.

4. Kawah Ijen

mulai journaljam.ub.ac.id, Kawah Ijen terletak di Gunung Ijen, tepat di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso. Kawah Ijen memiliki ciri khas yang berbeda dengan kawah lainnya, yaitu warna kawah yang bisa berubah menjadi hijau atau biru.

NAOMY A. NUGRAHANI

Baca: Aneka Pesona Taman Alam Kawah Raja Tinggi Putih di Medan

Selalu update informasi terbaru. Tonton berita terkini dan berita pilihan dari Tempo.co di saluran Telegram “http://tempo.co/”. klik bergabung. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram.

Source: travel.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button