Destinasi Wisata Air Terjun Bengkwah yang Instagramable di Pemalang - WisataHits
Jawa Tengah

Destinasi Wisata Air Terjun Bengkwah yang Instagramable di Pemalang

Destinasi Wisata Air Terjun Bengkwah – Meski berada di pesisir pantai utara (Pantura), Kabupaten Pemalang tetap mempertahankan nuansa alam pegunungan di bagian selatannya. Apalagi bagi para traveler yang menyukai wisata air terjun, banyak air terjun di Pemalang yang menarik untuk dikunjungi. Curug Bengkwah merupakan salah satu air terjun yang terkenal di sana.

Bagi Anda yang sangat menyukai wisata alam, mengunjungi Curug Bengkwah saat liburan di Pemalang mungkin merupakan ide yang bagus. Situs ini terletak di Karangmulyo, Sikasur, Belik, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Mengenai rute, tempat wisata, harga tiket dan fasilitas, baca ulasannya di bawah ini.

Baca juga: 4 Destinasi Wisata Terkenal di Banda Aceh, Yuk Kita Intip!

Daya Tarik Air Terjun Pemalang Bengkawa

Air Terjun Bengkawa

Air Terjun Bengkwah merupakan salah satu potensi utama Desa Wisata Sikasur beserta beberapa danau yang indah dan menyejukkan. Meski tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 20 meter, air terjun ini sangat indah dengan aliran air yang jernih. Dan tidak pernah kering karena berasal dari mata air pegunungan.

Pemandangannya begitu mempesona dengan nuansa alam dan cenderung rindang karena kawasannya yang rimbun dengan pepohonan besar. Sering disebut air terjun kembar karena struktur tebingnya memungkinkan air yang jatuh membelah menjadi dua hingga tiga aliran air sebelum jatuh menggenangi kolam alami di dasarnya.

Aliran utama air terjun atau Curug Bengkwah Pemalang ini berasal dari Sungai Kluweh. Air limpasan sangat besar pada musim hujan dan ketika musim kemarau datang air terus mengalir, hanya limpasan yang berkurang. Air terjun ini indah sepanjang waktu berkat panorama eksotis dengan nuansa hutan yang berlaku.

Sedangkan di kaki air terjun terdapat genangan air yang dalam yang mencapai tiga meter. Oleh karena itu wisatawan disarankan untuk tidak terlalu dekat dengan air terjun. Pihak pengelola kawasan wisata ini telah memberikan pembatas berupa tali sebagai pembatas yang aman. Jadi cobalah untuk tidak melampaui itu.

Menariknya, selain popularitasnya sebagai tempat wisata, wisatawan bisa menikmati berbagai aktivitas menarik di Air Terjun Bengkwah Sikasur. Bermain air dan berenang di sungai atau sekedar bersantai dan menyerap suasana. Selain itu, wisatawan juga bisa mencoba wisata arung jeram ke bumi perkemahan.

Bagi traveler yang suka fotografi dan selfie, mencari spot foto yang instagramable itu mudah. Ikon tersebut tentu saja mengambil gambar dengan latar belakang air terjun. Eksplorasi lebih lanjut tempat wisata ini juga merupakan ide bagus. Tidak jauh dari tempat air terjun juga terdapat mata air yang sangat jernih dan segar.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Air Terjun Sikasur adalah di pagi hari. Selain itu pemandangannya lebih bagus, udaranya juga lebih segar dan wisatawannya tidak terlalu banyak. Jika Anda memiliki liburan panjang, jelajahi tempat wisata lainnya di Desa Wisata Sikasur. Salah satunya adalah Danau Silating.

Rute Lokasi Air Terjun Bengkwah di Sikasur

Secara administratif, objek wisata Curug Bengkwah terletak di Jalan Sikasur – Simpur, Karangmulyo, Sikasur, Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Jaraknya kurang lebih 33 kilometer atau kurang lebih 1 jam perjalanan ke arah selatan dari pusat kota Pemalang. Mengeksploitasi peta.

Rute dari Pemalang menuju Curug Bengkwah relatif mudah, baik mobil maupun motor bisa sampai ke tempat parkir kendaraan di tempat wisata. Dari Pemalang, Anda dapat menggunakan jalur melalui Jalan Pemalang-Bantarbolang menuju Jalan Bantar Bolang, selanjutnya menuju Jalan Pemalang-Purbalingga hingga tiba di lokasi.

Fasilitas wisata dan harga tiket

Meski belum lengkap dan memadai, fasilitas wisata di Curug Bengkwah Pemalang sangat beragam. Akses jalan bisa dilalui mobil dan motor hingga ke tempat parkir. Jarak dari tempat parkir ke air terjun cukup pendek, sekitar 10 menit trekking. Sudah ada mushola dan wastafel atau toilet di area tersebut.

Fasilitas lainnya termasuk stand makanan dan minuman. Juga fasilitas penunjang kegiatan wisata berupa wisata arung jeram. Biaya per orang kira-kira. Rp 250.000 termasuk fungsi berkemah, makan, minum dan hiburan. Harga tiket masuk Air Terjun Bengkwah adalah Rp 5.000. Parkir dimulai Rp 3.000Rp 5.000.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button