Unika rayakan ulang tahun ke-40 dan peresmikan pembangunan fakultas kedokteran - WisataHits
Jawa Tengah

Unika rayakan ulang tahun ke-40 dan peresmikan pembangunan fakultas kedokteran

Unika rayakan ulang tahun ke-40 dan peresmikan pembangunan fakultas kedokteran

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Presiden Republik Indonesia, Ir Joko Widodo mengatakan, peringatan 40 tahun Soegijapranata Unika, Semarang, merupakan dorongan yang sangat baik untuk mengenang semangat yang dibangun oleh Monseignor Albertus Soegijapranata.

Menurut Jokowi, Mgr. Soegijapranata telah menjadikan Unika sebagai kampus unggulan yang tidak hanya mendidik mahasiswa di bidang sains dan teknologi, tetapi juga terintegrasi dengan pengembangan bakat dan karakter.

“Roh Agung, Talenta Pro Patria et Humanitate (Talent for State and Mankind), dipersembahkan untuk negara dan umat manusia. Hal ini akan selalu mewarnai dan meramaikan kampus dan seluruh civitas akademika Soegijapranata Unika,” ujarnya.

BACA JUGA: Momentum Kedatangan IPI Jateng Populerkan Tempat Wisata di Kota Magelang

Demikian disampaikan Jokowi dalam pidato virtualnya di Kampus BSB Unika, Sabtu (8 Juni 2022). Seluruh civitas akademika, pengurus Yayasan Sandjojo, serta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Nadiem Makariem, juga hadir secara virtual dalam acara ini.

Nadiem sendiri menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan momentum untuk memperkuat komitmen seluruh civitas akademika Unika untuk mengadopsi nilai-nilai luhur Soegijapranata demi terwujudnya Indonesia Unggul 2045 sekaligus mewujudkan belajar mandiri.

Rektor Soegijapranata Unika, Dr. Ferdinandus Indiesrto SPsi MSi dalam sambutannya mengatakan bahwa tantangan saat ini muncul dalam berbagai dimensi. Dalam keadaan seperti ini, Unika akan dapat menggunakan semua bakat dan kemampuannya untuk mengatasi tantangan apa pun. Membangun kepercayaan, harapan dan optimisme adalah kata kuncinya.

BACA JUGA: Budaya hidup sehat harus diwujudkan secara masif

“Sekarang kita juga sedang melakukan uji coba Model Pembelajaran Soegijapranata (SLM) yang meliputi pembelajaran kontekstual, pelatihan pengembangan kepribadian siswa dalam Arising The Grateful Winner (ATGW), inisiasi pendampingan siswa sebagai jaminan kenyamanan siswa dalam mengembangkan bakat dan lebih menekankan pada prestasi siswa serta tambahan berbagai fasilitas belajar dan pengembangan diri,” ujarnya.

Sementara itu, Mgr Robertus Rubiyatmoko selaku Ketua Dewan Pembina Yayasan Sandjojo mengucapkan terima kasih atas hari jadi ini. Dikatakannya, pendidikan formal Unika harus membekali mahasiswanya dengan berbagai bentuk pembinaan yang tepat dan bermanfaat.

“Tidak hanya dalam bidang kognitif atau keilmuan saja, tetapi juga dalam hal pendidikan intelektual, pengayaan keterampilan sekaligus memasukkan kegiatan sosial,” ujarnya.

Pada kesempatan ini dilakukan peletakan batu pertama pembangunan gedung Fakultas Kedokteran Soegijapranata. Peletakan batu pertama dilakukan oleh Mgr. Robertus Rubiyatmoko, perwakilan dari pengurus yayasan dan Rektor Unika.

Ryan

Source: suarabaru.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button