Menhub meninjau progres pembangunan rel kereta api double track di Solo - WisataHits
Jawa Tengah

Menhub meninjau progres pembangunan rel kereta api double track di Solo

Solo – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada Sabtu (26/11) meninjau proyek pembangunan double track Solo – Semarang Tahap 1 ruas Solo Balapan – Kalioso dengan panjang lintasan 10 km (Km’sp). untuk meninjau kemajuan dan memastikan pembangunan berjalan lancar.

Dari 10 km sp sampai 1,8 km sp jalur kereta api layang dibangun, lebih dari 7 (tujuh) perlintasan di perlintasan sebidang di Joglo Junction, Solo yang terkenal dengan kemacetan lalu lintasnya. Dengan dibangunnya rel layang ini, kemacetan lalu lintas sebelumnya harus bisa diatasi

“Joglo Junction merupakan urat nadi lalu lintas dari Jakarta via Solo ke Surabaya,” kata Menhub di lokasi proyek pembangunan jalur ganda Solo Balapan – Kadipiro – Kalioso di Viaduk Gilingan, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (26/11). . .

Terhitung Agustus 2022, pembangunan KA jalur ganda Solo Balapan – Kadipiro – Kalioso telah memasuki tahap kedua yaitu pembangunan substruktur jembatan dengan rangka baja (pondasi dan tiang penyangga jembatan utama sebanyak 270 meter tinggi dan panjang). Pengerjaan akan berlangsung selama enam bulan sejak Agustus 2022 hingga Februari 2023. Progres pengerjaan tahap kedua hingga 25 November 2022 sudah mencapai 38,52%.

Selain itu, konstruksi tahap ketiga berupa struktur bentang rangka baja yang dijadwalkan dimulai pada Februari-Juli 2023 dan dilanjutkan dengan pembangunan bentang utama pada Agustus-Oktober 2023.

Selain itu, mill viaduct juga dibangun di Jl. Ahmad Yani, Solo, dilaksanakan oleh Kementerian Perhubungan bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, mengakibatkan penutupan sementara. Pekerjaan ini menambah batas ketinggian maksimal kendaraan yang melintas dari hanya 3,7 meter menjadi 4,2 meter.

Ketinggian ini memungkinkan Viaduk Gilingan, Solo dilalui oleh bus-bus besar dan memperlancar lalu lintas dari dan ke Masjid Agung Sheikh Zayed yang merupakan replika masjid megah di Uni Emirat Arab (UEA) yang dibangun di kota Solo.

“Kami berharap pembangunan viaduk ini bisa selesai pada Maret 2023. Ini akan mempercepat orang pergi ke masjid dan sebaliknya. Ini akan menjadi salah satu wisata religi yang akan menjadi daya tarik baru di Kota Solo,” kata Menhub.

Dengan pekerjaan tersebut, Kementerian Perhubungan bersama Pemkot Solo menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi dampak kemacetan akibat pembangunan Kereta Layang Solo – Semarang Elevated di Joglo Junction, Solo.

Secara keseluruhan, pembangunan jalur ganda jalur kereta api Solo Balapan – Kalioso ditargetkan selesai pada April 2024. Turut hadir dalam peninjauan tersebut Plt Dirjen Perkeretaapian Risal Wasal, Kepala BTP Jateng Putu Sumarjaya dan sejumlah pejabat terkait. (GD/RDL/LA/HT)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button