Desa wisata Tibayan Klaten menawarkan sensasi menunggangi gerobak sapi, sekaligus hasil pertanian lokal - WisataHits
Jawa Tengah

Desa wisata Tibayan Klaten menawarkan sensasi menunggangi gerobak sapi, sekaligus hasil pertanian lokal

Mengemudi gerobak sapi melewati desa menjadi andalan Desa Wisata Tibayan, Kecamatan Jatinom, Klaten. (Foto: DPRD Klaten)

Sukoharjonews.com (Klaten) – Sejumlah desa di Kabupaten Klaten berbenah dan berubah menjadi desa wisata. Seperti Desa Tibayan, Kecamatan Jatinom, Kabupaten Klaten yang disulap menjadi desa wisata dengan konsep pertanian dan kuliner modern. Selain itu, Desa Tibayan juga menawarkan berbagai produk pertanian lokal.

Desa Tibayan sendiri berada di sisi utara pusat kota Klaten dengan jarak sekitar 10 kilometer ke arah utara. Saat ini sudah banyak orang yang datang berkunjung ke Desa Tibayan. Berbagai produk pertanian lokal seperti lengkeng, durian, pepaya, dan sayuran ditawarkan. Unit usaha kecil juga berkembang dari makanan olahan hingga madu lokal.

Mengutip situs Pemkab Klaten, Selasa (25/10/2022), asisten desa Wisnu Satata mengatakan, wisatawan yang berkunjung ke Tibayan bisa memesan naik kereta sapi. Di atas gerobak sapi, pengunjung bisa melihat panorama desa.

Jika Anda lelah berjalan-jalan di sekitar desa dan rasa lapar Anda sudah menggiurkan, jangan khawatir, ada “De Beliyung Cafe”. Ada menu lezat yang menggugah selera dengan harga pedesaan, yaitu cicken katsu teriyaki yang harganya hanya 12.000 rupee.

Minuman yang ditawarkan juga lengkap, seperti wedang jamu, Red Velvet, kopi hitam, aneka jus hingga teko panas.

“Pengembangan pembangunan Tibayan menerapkan konsep eco-green. Baik pemerintah desa maupun para petani dan masyarakat desa sangat berharap agar desa Tibayan tidak dianggap sebagai desa tertinggal,” kata Wisnu.

Wisnu mengatakan, pihaknya sedang mengembangkan kerja sama kemitraan. Potensi desa sekitar seperti Bengking dan Benteng diajak menjadi mitra terutama dalam menjual produk desa karena Tibayan terus berkembang kedepannya. Selain itu, diperkirakan exit tol Jogya-Semarang akan berada di Desa Tibayan.

Menurutnya, “Pusat Informasi Pariwisata” atau ICT juga digagas di Desa Tibayan.
Dengan adanya ICT maka terciptalah informasi lengkap tentang paket wisata di Klaten. Misalnya lokasi wisata, tarif, harga homestay, parkir, PKL, jarak ke tempat wisata dan lain-lain.

“Misalnya kalau pesan kereta sapi ada paket medium 15.000 untuk 20 menit, paket panjang 30 menit dengan tiket 30.000. Kami memiliki 7 komunitas gerobak sapi yang bisa disewa untuk wisata desa,” jelasnya.

Wisnu menambahkan, konsep pengembangan desa wisata Tibayan terus menarik perhatian masyarakat dan pemerintah. Meskipun masih ada kekurangan, seperti B. akses jalan yang sempit, hal ini tidak menyurutkan warga Tibayan untuk berkembang menjadi desa wisata. (nano)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button