Longsor menutup Jalan Karangkamiri-Gunungkelir Pangandaran - WisataHits
Jawa Barat

Longsor menutup Jalan Karangkamiri-Gunungkelir Pangandaran

Harapanrakyat.com,- Longsor memblokir akses jalan antara Karangkamiri dan Gunungkelir, Kecamatan Lkaplancar, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Rabu (26/10/2022).

Kepala Desa Karangkamiri Agus Salim mengatakan, hujan deras yang terjadi pada Selasa hingga Rabu pagi menyebabkan tebing setinggi 10 meter dengan panjang longsor sekitar 20 meter itu longsor.

Material longsor menutupi jalan Karangkamiri-Gunungkelir, lebih tepatnya di Dusun Sidamukti, Desa Karangkamiri, Kecamatan Lkaplancar.

“Longsor terjadi sekitar pukul 21.30 WIB Selasa malam. Akibat longsor tersebut, kendaraan dari kedua arah lumpuh total karena tidak bisa dilalui sama sekali,” katanya.

Baca juga: Banjir, dua tempat wisata di Pangandaran tutup sementara

Material longsor tidak bisa dibersihkan dengan alat seadanya, sehingga rombongan membawa alat berat.

“Kami membawa alat berat milik Pemda Pangandaran, namun karena jarak dari Pangandaran ke lokasi longsor cukup jauh, alat berat baru bisa beroperasi sekitar pukul 13.00 WIB dan alhamdulillah jalan bisa lewat WIB sekitar pukul 16.00 menjadi, ” dia menjelaskan.

Lebih lanjut Agus mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan, apalagi di wilayah Lkaplancar kemungkinan hujan masih akan turun.

“Akibat cuaca ekstrem belakangan ini, hindari daerah yang rawan longsor dan pohon tumbang. Tingkatkan kewaspadaan, utamakan keselamatan jiwa,” katanya.

Agus juga mengimbau masyarakat untuk menjaga saluran air agar air banjir tidak masuk ke jalan raya dan merusak konstruksi jalan.

“Jangan membuang sampah agar tidak menyumbat saluran air dan menyebabkan banjir,” pungkasnya. (Enceng/R7/HR-Online/Editor-Ndu)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button