Desa Wisata Siwur Emas di Pilangsari Sragen Kini Dilengkapi ATV - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Desa Wisata Siwur Emas di Pilangsari Sragen Kini Dilengkapi ATV – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Aparat Desa Pilangsari, Kecamatan Gesi, Sragen, Rabu (21/12/2022) menjajal sepeda motor ATV yang digunakan sebagai moda transportasi antar objek wisata untuk menyambut liburan Natal dan Tahun Baru. (Spesial/Pilangsari Gesi)

Solopos.com, SRAGEN — Pilangsari merupakan satu-satunya desa wisata di Kabupaten Sragen yang memiliki sepeda motor off road roda empat yang dikenal dengan sebutan SUV (sepeda empat). Kendaraan tersebut tahun ini didukung oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Total ada tiga unit.

ATV Tour akan diluncurkan pada Minggu (25/12/2022) oleh Pemerintah Desa Pilangsari, Kecamatan Gesi sebagai sarana rekreasi bagi pengunjung Desa Wisata Siwur Emas. Pengunjung dapat menaiki ATV dengan rute mulai dari Taman Doa Ngrawoh, Gunung Gandu, Tambak dan pengrajin Tempe-Benguk.

Green Tokopedia Promotion mengajak UMKM dan Pemda untuk mempromosikan produk ramah lingkungan

“Ketiga sepeda motor ATV tersebut merupakan hibah dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang bersumber dari dukungan dana Desa Wisata 2022. Armada tersebut digunakan untuk mendukung pengembangan wisata Dewa Siwur Emas yang saat ini sedang berlangsung. Rencananya jalan sehat setiap minggu dan masih menyiapkan konsep pembangunan selanjutnya,” kata Kepala Desa Pilangsari Munadi saat dihubungi. espos, Rabu (21/12/2022).

Pemprov memberikan bantuan dana Rp 100 juta yang kemudian digunakan untuk membeli tiga unit ATV, membangun paviliun, dan papan wisata. Pemdes Pilangsari terus membenahi Desa Wisata Siwur Emas dengan melengkapi sarana dan prasarananya agar lebih menarik.

Baca Juga: Pemkab Sragen Tawarkan 6 Tempat Wisata Murah Meriah untuk Liburan Nataru

“Untuk menyambut liburan Natal dan Tahun Baru, kami telah menyiapkan tiga hal, yaitu menyiapkan tempat wisata yang bersih bagi pengunjung, menyiapkan paket wisata, dan melaksanakan acara. Paket wisata yang dimaksud adalah berkeliling objek wisata desa dengan sepeda motor ATV,” kata Munadi.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Sragen Yuniarti mengumumkan, Pilangsari merupakan satu dari empat desa wisata yang mendapat surat keputusan (SK) dari Bupati Sragen. Tiga desa wisata lainnya, kata dia, adalah Desa Karungan dengan Pasar Bahulak, Desa Kliwonan dengan Desa Batiknya, dan Desa Krikilan dengan Sangiran.

“Masih ada 36 desa yang berkembang menjadi embrio desa wisata. Untuk menjadi desa wisata dan mendapat SK Bupati harus memenuhi kriteria desa wisata yang ditetapkan dalam Peraturan Gubernur (Pergub). Pilangsari letaknya strategis karena dekat dengan mushola Ngrawoh. Pengunjung tidak hanya singgah di Ngrawoh, tapi juga bisa bersantai di Desa Wisata Siwur Emas,” jelasnya.

Baca Juga: Kebun Durian Karanganyar, Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi Pecinta Buah

Sedangkan nama Siwur Emas berasal dari cerita rakyat tentang adanya belik atau mata air gaib di Gunung Gandu. Gunung Gandu merupakan gunung yang masih menjadi bagian dari jajaran Kendeng Purba yang membentang dari Boyolali hingga Ngawi di Jawa Timur.

Namun, ada sesuatu di balik itu siwur atau sendok air dari batok kelapa yang berwarna kekuningan menyerupai emas. Penduduk setempat mengenal gayung sebagai siwur emas.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button