5 Taman Nasional Terbaik di Jawa Timur yang Wajib Kamu Eksplor! - WisataHits
Jawa Timur

5 Taman Nasional Terbaik di Jawa Timur yang Wajib Kamu Eksplor!

Taman nasional adalah tempat yang dilindungi oleh pemerintah. Tempat ini biasanya berfungsi untuk menyelamatkan beberapa ekosistem dari kepunahan. Ekosistem dapat berupa tumbuhan atau hewan.

Di Indonesia, khususnya di Jawa Timur, banyak terdapat tempat-tempat yang berfungsi sebagai taman nasional. Bukan berarti kita tidak bisa datang ke tempat ini. Di sana kita wajib menjaga apa yang ada di taman nasional.

Beberapa taman nasional di Jawa Timur bisa Anda jadikan sebagai tujuan wisata. Juga, jika Anda menyukai hal-hal yang berhubungan dengan suasana terbuka.

Pesonanya sungguh eksotis, berikut beberapa taman nasional terbaik di Jawa Timur yang wajib Anda jelajahi keindahannya. Sehingga Anda dijamin betah!

1. Taman Nasional Baluran

5 Taman Nasional Terbaik di Jawa Timur yang Wajib Kamu Eksplor!Taman Nasional Baluran (instagram.com/bayupanjifirmansyah)

Jika Anda berwisata ke Situbondo, jangan lupa untuk menyempatkan diri ke Taman Nasional Baluran. Situs ini berada di perbatasan antara Kabupaten Situbondo dan Kabupaten Banyuwangi. Luasnya sekitar 20 ribu meter persegi.

Taman Nasional Baluran sangat unik. Ada berbagai jenis vegetasi sabana di daerah tersebut. Selain itu juga terdapat vegetasi hutan mangrove, hutan musim, hutan pantai, hutan pegunungan dan hutan rawa.

Nama taman ini berasal dari sebuah gunung di kawasan taman nasional, yaitu Gunung Baluran. Taman nasional di kawasan Banyuputih Situbondo ini juga memiliki julukan unik Afrika Van Java lho.

Julukan itu diterima karena sifatnya yang menyerupai benua Afrika. Jika Anda memutuskan untuk mampir ke taman nasional ini, jangan lupa untuk mengunjungi beberapa pantai unik yang ada di sana.

2. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

5 Taman Nasional Terbaik di Jawa Timur yang Wajib Kamu Eksplor!Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (instagram.com/misbahafef27)

Siapa yang tidak mengenal Gunung Bromo atau Semeru? Gunung ini dapat dicapai dari tiga kabupaten yaitu Malang, Pasuruan dan Lumajang. Gunung Bromo dan Gunung Semeru masuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru.

Daerah ini mencakup sekitar 500.000 meter persegi dengan kelimpahan flora dan fauna yang luar biasa. Untuk floranya sendiri banyak terdapat pepohonan dan tumbuhan yang berusia ratusan tahun, seperti pinus gunung, jamuju, dan edelweis.

Untuk faunanya ada luwak, macan tutul, elang, ayam hutan merah, kijang, belibis dan sebagainya. Selain itu, Gunung Bromo dan Gunung Semeru digunakan sebagai tempat pendakian oleh sebagian besar pendaki karena alamnya yang memesona.

Jika Anda ingin menikmati suasana di Gunung Bromo atau Gunung Semeru, Anda bisa datang ke sana. Untuk tiket, Anda harus melakukan reservasi melalui on line. Pastikan untuk segera memesannya agar tidak kehabisan kuota, apalagi jika ingin ke Semeru.

3. Sayangnya Taman Nasional Purwo

5 Taman Nasional Terbaik di Jawa Timur yang Wajib Kamu Eksplor!Maaf Taman Nasional Purwo (instagram.com/adityagusetyawan)

Lanjutkan membaca artikel berikut

Favorit Editor

Belakangan ini nama Alas Purwo kerap diperbincangkan. Bukan hanya karena keindahannya, tetapi juga karena kemegahannya. Ah, atau hutan itu ada di Kabupaten Banyuwangi. Posisinya berada di ujung timur dan selatan Banyuwangi.

Taman seluas 43.000 hektar ini dinyatakan sebagai taman nasional oleh Menteri Kehutanan pada tahun 1992. Dengan berbagai jenis hutan termasuk hutan bambu, hutan pantai, hutan bakau dan hutan alam, Alas Purwo perlu dieksplorasi.

Sayangnya, Taman Nasional Purwo menjadi tempat diadakannya ritual Pagerwesi bagi umat Hindu, lho. Di dalam hutan terdapat Pura Luhur Giri Salaka yang indah.

Anda juga bisa mengunjungi beberapa pantai di kawasan taman nasional. Toh, ada banyak pantai indah di kawasan Taman Nasional Alas Purwo.

Baca Juga: 10 Harga Tiket Masuk Taman Nasional Dunia, Berapa Harganya?

4. Taman Nasional Meru Betiri

5 Taman Nasional Terbaik di Jawa Timur yang Wajib Kamu Eksplor!Taman Nasional Meru Betiri (instagram.com/rizalulala)

Taman Nasional Meru Betiri terletak di Kabupaten Jember dan Banyuwangi. Luas wilayahnya kurang lebih 52.000 hektar dengan berbagai ekosistem termasuk hutan pantai, hutan payau, hutan hujan tropis, hutan terancam punah dan hutan reophytic.

Ada sekitar 500 spesies tumbuhan yang bisa ditemukan di sana. Tidak hanya tumbuhan, ada lebih dari 300 spesies hewan, mulai dari mamalia, reptil, burung, serangga dan lain sebagainya. Nah, untuk tumbuhan endemiknya ada bunga Padmosari.

Selain tumbuhan, juga terdapat hewan endemik seperti kijang, macan tutul, merak, elang jawa dan lain sebagainya. Menariknya, ada beberapa pantai yang indah di sana.

Salah satu pantai yang tidak pernah ditinggalkan pengunjung adalah Pantai Sukamade. Pantai ini berfungsi sebagai tempat berteduh penyu. Anda juga bisa mengikuti kegiatan pelepasan bayi penyu yang sering dilakukan untuk menarik wisatawan.

5. Kebun Raya Puwodadi

5 Taman Nasional Terbaik di Jawa Timur yang Wajib Kamu Eksplor!Kebun Raya Purwodadi (instagram.com/yuliawijayantii)

Kebun Raya Purwodadi bukanlah taman nasional. Namun, sebagai pelengkap, tempat ini juga cocok untuk kamu lakukan sebagai destinasi wisata baik sendiri maupun bersama keluarga, lho. Situs ini terletak di daerah Purwodadi, Pasuruan, Jawa Timur.

Kawasan yang berada di jalur utama Malang Pasuruan ini memiliki luas 85 hektar. Kebun ini memiliki sekitar 157 jenis legum dari 70 marga yang dapat dimanfaatkan sebagai tanaman hias.

Ada juga sekitar 2.000 spesies anggrek lainnya, yang terbagi menjadi 300 spesies dari 69 genera. Di antara anggrek tersebut ada yang endemik di Jawa Timur, seperti anggrek Selop.

Kelima taman nasional tersebut di atas memang sangat cocok untuk dijadikan tempat petualangan. Tidak hanya itu, kamu juga bisa belajar banyak hal. Alamnya yang masih asri akan membuat Anda semakin nyaman. Lingkungan tetap perlu dijaga kebersihannya, ya!

Baca Juga: 10 Potret Indah Taman Nasional Joshua Tree Penuh Pohon Joshua

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis adalah tanggung jawab penulis sepenuhnya.

Source: www.idntimes.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button