Sandiaga Uno mengungkapkan tiga prinsip pengembangan UMKM, apa saja? - WisataHits
Jawa Tengah

Sandiaga Uno mengungkapkan tiga prinsip pengembangan UMKM, apa saja?

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menghadiri UMKM Days 2022. UMKM Days 2022 merupakan rangkaian kegiatan Dies Natalis Universitas Gadjah Mada (Universitas) ke-73.

Dalam talkshow bertajuk UMKM Hebat, Indonesia Hebat, Sandiaga Uno menyampaikan tiga prinsip pengembangan UMKM, yakni inovasi, adaptasi, dan kolaborasi. Inovasi produk dapat dilakukan dengan merancang suatu produk yang berbeda dari biasanya namun tetap berkaitan dengan fungsi dari produk itu sendiri.

Sebagai bentuk penyesuaian, tegasnya keberlanjutan Berbelanjalah dengan menghindari dan mengganti plastik dengan Cangkir.

Adapun kerjasama yaitu berupa promosi Wonderful Indonesia melalui kerjasama dengan wisata di Jawa Tengah atau Joglosemar (Yogyakarta, Solo, Semarang).

Pameran industri kreatif akan dibuka di Yogyakarta pada Februari 2023. “Jangan khawatir tahun depan karena Joglosemar akan menjadi tuan rumah ATF (ASEAN Tourism Forum), pertemuan terbesar setelah G20. Silakan dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk mempromosikan produk UMKM,” kata Sandiaga.

Sementara itu, Ganjar Pranowo juga membagikan strategi promosi UMKM kepada para peserta yang merupakan pelaku UMKM dari Yogyakarta dan Jawa Tengah. Bahkan, ia sempat berbincang dengan para peserta dan beberapa waktu lalu mengajak dua pelaku UMKM untuk berbagi pengalaman menghadapi pandemi.

Ganjar kemudian mengakui pasang surut pelaku UMKM dan bagaimana menjaga bisnis lokal agar tetap bertahan.

“Kalau kita mentok dan merasa kesulitan, maka sebenarnya di titik itu ada kemampuan pengetahuan produkItu sudah ada, keterampilan dan bakat untuk membuatnya juga ada. Lalu, setelah bisa membuat produk, biasanya ada masalah dengan pemasarannya,” ujarnya.

Ketua Kagama menekankan pentingnya kerjasama. Ia kemudian membagikan strategi di Jawa Tengah untuk memberikan ruang bagi UMKM untuk berkembang melalui perkebunan ganjar dan hetero space yang berlokasi di Semarang, Solo, dan Banyumas.

Hetero Space sebagai wadah bagi anak-anak kreatif, startup dan UMKM untuk mengembangkan usahanya. Selama di Warung Ganjar, merupakan kegiatan promosi dengan menggunakan pengikut Instagram-nya.

Usai presentasi, Sandiaga Uno dan Ganjar Pranowo bergegas mengunjungi booth UMKM yang ada di ruangan tersebut dan memfasilitasi endorsement produk yang ditawarkan.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button