Datang ke Bali, wisata safety horse mengembangkan kemampuan berkendara - WisataHits
Jawa Tengah

Datang ke Bali, wisata safety horse mengembangkan kemampuan berkendara

LANGIT7.ID – , Jakarta – Yayasan Astra Honda Motor bersama Astra Motor Bali meresmikan Safety Riding Lab di SMA Negeri Bali Mandara, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali pada Jumat (02/09).

Kehadiran fasilitas tersebut diharapkan dapat menjadi alternatif tujuan wisata yang menarik bagi pelajar atau masyarakat yang ingin mengembangkan keterampilan berkendara yang menyenangkan dan aman.

Baca Juga: 5 Jenis Wisata yang Paling Disuka Orang Indonesia

Ketua AHM Foundation Ahmad Muhibbuddin mengatakan Safety Riding Lab merupakan upaya berkelanjutan untuk mengadvokasi berkendara yang lebih aman di masyarakat luas, sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

“Hingga pertengahan tahun ini, tercatat ada empat Safety Riding Labs yang telah mendaftarkan sekitar 5.000 siswa. Kami berharap Safety Riding Lab yang kelima ini dapat semakin memperkuat sinergi kita untuk negara membangun bangsa yang lebih baik khususnya dalam etika berlalu lintas,” kata Muhib dalam siaran pers yang dikutip, Sabtu (9/3/2022).

Dikembangkan oleh AHM Foundation, Safety Riding Lab memiliki tiga zona. Pertama, zona audiovisual yang berperan sebagai ruang kelas pedagogis untuk memberikan instruksi kepada peserta.

Metode pembelajaran akan dilakukan melalui diskusi video pendek hasil kompetisi video pendek dalam kegiatan Safety Riding selama lima tahun terakhir.

Baca Juga: Destinasi Baru di Lombok Tengah, NTB Cocok Untuk Foto Udang

Ruang ini bertujuan untuk menginspirasi siswa untuk menganalisis dan mendiskusikan kemungkinan masalah dalam lalu lintas.

Berikutnya adalah zona simulasi dengan dinding tiga dimensi seperti di jalan raya. Area ini dilengkapi dengan media latihan berupa Honda Riding Trainer (HRT) dan perlengkapan keselamatan berkendara.

Selain itu juga terdapat zona latihan yang spesifikasinya berdasarkan Peraturan Kapolri No. 9 Tahun 2012 melalui Surat Izin Mengemudi (SIM). Zona ini berfungsi sebagai area praktik mengemudi dengan rintangan dan rambu lalu lintas dari berbagai kondisi jalan.

Kapolres Buleleng AKBP I Made Dhanuardana SIK menyampaikan apresiasi kepada Yayasan AHM atas kampanye lalu lintas di wilayah Kabupaten Buleleng agar masyarakat lebih taat berlalu lintas.

“Kami menyambut baik kehadiran lembaga pendidikan Safety Riding Lab di SMAN Bali Mandara, Polres Buleleng. Semoga fasilitas ini dapat memberikan dampak positif bagi kampanye keselamatan berlalu lintas di Kabupaten Buleleng dan sekitarnya,” ujar AKP Anton Suherman.

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata yang Bikin Wisata Layak Ibadah

Jelang Bali, AHM Foundation membuka Safety Riding Lab di SMK Mitra Industri MM2100 Cikarang, Bekasi, Jawa Barat pada 2017. Setahun kemudian dibangun Safety Riding Lab di SMK Walisongo Menes, Banten, disusul SMK PABA Binjai, Sumatera Utara dan Safety Riding Lab di SMK Muhammadiyah Kepanjen, Malang, Jawa Timur.

(Waktu Musim Panas Eropa)

Source: langit7.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button